Cara Instal TWRP Menggunakan Aplikasi Official TWRP

Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP

Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP untuk Flashing Custom Recovery

Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya, aplikasi resmi TWRP kini telah tersedia di Google Play Store dan sudah bisa Anda gunakan untuk keperluan flashing custom recovery. Caranya hampir sama seperti ketika Anda flashing custom recovery menggunakan aplikasi Rashr.

Cara Flashing Custom Recovery Android dengan Rashr

Cara Flashing Custom Recovery Android dengan Rashr

Setelah melakukan rooting pada perangkat Anda, untuk dapat menginstal banyak mods atau custom ROM di ponsel Anda memerlukan yang namanya ...
0 comments

Sebelum masuk ke tutorial, perlu diketahui bahwa aplikasi TWRP ini masih berstatus “open beta”. Aplikasi ini belum mendukung perangkat Google Pixel dan belum bisa digunakan untuk flashing file image yang disimpan di memori eksternal.

Dengan demikian, jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini untuk flashing custom recovery, pastikan file image disimpan di memori internal.

Aplikasi Official TWRP dapat digunakan di perangkat unrooted. Hanya saja, beberapa fungsi seperti fungsi flashing file image tidak akan berfungsi. Untuk lebih jelasnya, cara penggunaan aplikasi Official TWRP bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Instal/Flashing Custom Recovery TWRP dengan Aplikasi Official TWRP

  1. Download dan instal aplikasinya. Official TWRP ini bisa Anda download di Play Store atau langsung di situs resmi TWRP dalam bentuk file apk.
    Official TWRP App
    Official TWRP App
    Developer: Team Win LLC
    Price: Free
  2. Jika sudah terpasang, buka aplikasinya dan centang semua kotak persetujuan yang ada kemudian tekan OK. Jika perangkat Anda belum di-root, kotak kedua tidak perlu dicentang.
    Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP
  3. Di halaman berikutnya, tekan tombol TWRP FLASH dan pilih file image TWRP sesuai dengan model perangkat Anda. Caranya, tekan bagian Select Device dan pilih model perangkat yang Anda gunakan. Dalam contoh kali ini, kami menggunakan perangkat Oppo Find 7 dan versi terbaru file image TWRP biasanya berada di paling atas.
  4. Selanjutnya akan muncul pesan Download confirmation. Anda akan diarahkan ke halaman download dari file image TWRP yang Anda pilih. Tekan OKAY.
    Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP
  5. Download file image TWRP dan simpan file tersebut di memori internal.
  6. Untuk menginstal file image TWRP yang Anda download tadi, tekan bagian Select a file to flash dan pilih file image TWRP yang Anda download tadi.
    Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP
  7. Terakhir, instal file tersebut dengan cara menekan tombol FLASH TO RECOVERY. Ingat! Jangan pilih opsi FLASH TO BOOT jika tujuannya hanya untuk menginstal custom recovery TWRP.
    Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP

Selesai! Kelebihan dari aplikasi Official TWRP ini adalah file image yang sesuai untuk setiap perangkat akan selalu diperbarui. Anda tidak perlu lagi mencari manual file image, tinggal pilih opsi Select Device dan pilih model perangkat Anda.

Terakhir, ada fitur baru yang ikut disertakan dalam aplikasi ini, yaitu InsightCore atau Network Statistics. Fitur ini hasil kerjasama tim pengembang TWRP dengan sebuah perusahaan bernama P3.

Fitur InsightCore mampu melacak dan merekam kinerja jaringan seluler (3G dan 4G) yang terdeteksi di sekitar Anda. Fungsi utama fitur ini adalah untuk membantu Anda menentukan provider yang tepat sesuai dengan kondisi wilayah Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP

Fitur InsightCore di aplikasi Official TWRP yang berfungsi untuk memantau kinerja jaringan seluler di sekitar Anda

Untuk mencoba fitur baru ini, tekan tombol NETWORK STATISTICS yang ada di bawah tombol TWRP FLASH. Hanya saja, fitur ini menurut kami belum berfungsi dengan baik karena ada beberapa bagian yang masih menampilkan pesan “Not enough data”.

Bisakah Saya Instal Custom Recovery TWRP tanpa Root?

Bisa, tapi setidaknya Anda tetap perlu membuka Bootloader perangkat Anda. Mengenai cara bagaimana membuka bootloader, silakan searching di Google berdasarkan jenis dan merek ponsel Anda.

Dan metode yang digunakan pun berbeda, tetap tidak bisa menggunakan aplikasi TWRP di atas, tapi menginstal TWRP secara manual lewat Fastboot.

Saya belum sempat membuat panduan lengkapnya di situs ini. Untuk sementara, Anda bisa baca yang versi bahasa Inggris dulu:

Cara Instal TWRP via Fastboot (tanpa ROOT)

Shares8

53
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
31 Comment threads
22 Thread replies
14 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Kiki
Guest
Kiki

ada yg tau cara root advan s40 atau berikan twrp soalya penting pliss

Kiki
Guest
Kiki

Tolonglah berikan twrp advan s40soalya aku cari di google gak ada tolonglah pliss

meri
Guest
meri

Trim’s gan, sangat bermanfaat.setelah terpasang twrp, twrp official boleh gak di uninstal??

BK
Guest
BK

Thanks gan bermanfaat sekali kheseusnya untuk saya yang awam dengan oprek” HP.
poin yang saya cari ada di no.2 thread ini.

jadi instal TWRP tanpa menginstal noverity dan supersu juga bisa yah ? takutnya harus sepaket, kalau instal TWRP WAJIB Root (noverity + SUpersu), atau yg dimaksud untuk menjalankan noverity & Supersu harus menggunakan TWRP salah satunya ya ??? maklum newbie hehe…

Maksud saya ingin menginstal GLtools yg harus diinstal melalui Cust Recovery, karena bawaan HP sy tidak support pada Recovery nya.

mohon info juga apakah GLtools dapat work tanpa di Root ??? ataukah tetap harus di root ?
Thanks in advanced.

Bambang
Guest
Bambang

Gan klo pasang custom rom/kernel di aplikasi ga perlu di wipe data lagi kan? Soalnya ragu

Dariuscimbar
Guest
Dariuscimbar

Gan bisa kah bagi twrp buat axioo m4u+

Septa
Guest
Septa

Tolong bantu saya, berikan saya twrp meizu m6 , saya mencarinya tetapi yang ada meizu m6 note, tolong buatkan twrp meizu m6.

Septa
Guest
Septa

please help me, give me twrp meizu m6

Rasyid
Guest
Rasyid

Apakah bisa buat unlock di smratfren supaya bisa buat kertu apa aja

Fendi
Guest
Fendi

Kalau tanpa UBL bisa ngx bang???