10 Fakta tentang Illuminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Simbol dan Tanda Iluminati / via illuminatiofficial.org

PUGAM.com – Eksistensi Illuminati tampaknya telah lama menimbulkan perdebatan, beberapa orang menganggap bahwa keberadaan Illuminati hanyalah isapan jempol semata, sementara yang lain percaya atas keberadaannya dengan mengutip beberapa peristiwa yang berkaitan dengan Illuminati.

Tak banyak orang yang mengetahui dengan jelas apa dan kapan Illuminati lahir, oleh karena itu artikel ini akan menyajikan sepuluh fakta tentang Illuminati yang perlu Anda ketahui termasuk awal kebangkitannya di Jerman.

10. Asal Mula Istilah Illuminati

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tidak jelas tanggal dan tahun berapa istilah “Illuminati” mulai digunakan tetapi beberapa informasi mengatakan bahwa penggunaan istilah tersebut digunakan oleh okultis Spanyol menjelang akhir abad ke-15.

Mereka (Illuminati) dianggap sebagai alkemis atau penyihir yang memiliki kekuatan spiritual tertentu yang berasal dari mahluk superior. Istilah Illuminati sendiri pada awalnya tidak digambarkan sebagai sebuah kelompok/organisasi melainkan sering dikaitkan dengan seseorang yang memiliki kekuatan spiritual tertentu.

9. Didirikan oleh Kelompok Rahasia

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui B

Adam Weishaupt / via bossip.com

Sejarah mencatat bahwa Ordo Illuminati dibentuk di kota Ingolstadt di provinsi Selatan Bavaria, Jerman pada tanggal 1 Mei 1776 dan pendirinya adalah Adam Weishaupt, seorang profesor hukum agama.

Weishaupt berhasil menumbuhkan Illuminati yang awalnya beranggotakan 5 orang menjadi sekitar 60 orang yang tersebar di 5 kota pada tahun 1780.

Berbekal pengetahuan tentang kelompok mistis lainnya yang serupa dengan Illuminati, ia mulai menyisipkan unsur-unsur suprantural/magis ke dalam gereja, berharap bahwa itu akan menjadi sesuatu yang baru dan tentunya akan lebih menarik dibandingkan dengan kelompok reformasi politik biasa.

Weishaupt pun dikenal sebagai orang yang penuh strategi dan cerdas. Salah satunya adalah ketika ia memutuskan untuk bergabung dengan kelompok Mason dan mulai mengadopsi banyak hal dari kelompok tersebut untuk diterapkan di kelompoknya sendiri.

8. Peranan Adolf Francis (the Baron Von Knigge)

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Adolf Francis / via wikipedia.org

Adolf Francis adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar di kalangan bangsawan Bavaria di Jerman.

Weishaupt bersama kelompoknya (Illuminati) tidak mendapatkan nama besar pada masa itu hingga ia berhasil menarik Adolf Francis untuk ikut bergabung dalam kelompok Illuminati, barulah nama Illuminati mulai diperhitungkan.

Adolf Francis adalah seorang okultis guru dan ia telah memiliki tingkatan atau pangkat paling tinggi di organisasi rahasia lainnya seperti di Mason. Segera setelah itu, kelompok Illuminati mengalami perkembangan pesat hingga beranggotakan 300 orang di seluruh Jerman dan pada tahun 1784, jumlah anggota Illuminati meningkat tajam menjadi 3.000 orang.

7. Konflik

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Setiap kelompok pernah mengalami masa keemasan dan juga masa keterpurukan, begitupun dengan kelompok Iluminati. Setelah sempat naik daun, mereka dikabarkan mengalami keterpurukan saat terjadi konflik internal antara kedua petingginya, Weishaupt dan Adolf Francis.

Meskipun tidak diketahui apa yang menyebabkan terjadinya perselisihan di antara mereka, pada bulan April 1784, Adolf Francis menarik diri dari Illuminati yang secara otomatis menjadikan Weishaupt sebagai komandan tunggal dalam kelompok tersebut.

Mulai saat itu, Illuminati mulai kehilangan prestise (wibawa) dihadapan para anggotanya dan Weishaupt harus bersusah payah menjelaskan kepada para anggota yang sempat merasa kecewa atas mundurnya Adolf Francis.

Para anggota yang kecewa adalah mereka yang telah mencapai tingkatan tertinggi di Illuminati. Mereka tak hanya menganggap pengunduran diri Adolf Francis sebagai gambaran dari kekacauan yang terjadi dalam kelompok itu, tapi juga mereka menagih ‘komunikasi’ supranatural yang selama ini dijanjikan.

6. Dekrit Pelarangan Terhadap Kelompok Rahasia

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui E

Carl Theodore

Dekrit adalah sebuah perintah yang dikeluarkan oleh kepala negara atau pemerintah. Setelah para anggota yang merupakan petinggi Illuminati merasa kecewa dan menyadari bahwa mereka hanya dijadikan sebagai pion untuk mewujudkan ambisi politik Weishaupt, mereka mulai mengecam organisasi itu.

Berita tentang perselisihan dalam internal Illuminati dengan cepat menyebar hingga terdengar oleh raja Bavaria, Carl Theodore. Theodore mendengar kabar bahwa kelompok Illuminati memiliki misi untuk menggulingkan gereja dan negara paradigma.

Segera setelah itu, Theodore mengeluarkan dekrit melarang adanya masyarakat atau kelompok rahasia di Bavaria dan pada 1785, ia mengeluarkan dekrit susulan yang secara khusus mengecam serta mengutuk kelompok Illuminati.

Kelompok Illuminati sedang berada di bawah ancaman dan kondisi menjadi berbahaya sehingga Weishaupt melarikan diri ke porvinsi tetangga pada tahun 1785 dan namanya tidak pernah terdengar lagi sejak saat itu.

Namun perintah dan jiwa Illuminati akan tetap hidup di dalam pikiran dan hati pengikut setianya. Tak sedikit dari mereka yang meminta agar Illuminati dihidupkan kembali akibat dari kekacauan yang sempat terjadi di dalam pemerintahan Bavaria.

5. Ritual Ketaatan yang Ketat

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Satu hal yang dianggap menggambarkan kelompok Illuminati adalah sebuah ritual rahasia dan dapat dikatakan bahwa ini memang ada. Weishaupt telah lama memasukkan banyak unsur dari Mason ke dalam kelompoknya termasuk ritual ketaatan yang menjadi elemen utama dalam kelompok Mason dan Illuminati.

Dalam organisasi Mason dan Illuminati, setiap anggota akan melewati 7 tingkatan hingga sampai di tingakatan paling tinggi. Pertama adalah apprentice, fellow, master, scots master, secular novice, knight dan lay brother.

Sejarawan menyatakan bahwa “Ritual ketaatan yang ketat pada saat itu dikhususkan untuk reformasi Masonry dengan referensi khusus untuk mulai menghapuskan ilmu gaib yang sering digunakan oleh kelompok-kelompok lainnya.”

Illuminati kemudian sepenuhnya mengadopsi cara ini dan mulai menerapkannya dalam kelompok mereka.

4. Biara Wilhelmsbad

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Foto di atas adalah reruntuhan benteng yang dibangun oleh Pangeran Charles dari Hesse-Kassel di sebuah taman di Wilhelmsbad.

Tempat tersebut dipercaya pernah digunakan oeh para petinggi Illuminati untuk menggelar pertemuan membicarakan masa depan organisasi mereka dan perjuangan untuk tetap mempertahankan anggota setelah mereka mencapai tingkatan tertinggi “Lay Brother”.

Biara Wilhelmsbad akan menjadi perjuangan atas potongan-potongan di antara para mistikus Jerman. Topik lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah menciptakan tingkatan baru yang lebih tinggi dari “Lay Brother” namun akhirnya ditolak.

3. Hasil Pertemuan di Biara Wilhelmsbad

Ini merupakan kabar buruk bagi Weishaupt, pertemuan di biara itu tidak banyak menghasilkan ide-ide yang konstruktif termasuk peraturan tentang etika dan penomoran untuk tiap provinsi dimana kelompok Illuminati berada.

Justru pertemuan itu telah memunculkan efek riak yang merupakan awal dari perpecahan Illuminati yang selanjutnya. Dengan banyaknya anggota Illuminati yang mencapai tingakatan tertinggi, kontrol terhadap peraturan menjadi semakin longgar yang akhirnya menyebabkan perpecahan di beberapa wilayah basis Illuminati.

2. Ambisi Menghancurkan Gereja

Salah satu alasan utama mengapa Illuminati dianggap masih hidup hingga sekarang adalah adanya dukungan terhadap penghapusan monarki dan repbulkanisme. Adam Weishaupt adalah seorang profesor Hukum dan Filsafat praktis di Universitas Ingolstadt.

Pengalamannya sebagai satu-satunya profesor non-ulama di sebuah institusi yang dijalankan oleh Jesuit membentuk sebuah keyakinan yang mengarah pada sikap anti-ulama.

Weishaupt berharap untuk menyebarkan cita-cita pencerahan melalui masyarakat atau kelompok rahasia dan menggunakan komponen mistis untuk tidak hanya mendapatkan pengikut, tapi menghancurkan kekuasaan gereja dan menarik para jemaat untuk beralih masuk ke kelompoknya.

1. Simbol Mata Satu

10 Fakta tentang Iluminati yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Salah satu simbol paling terkenal yang ada dipikiran kita ketika membicarakan tentang Illuminati adalah “simbol mata satu”. Penggambaran yang paling jelas terdapat pada uang pecahan 1 dollar Amerika Serikat, terlihat gambar mata satu berada di puncak piramida.

Penggambaran simbol mata satu biasanya dikelilingi oleh cahaya dan simbol tersebut dimaksudkan mewakili mata Allah yang sedang mengawasi manusia.

Simbol itu sendiri memiliki asal-usul beragam dalam banyak kebudayaan terutama jika kita kembali membahas mitologi Mesir dengan “Eye of Horus”.

Namun, simbol mata yang digambarkan atas bentuk kepercaya terhadap Ilahi tidak muncul hingga memasuki era Kristen. Khususnya dalam ikonografi Eropa Renaissance, di mana simbol itu dibuat untuk mewakili citra eksplisit Trinitas Kristen.

Simbol mata satu pertama kali muncul sebagai bagian dari ikonografi standar Freemason pada tahun 1797 yang pada saat itu diterbitkan oleh Thomas Smith.

Mata satu dipercaya memiliki kemuliaan yang digambarkan dalam bentuk setengah lingkaran tepat di bawah mata tersebut dan juga kadang-kadang simbol mata digambarkan tertutup oleh segitiga.

Banyak orang percaya bahwa simbol mata yang terdapat dalam uang kertas Amerika Serikat menunjukkan peran Illuminati di Amerika Serikat.

Sedikit bukti yang sangat dipercayai oleh para pencinta teori konspirasi menunjukkan bahwa Benjamin Franklin adalah seorang Freemason yang telah terkonfirmasi, setelah menulis buku Mason pertama di Amerika Serikat.

Shares

1
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Illuminati Headquarter.
Guest
Illuminati Headquarter.

Milik Illuminati hari ini dan mencari cahaya. Uang, kekuasaan, ketenaran dan kekayaan menjadi judul Anda di sepanjang generasi Anda dan melihat bagaimana impian Anda terwujud. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan pusat pesanan Illuminati di seluruh dunia di (USA), E-mail kami hari ini. Alamat e-mail: illuminatiworldwideorder@gmail.com
Atau whats-App kami.. + 19292811087