Penjelasan Lengkap Menu-Menu di GBWhatsApp

Penjelasan Lengkap Menu Menu Di Gbwhatsapp

Mungkin banyak menu di GBWhatsApp yang masih belum Anda ketahui fungsi serta kegunaannya. Di artikel kali ini saya akan coba menjelaskan semuanya. Semoga terbantu!

DAFTAR ISI

  1. Penjelasan Layar Utama/Beranda
  2. Penjelasan Menu Utama
  3. Penjelasan menu Floating Button
  4. Penjelasan menu GB Settings

Dukungan untuk Bahasa Indonesia

Sebelum masuk ke penjelasan pertama, di sini saya ingin sedikit membahas mengenai keterbatasan dukungan untuk bahasa Indonesia di GBWhatsApp.

Berbeda dengan MOD WhatsApp lainnya seperti YoWhatsApp atau FMWhatsApp, GBWhatsApp belum sepenuhnya mendukung bahasa Indonesia. Jika Anda mencari di pengaturan maka Anda tidak akan menemukan opsi untuk beralih ke bahasa Indonesia.

Namun, jika preferensi atau pengaturan bahasa di ponsel Anda menggunakan bahasa Indonesia, ada beberapa menu di GBWhatsApp yang otomatis akan ikut diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Ingat, hanya beberapa, tidak semua.

Penjelasan Layar Utama/Beranda

Layar Utama atau Beranda adalah layar ketika pertama kali Anda membuka aplikasi GBWhatsApp. Tampilan standarnya akan seperti ini dan berikut penjelasannya berdasarkan penomoran yang ada:

Penjelasan Layar Utama Gbwhatsapp

  1. Ketika Anda menyembunyikan kontak atau grup maka untuk memunculkannya kembali tekan tulisan WhatsApp tersebut kemudian masukkan password atau PIN yang sebelumnya telah Anda atur.
  2. DND Mode: Berfungsi untuk mematikan koneksi internet hanya untuk aplikasi GBWhatsApp saja. Fitur ini berguna ketika Anda tidak ingin ada yang mengirimi pesan ataupun panggilan tetapi tidak ingin mematikan koneksi internet secara menyeluruh di ponsel Anda.
  3. Ikon pencarian: Bisa digunakan untuk mencari kontak maupun kalimat/kata tertentu di dalam obrolan.
  4. Ikon kontak: Menekan ikon tersebut akan menampilkan daftar kontak WhatsApp di ponsel Anda yang diurutkan berdasarkan abjad.
  5. Menu utama: Menu yang memuat hampir semua pintasan di GBWhatsApp.
  6. Kolom kamera: Menekan atau menggeser kolom ke ikon kamera akan membuka kamera ponsel Anda. Bisa digunakan ketika Anda ingin dengan cepat memotret sesuatu untuk selanjutnya dibagikan ke teman kontak Anda.
  7. Kolom CHATTING: Memuat semua daftar obrolan, termasuk grup.
  8. Kolom STATUS: Menampilkan daftar status yang dibuat oleh teman kontak Anda.
  9. Kolom PANGGILAN: Menampilkan daftar kontak ataupun nomor yang pernah melakukan panggilan ke nomor WhatsApp Anda.
  10. Floating Button: Jika ditekan, akan muncul beberapa menu atau pintasan lain. Ini adalah cara cepat untuk masuk ke menu tertentu di GBWhatsApp.

Penjelasan Menu Utama

Menu Utama adalah menu yang bisa Anda temukan di layar utama/beranda GBWhatsApp, layar ketika pertama kali Anda membuka aplikasi. Untuk mengakses Menu Utama, tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.

Penjelasan Menu Utama Gbwhatsapp

Berikut penjelasan dari masing-masing menu yang ada:

  • Privasi: Bagian ini digunakan untuk mengatur privasi yang nantinya akan berlaku untuk semua kontak dan atau grup. Tekan menu Privasi tersebut untuk melihat berbagai macam opsi yang disediakan. Penjelasan dari masing-masing opsi bisa Anda baca setelah bagian ini.
  • GB Settings: Ini adalah menu untuk masuk ke pengaturan lanjutan sekaligus yang membedakan antara WhatsApp versi resmi dengan GBWhatsApp. Seluruh pengaturan yang sifatnya unik/khas di GBWhatsApp bisa Anda temukan pada bagian ini.
  • Restart: Menu untuk me-restart GBWhatsApp. Bisa digunakan ketika misalnya GBWhatsApp Anda tiba-tiba error, atau Anda baru saja mengubah sesuatu yang berkaitan dengan tampilan tapi tidak ada perubahan.
  • Custom Chats: Ketika saya cek, menu ini belum berfungsi dengan baik karena hanya menampilkan layar kosong.
  • Message Scheduler: Sesuai namanya, menu ini digunakan untuk membuat pesan terjadwal, pesan yang akan dikirimkan sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan. Mengenai cara penggunannya, tekan menu tersebut lalu tekan ikon + di sudut kanan bawah untuk memilih kontak. Kemudian atur waktu dan isi pesan yang akan dikirimkan.
  • Broadcast Message to Groups: Membuat serta mengirimkan pesan boradcast ke grup.
  • Grup baru: Menu untuk membuat grup baru.
  • Siaran baru: Menu untuk membuat siaran (live streaming) baru.
  • WhatsApp Web: Bagian ini digunakan jika Anda ingin menghubungkan GBWhatsApp dengan WhatsApp Web sehingga nantinya semua obrolan dan grup yang ada di GBWhatsApp Anda akan ditampilkan di WhatsApp Web versi desktop. Cara menggunakannya, buka terlebih dahulu situs WhatsApp Web di komputer. Kemudian buka menu WhatsApp Web di ponsel dan pindai kode QR yang ada di layar komputer menggunakan ponsel Anda.
  • Pesan berbintang: Menampilkan daftar pesan atau obrolan yang sebelumnya Anda beri tanda bintang.
  • Status: Di bagian ini Anda dapat membuat status, baik itu menggunakan template status yang ada ataupun membuat status sendiri. Jika Anda ingin membuat status dengan gambar maka jangan gunakan menu ini, tapi masuk ke kolom STATUS kemudian tekan pada bagian Status saya.
  • Setelan: Menu pengaturan default untuk aplikasi WhatsApp. Berisi semua menu pengaturan yang biasa Anda temukan di aplikasi WhatsApp versi resmi.

Penjelasan Menu Privasi

Berikut beberapa opsi yang tersedia di menu Privasi beserta penjelasannya:

Menu Pengaturan Privasi Gbwhatsapp

  • Show Online Status: Opsi untuk menyembunyikan atau menampilkan status online.
  • Blue Ticks: Ikon centang dua berwarna biru, tanda bahwa pesan yang masuk sudah Anda baca. Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut pada bagian ini sehingga setiap pesan yang masuk dan Anda baca hanya akan menampilkan tanda centang dua berwarna abu.
  • Second Tick: Ikon centang dua berwarna abu, tanda bahwa pesan yang dikirim sudah Anda terima tapi belum dibaca. Anda pun dapat menonaktifkannya jika mau sehingga setiap pesan yang masuk hanya akan memiliki tanda centang satu terlepas apakah pesan sudah Anda terima atau belum.
  • Writing Status: Secara default, ketika Anda mengetikkan pesan maka akan ada tanda khusus di layar obrolan penerima atau lawan chat Anda. Tanda yang dimaksud adalah tulisan “typing…”. Anda dapat menonaktifkannya jika mau.
  • Recording: Recording adalah tanda yang muncul di layar obrolan lawan chat bahwa Anda sedang melakukan perekaman suara. Fitur ini pun dapat Anda nonaktifkan jika mau.
  • Blue microphone: Tanda bahwa Anda telah mendengarkan rekaman suara yang dikirimkan. Anda dapat menonaktifkannya pada bagian ini.
  • Show/Hide View Status: Tanda yang bisa dilihat seseorang bahwa Anda telah melihat statusnya. Jika Anda tidak ingin orang tersebut tahu bahwa Anda telah melihat statusnya, nonaktifkan fitur ini.

Keterengan:

Show: Tampilkan/Aktifkan
Hide: Sembunyikan/Nonaktifkan

Setiap opsi akan memiliki dua cakupan, yaitu kontak dan grup.

Menu Pengaturan Privasi Gbwhatsapp 1

Hide for contacts: Menonaktifkannya untuk semua kontak.

Hide for group: Menonaktifkannya untuk semua grup.

Show for contacts: Mengaktifkannya untuk semua kontak.

Show for group: Mengaktifkannya untuk semua grup.

Penjelasan Menu Floating Button

Floating Button adalah cara cepat untuk masuk ke menu tertentu di GBWhatsApp. Anda pun dapat menyesuaikan berapa jumlah Floating Button yang ingin ditampilkan atau menonaktifkan menu tertentu agar tidak ikut ditampilkan di Floating Button.

Sebagai contoh, berikut tampilan ketika saya mengaktifkan semua Floating Button yang tersedia.

Floating Button Gbwhatsapp

Berikut penjelasannya berdasarkan penomoran yang ada:

  1. Pintasan cepat untuk masuk ke layar Kontak/Contacts, layar yang menampilkan daftar kontak.
  2. Pintasan cepat untuk masuk ke menu kustomisasi tema.
  3. Pintasan cepat untuk masuk ke menu GB Settings.
  4. Pintasan cepat untuk membuka log/catatan di GBWhatsApp.
  5. Ikon untuk menutup Floating Button.

Penjelasan Menu GB Settings

GB Settings adalah menu pengaturan lanjutan. Di bagian ini Anda dapat mengonfigurasi semua hal yang berkaitan dengan GBWhatsApp, semua hal yang sifatnya unik (tidak tersedia di WhatsApp versi resmi).

GBWHATSAPP

Gb Settings 1

  • Download More Apps: Mengunduh aplikasi atau MOD lain yang tersedia di website pengembang, dalam hal ini official-plus.com. Di sana Anda bisa mendapatkan MOD lain seperti WhatsApp Plus, OGWhatsApp, Instagram Plus dan lain sebagainya.
  • FAQ: Halaman di website pengembang yang berisi semua pertanyaan yang sering muncul terkait GBWhatsApp.

GBWHATSAPP UPDATE

Gb Settings 2

  • Updates: Di bagian ini Anda dapat memeriksa pembaruan untuk aplikasi GBWhatsApp.
  • Enable News – Updates Notifications: Opsi ini untuk mengaktifkan pemberitahuan artikel atau pembaritahuan mengenai update GBWhatsApp dari website pengembang. Pemberitahuan akan dikirimkan melalui push notifications.

SOCIAL MEDIA

Gb Settings 3

  • Facebook: Jika ditekan, Anda akan diarahkan ke halaman Facebook pengembang.
  • Twitter: Jika ditekan, Anda akan diarahkan ke halaman Twitter pengembang.

AUTO REPLY MESSAGE

Gb Settings 4

Ini adalah fitur untuk membalas pesan secara otomatis. Cara menggunakannya, tekan Auto Reply Message kemudian aktifkan toggle di bagian atas. Selanjutnya, tekan ikon + di sudut kiri bawah untuk membuat Auto Reply Message.

Fitur Auto Reply Message Gbwhatsapp 1

Di layar berikutnya, tentukan kriteria pesan seperti apa yang ingin Anda balas secara otomatis.

Fitur Auto Reply Message Gbwhatsapp 2

Silakan atur sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, tekan tombol Add di bagian bawah.

Fitur Auto Reply Message Gbwhatsapp 3

Di bawah ini adalah contoh ketika saya membuat 2 Auto Reply Message untuk kontak tertentu.

THEMES

Gb Settings 5

Ini adalah bagian yang paling dinantikan oleh sebagian besar pengguna. Tekan menu Download themes untuk mengunduh tema baru. Ada banyak pilihan tema yang bisa Anda unduh dan gunakan.

Untuk memilih tema dan menerapkannya, tekan tombol APPLY yang ada disamping tema yang dimaksud.

Mengunduh Tema Di Gbwhatsapp

Sedangkan menu ke-2 yaitu More berisi menu lanjutan yang masih berkaitan dengan tema.

Menu Tema Lanjutan Gbwhatsapp

  • Save preferences: Pada bagian ini, Anda dapat menyimpan preferensi (pengaturan) GBWhatsApp saat ini (termasuk tema). Ini sama dengan fungsi backup, hanya saja yang di-backup dalam hal ini adalah konfigurasi GBWhatsApp Anda.
  • Load: Memuat file preferensi sebelumnya dan mengembalikan preferensi GBWhatsApp termasuk tema ke kondisi ketika Anda memilih opsi Save preferences di atas.
  • Share: Anda dapat membagikan konfigurasi GBWhatsApp Anda termasuk tema yang digunakan melalui berbagai macam media seperti email.
  • Clear: Opsi ini digunakan untuk me-reset atau mengembalikan konfigurasi (termasuk tema) GBWhatsApp Anda ke kondisi default, kondisi ketika Anda pertama kali menginstalnya.
  • Send your theme for the developer: Di GBWhatsApp, siapa pun dapat membuat tema sendiri dan membagikannya dengan orang lain. Pertama, Anda perlu mengirimkan tema ke pengembang. Jika disetujui, tema Anda akan ditampilkan di bagian Download themes dan siapa pun dapat mengunduh serta menggunakannya.

APPEARANCE

Bagian ini memuat lebih banyak konfigurasi, beberapa di antaranya berkaitan dengan tampilan atau display seperti warna dan ukuran teks. Untuk bagian ini saya tidak akan menjelaskan semuanya. tapi hanya menu utamanya saja.

  1. Conversation Screen: Layar obrolan atau jendela obrolan. Ini adalah untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tampilan di layar obrolan.
  2. Main/Chats Screen: Layar utama/beranda. Bagian ini untuk mengatur semua yang berkaitan dengan tampilan di layar utama/beranda.
  3. Popup Notification: Di bagian ini Anda bisa mengatur tampilan untuk jendela pemberitahuan (popup).
  4. Widgets: Untuk mengatur tampilan dari widget yang disediakan oleh GBWhatsApp.
  5. Media Sharing: Pada bagian ini, Anda dapat mengubah batas ukuran video yang dapat dibagikan. Maksimalnya adalah 50 MB. Sedangkan untuk file audio bisa Anda tingkatkan batasnya menjadi maksimal 100 MB.
  6. OTHER MODS: Berisi menu lainnya yang berkaitan dengan MOD GBWhatsApp seperti menyesuaikan gaya tanda centang, ikon launcher, ikon di bar notifikasi dan masih banyak lagi.
  7. Lock: Bagian ini digunakan untuk mengunci aplikasi menggunakan passcode.
  8. Clean WhatsApp files: Di bagian ini Anda dapat menghapus file-file GBWhatsApp mencakup file cache, file log, file cache untuk tema dan file backup lama.
  9. Open Log: Bagian ini untuk melihat log atau catatan. Log ini berisi aktivitas yang terjadi di GBWhatsApp Anda, termasuk aktivitas teman kontak Anda.
  10. Languange App: Opsi untuk memilih bahasa. Sayangnya, saat ini masih belum tersedia bahasa Indonesia.
  11. Change app Font: Opsi untuk mengubah gaya huruf yang digunakan di GBWhatsApp.

ABOUT

Gb Settings 8

Ini adalah menu terakhir yang bisa Anda temukan di GB Settings. Bagian ini berisi informasi terkait pengembang.

Untuk artikel berikutnya, saya menunggu respon dari kalian. Kira-kira apa yang ingin kalian ketahui dari GBWhatsApp? Atau mungkin ada fitur yang ingin kalian gunakan tapi tidak tahu cara menggunakannya.

Silakan tulis di kolom komentar.

Contoh: Bagaimana cara menyembunyikan kontak di GBWhatsApp?

Jawabannya: Cara Sembunyikan Kontak dan Grup di WhatsApp

Untuk pertanyaan yang sekiranya bisa dijawab dengan singkat akan saya jawab langsung di kolom komentar.

Shares

6
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
4 Comment threads
2 Thread replies
0 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
Cahya acIlma maula istinasifahAkilahPoesBiralie Nugraha Recent comment authors
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Cahya ac
Guest
Cahya ac

Caranya gimna klau downlaodwa gb

Ilma maula istinasifah
Guest
Ilma maula istinasifah

Ka itu gmn si cara download nya

Akilah
Guest
Akilah

Sukaaa

lexa
Guest
lexa

Untuk ke amanan nya gimana boss.. Apakah sudh terjamin? Mohon keterangannya terimakasi

Poes
Guest
Poes

Maksudnya keamanan isi chat dan nomer dari kloning pihak lain.