Cara Setting Modem Smartfren Mifi Andromax M3Y & M3Z

Konfigurasi Modem Smartfren MIFI Andromax M3Y & M3Z

Masih bingung dengan pengaturan modem Smartfren MiFi Andromax M3Y atau M3Z yang baru Anda beli? Jangan khawatir, artikel kali ini bisa menjadi panduan bagi Anda.

Namun, sebelum itu pastikan Anda telah mengaktivasi kartu Smartfren yang ada di dalamnya. Baca: Cara Aktivasi Modem Smartfren MiFi Andromax.

Banyak juga yang bertanya tentang cara memblokir perangkat/pengguna lain di MiFi Andromax ini. Saya sudah tulis tutorialnya secara lengkap dan bisa Anda lihat di:

Cara Blokir Perangkat/pengguna Lain di Mifi Andromax

Cara Setting Modem M3Y & M3Z Lewat Smartphone

Bagi Anda pengguna Android dan iOS, konfigurasi modem M3Y dan M3Z bisa dilakukan melalui aplikasi Mylink. Silakan download dan instal terlebih dahulu aplikasinya sesuai dengan model modem dan OS yang Anda gunakan.

Android:

Mylink M3Y
Mylink M3Y
Developer: we-wins
Price: Free
Mylink M3Z
Mylink M3Z
Developer: we-wins
Price: Free

iOS:

Mylink M3Y
Mylink M3Y
Developer: JIHAI SONG
Price: Free
Mylink M3Z
Mylink M3Z
Developer: JIHAI SONG
Price: Free

Aplikasi Mylink hanya dapat digunakan jika perangkat seluler Anda terkoneksi dengan modem. Untuk itu silakan koneksikan terlebih dahulu perangkat seluler Anda dengan modem MiFi.

Koneksi awal biasanya menggunakan SSID dan password default dan itu bisa Anda temukan pada box modem.

Cara Aktivasi Modem Smartfren MIFI Andromax

Apabila box tidak ada, SSID dan password masih bisa Anda temukan dibagian belakang perangkat modem atau bisa juga dibalik baterai.

Cara Melihat Rincian Informasi Dasar

Sebelum membahas tentang konfigurasi yang sebetulnya sangat sederhana, Anda mungkin ingin tahu dulu mengenai rincian informasi dasar meliputi nomor Smartfren Anda, masa aktif, paket internet, masa berlaku paket, informasi kuota internet dan informasi bonus kuota internet.

  1. Buka aplikasi Mylink kemudian login. Username dan Password default adalah admin.
  2. Buka menu MY SMARTFREN dan pilih bagian paling atas.
  3. Selanjutnya rincian informasi dasar meliputi nomor Smartfren Anda, masa aktif, paket internet, masa berlaku paket, informasi kuota internet dan informasi bonus kuota internet akan ditampilkan.
    Cara Setting Modem Smartfren MIFI Andromax M3Y & M3Z

Penjelasan Menu Setting

  1. Quick Setting: Pada bagian ini, Anda dapat mengubah SSID Wi-Fi, password Wi-Fi dan password Mylink Anda. Caranya, buka menu yang ditandai dengan ikon tiga baris di pojok kiri atas, kemudian pilih Setting > Quick Setting.
  2. Wi-Fi Setting: Bagian ini khusus untuk mengatur konfigurasi Wi-Fi Anda, meliputi SSID, Security Mode, WPA Option, password Wi-Fi dan juga maksimal user yang dapat terhubung ke modem MiFi Anda. Pada bagian ini, kami hanya mengganti SSID dan password Wi-Fi, sedangkan sisanya dibiarkan default.
  3. Network Setting: Modem MiFi M3Y dan M3Z ini hanya mendukung jaringan 4G LTE dan pada menu Network Setting, Anda dapat melihat rincian mengenai jaringan yang digunakan. Bagian ini pun kami biarkan default.
  4. Admin Setting: Bagian ini digunakan untuk mengubah Username atau Password aplikasi Mylink Anda. Ada juga pengaturan login timeout sehingga jika dalam jangka waktu tertentu aplikasi tidak digunakan maka Anda akan secara otomatis logout.
  5. Storage Setting: Salah satu kelebihan modem MiFi Andromax M3Y dan M3Z adalah dapat difungsikan sebagai media penyimpanan melalui penggunaan microSD. Media penyimpanan ini dapat diakses oleh siapapun yang terhubung dengan modem Anda melalui jaringan Wi-Fi. Pada menu Storage Setting ini Anda dapat mengonfigurasi Username dan Password untuk media penyimpanan.
  6. Advanced Setting: Bagian ini memuat cukup banyak konfigurasi namun sebetulnya tidak ada yang perlu diubah, hanya saja Anda perlu memeriksa bagian WPS. WPS (Wi-Fi Protected Setup) adalah cara khusus untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi dan modem M3Y atau M3Z telah mendukung fungsi tersebut. Jika ingin menggunakannya, Anda hanya perlu memeriksa menu WPS ini, apakah dalam keadaan aktif atau tidak.

Cara Setting Modem M3Y & M3Z Lewat PC/Laptop

Cara Setting Modem Smartfren MIFI Andromax M3Y & M3Z

Selain melalui aplikasi Mylink, pengaturan modem M3Y dan M3Z dapat dilakukan melalui browser pada PC atau laptop Anda. Pertama, silakan koneksikan PC/laptop Anda dengan perangkat modem. Selanjutnya, untuk modem M3Y, buka http://andromax.m3y/ sedangkan untuk modem M3Z buka http://andromax.m3z/.

Antarmuka versi browser ini sama dengan Mylink versi Android ataupun iOS sehingga segala macam pengaturan yang dijelaskan di atas dapat Anda lakukan juga di versi browser ini. Ada pertanyaan? Silakan gunakan kolom komentar.

Shares7

168
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
89 Comment threads
79 Thread replies
29 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Mofizar
Guest
Mofizar

Saya lupa sandi modem M3Y, gmn caranya.

Adinda
Guest
Adinda

Mba pas mau dimasukin ke apl mylink kok tulisanny,nama atau sandi salah
Padahal udah sesuai dengan yg di box modem
Itu gimana y?

Dinda
Guest
Dinda

Pas klik my smartfren keluar tulisan silahkan sambungkan ke jaringan, itu kenapa ?

Basri
Guest
Basri

Pas masuk login ada tulisan fail itu kenapa?

Dayang
Guest
Dayang

Pas saya mau login ads tulisan device is not connected .
Itu gimana ya ?

Numpang lewat
Guest
Numpang lewat

Mungkin ga ada sinyal

Harits
Guest
Harits

Saya mau tanya kalok isi voucher tapi modem keadaan data paket 0Kb bisa nggak? Terus cek sms masuk ke nomor modem itu gimana?

Guzman
Guest
Guzman

Apa kartu yg biasa smaa yg evo kecepatan nya beda ? Soal nya dulu pake yg evo cpt dan stabil tp sekarang pake kartu paketan biasa kok lemot yah ?

Yulius
Guest
Yulius

Apakah bisa menggunakan kartu lain
Misalnya telkomsel

Herry
Guest
Herry

Aku pakai modem Andromax m3y, bisakah modem ini di isi dgn kartu perdana Smartfren yg unlimited. TRIms.

Meli Sariyani
Guest
Meli Sariyani

Kemarin saya buka SIM Card di Modem M3Z tp sekarang kok gk ada jaringan ya?? mohon penjelasannya