Cara Aktifkan DoH (DNS over HTTPS) di Mozilla Firefox

Cara Aktifkan Dns Over Https Di Mozilla Firefox

Privasi dan keamanan data pengguna di internet selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Seolah tak kehabisan kasus, pencurian atau bocornya data pengguna di internet masih sering terjadi.

Dan tahukah Anda, cara kita menggunakan internet secara default tergolong tidak aman. Diperlukan langkah-langkah tambahan agar data dan privasi kita tetap terjaga ketika menggunakan internet.

Ada banyak metode atau cara yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan kegiatan berselancar Anda di internet. Salah satu metode paling umum adalah penggunaan VPN.

Namun, bagi Anda yang sedang mencari alternatif lain selain VPN maka Anda bisa mencoba DoH (DNS over HTTPS).

Apa Itu DoH (DNS over HTTPS)?

Menurut Wikipedia, DoH (DNS over HTTPS) merupakan protokol untuk melakukan resolusi DNS (Domain Name System) dengan menggunakan protokol HTTPS.

Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna dengan mencegah serangan Man-in-the-middle.

Hingga Maret 2018, Google bersama dengan Mozilla Foundation sedang menguji coba DoH mereka. Dalam hal ini, Mozilla juga menjalin kerja sama dengan Cloudflare.

Selain untuk meningkatkan keamanan, tujuan lain dari DoH adalah untuk meningkatkan performa mesin browser yang Anda gunakan karena resolver DNS pada umumnya yang disediakan oleh provider internet berjalan lebih lambat.

Bagaimana Cara Kerja DoH (DNS over HTTPS)?

Saat Anda mengetikkan alamat website atau nama domain pada bilah alamat browser (contoh: www.pugam.com), browser Anda mengirim permintaan melalui internet untuk mencari alamat IP (numerik) website tersebut.

Secara tradisional, permintaan ini dikirim ke server melalui koneksi plain text atau teks biasa. Koneksi ini tidak dienkripsi sehingga memudahkan pihak ketiga termasuk ISP untuk melihat situs web apa yang akan Anda akses.

DoH (DNS over HTTPS) bekerja dengan cara yang berbeda. DoH mengirimkan permintaan ke server DNS yang kompatibel dengan DoH melalui koneksi HTTPS terenkripsi, bukan koneksi plaint text.

Cara ini dapat mencegah pihak ketiga mengetahui atau melihat situs web yang akan Anda akses.

Sebagai contoh, ketika Anda tidak menggunakan DoH, ISP tentu tidak akan mengetahui apa yang Anda lakukan di situs web tertentu, tetapi masih dapat melihat dan bahkan mencatat permintaan Anda.

Tapi jika Anda menggunakan DoH maka ISP tidak dapat melihat dan mencatat permintaan Anda.

Cara Aktifkan DoH (DNS over HTTPS) di Mozilla Firefox

Karena DoH merupakan project Mozilla Foundation bersama dengan Google maka fitur ini kini sudah menjadi bagian dari fitur default di browser Mozilla Firefox. Anda dapat mengatifkannya dengan mudah.

Berikut cara mengaktifkan DoH (DNS over HTTPS) di browser Mozilla Firefox:

  1. Buka browser Mozilla Firefox Anda.
  2. Klik Ikon Menu di sudut kanan atas lalu pilih Options.
    Cara Aktifkan Dns Over Https Di Mozilla Firefox 1
  3. Pada tab General, gulir halaman ke bawah dan klik Settings pada bagian Network Settings.
    Cara Aktifkan Dns Over Https Di Mozilla Firefox 2
  4. Centang kotak Enable DNS over HTTPS kemudian klik OK.
    Cara Aktifkan Dns Over Https Di Mozilla Firefox 3

Secara default, Firefox akan menggunakan konfigurasi DoH dari Cloudflare, tapi jika mau Anda dapat mengubahnya pada bagian Use Provider.

Referensi:

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: