Aplikasi Resmi TWRP Kini Tersedia di Google Play Store

Aplikasi Resmi TWRP Kini Tersedia di Google Play Store

Aplikasi Resmi TWRP Kini Tersedia di Google Play Store / Image source: AndroidAuthority

PUGAM.com – Kabar baik bagi Anda pengguna setia recovery tool TWRP. Tim pengembang dibalik TWRP (Team Win Recovery Project) telah merilis versi resmi dari aplikasi TWRP di Google Play Store.

Download di Google Play

Selain di Google Play Store, aplikasi TWRP juga tersedia dalam bentuk file APK yang bisa Anda download di situs resminya.

Meskipun begitu, aplikasi TWRP ini masih berlabel “open beta”, yang artinya belum dinyatakan sempurna sehingga mungkin Anda akan menemukan beberapa bugs di dalamnya. Bagi Anda yang belum mengenal apa itu TWRP. Ini adalah sebuah recovery tool yang memiliki banyak fitur, antara lain:

  • Dapat melakukan flashing custom ROM.
  • Flash ROM update dalam bentuk file ZIP.
  • Mendukung backup & restore ROM dan masih banyak lagi.

Seperti yang dijelaskan di situs resminya, aplikasi TWRP ini adalah satu-satunya aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Team Win. Versi awal dari aplikasi ini belum mendukung fitur flashing pada perangkat Google Pixel. Selain itu, aplikasi ini belum bisa digunakan untuk melakukan flashing file image yang disimpan di memori eksternal.

Sekilas Cara Penggunaan Aplikasi TWRP

Ketika pertama kali Anda membuka aplikasi TWRP ini, Anda akan disambut oleh beberapa pesan. Pesan pertama adalah persetujuan tentang tidak adanya tuntutan serta permintaan tanggung jawab apabila aplikasi TWRP ini menyebabkan perangkat Anda bermasalah.

Pesan kedua adalah jika Anda pengguna perangkat rooted, Anda perlu memberikan izin akses root pada aplikasi ini agar semua fitur yang ditawarkan dapat bekerja dengan baik. Aplikasi ini pada dasarnya dapat digunakan tanpa akses root, yang artinya perangkat unrooted pun dapat meng-install aplikasi ini. Hanya saja, beberapa fungsi seperti flashing file image akan dinonaktfikan.

Terakhir adalah pilihan untuk mengaktifkan InsightCore, fitur baru yang memungkinkan Anda memonitor kualitas jaringan seluler di sekitar Anda. Fitur ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan fungsi utama TWRP, tetapi tetap layak untuk dicoba. Mengenai InsightCore akan dibahas lebih banyak nanti.

Di halaman berikutnya, Anda akan menemukan beberapa pilihan, yaitu TWRP FLASH dan NETWORK STATISTICS atau InsightCore. Opsi TWRP FLASH digunakan jika Anda ingin meng-install TWRP sesuai dengan model perangkat Anda. Opsi ini akan membuka menu pilihan, di mana Anda dapat memilih file TWRP yang sesuai dengan model perangkat Anda.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman download. Aplikasi TWRP secara berkala akan memeriksa setiap pembaruan. Anda dapat menentukan seberapa sering pemeriksaan pembaruan ini dilakukan. Secara default, aplikasi akan melakukan pemeriksaan pembaruan satu kali setiap hari.

Jika di halaman pertama Anda memberikan hak akses root pada aplikasi ini, Anda akan melihat opsi untuk memilih file image yang mungkin sebelumnya telah disimpan di memori internal dan opsi untuk melakukan flashing file image yang dimaksud. Setelah Anda memilih file image, ada dua opsi yang ditawarkan, yaitu FLASH TO RECOVERY dan FLASH TO BOOT.

Perlu diingat, opsi FLASH TO BOOT hanya digunakan untuk meng-install full boot image seperti kernel dan tidak boleh digunakan untuk flashing TWRP.

Lihat tutorial lengkapnya: Cara Menggunakan Aplikasi Official TWRP

Apa Itu InsightCore atau Network Statistics?

Team Win telah bermitra dengan perusahaan bernama P3 dalam mengembangkan aplikasi ini. Salah satu fitur yang disertakan hasil dari kerja sama itu adalah fitur memonitor dan merekam kinerja jaringan perangkat Anda.

InsightCore dari P3 mampu melacak kekuatan sinyal, jenis jaringan (3G dan 4G) serta kecepatan jaringan yang ada di sekitar Anda. Jika Anda mengaktifkan fitur ini di aplikasi TWRP, Anda akan dapat memantau seberapa baik jaringan operator Anda dan membandingkannya dengan kinerja operator lain yang terdeteksi di wilayah Anda.

Fitur ini pada dasarnya bertujuan untuk membantu pengguna dalam memilih operator seluler yang tepat sesuai dengan kondisi wilayah.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments