Google Allo, Aplikasi Messaging Pesaing Utama WhatsApp Telah Dirilis

Google Allo

PUGAM.com – Google telah merilis aplikasi messaging bernama Allo untuk iOS dan Android. Aplikasi yang disebut-sebut akan menjadi pesaing terberat WhatsApp ini pertama kali diumumkan dalam acara Google I/O awal tahun 2016 ini bersama dengan aplikasi Google Duo yang telah lebih dulu memulai debutnya beberapa waktu yang lalu.

Google Allo telah terintegrasi dengan layanan asisten virtual “Google Assist”, memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian di Google tanpa meninggalkan jendela percakapan. Selain itu, seperti aplikasi messaging lainnya, Allo dilengkapi dengan sejumlah sticker dan emoji, juga dengan modus penyamaran yang mendukung fitur enkripsi pesan secara end-to-end serta penerapan batas kedaluwarsa pesan.

Google Allo

Antarmuka Google Allo (Credit: AndroidPIT)

Misalnya, dengan mengetik kata “@Google” tanpa tanda kutip dalam percakapan, Anda dapat mengajukan pertanyaan atau mencari informasi tanpa menutup atau meninggalkan percakapan, seperti informasi lokasi restoran terdekat, atau searching video langsung dari YouTube.

Allo juga memiliki fitur balasan otomatis yang disebut Smart Reply, yang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa opsi jawaban atau tanggapan untuk setiap pesan yang masuk tanpa harus menulisnya secara manual.

Menurut laman GSMArena, aplikasi Allo mampu mempelajari bagaimana Anda menjawab pesan, dan berdasarkan itu, aplikasi ini dapat memprediksi kemungkinan jawaban yang akan Anda berikan saat membalas pesan dari teman Anda. Sama seperti aplikasi Duo,  Google Allo menggunakan nomor telepon dan secara otomatis akan mendeteksi teman-teman Anda yang menggunakan aplikasi Allo di daftar kontak.

Sayangnya, untuk beberapa wilayah, termasuk AS dan Indonesia, status aplikasi Allo di Play Store masih “Pre-register“. Belum jelas kapan aplikasi ini mulai tersedia untuk di-download.

Google Allo
Google Allo
Developer: Google LLC
Price: Free
Google Allo
Google Allo
Developer: Google LLC
Price: Free
Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments