Cara Aktifkan Fitur Tersembunyi ‘Night Mode’ Android Nougat

Cara Aktifkan Fitur Tersembunyi 'Night Mode' di Android Nougat

Night Mode adalah fitur terbaru yang sudah disertakan oleh Google di versi Developer Preview Android 7.0 Nougat yang pertama. Saat sistem operasi terbaru ini resmi diluncurkan, fitur ini tetap ada dan siapapun yang menggunakan Android Nougat di ponselnya dapat menggunakan fitur “Night Mode”.

Fitur ini akan menghilangkan setiap cahaya biru yang dipancarkan oleh layar untuk memberikan Anda kenyamanan saat menggunakan ponsel di malam hari, di mana kondisi cahaya sekitar sangat minim mirip dengan f.lux pada komputer desktop dan Night Shift pada perangkat iPhone.

Night Mode dapat diatur untuk menyala secara otomatis berdasarkan waktu di tempat Anda, atau bisa juga diaktifkan secara manual melalui menu Quick Settings. Sayangnya, fitur Night Mode ini tidak disertakan sebagai fitur utama Android Nougat. Google bahkan tidak menyertakan fitur Night Mode di Sistem UI Tuner.

Seorang pengembang bernama Michael Evans kemudian menemukan kode tersembunyi untuk mengaktifkan fitur ini. Ia pun membuat sebuah aplikasi agar Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mudah tanpa root. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan System UI Tuner: Pertama, Anda harus mengaktifkan menu System UI Tuner yang tersembunyi di perangkat Anda. Untuk melakukannya, geser atau swipe ke bawah dua kali dari bagian atas layar untuk membuka menu Quick Settings. Dari sini, tekan dan tahan ikon roda gigi di sudut kanan atas layar sekitar 10 detik kemudian lepaskan. Anda akan masuk ke menu Settings dan akan ada pesan yang muncul berisi “Congrats! System UI Tuner has been added to Settings.
  2. Instal Aplikasi “Night Mode Enabler”: Jika Anda sudah mengaktifkan System UI Tuner, selanjutnya instal aplikasi bernama “Night Mode Enabler”.
    Night Mode Enabler
    Night Mode Enabler
    Developer: Mike Evans
    Price: Free
  3. Aktifkan Night Mode: Buka aplikasi Night Mode Enabler kemudian tekan tombol tunggal di tengah layar. Dari sini, Anda akan dibawa ke menu pengaturan Night Mode tersembunyi di System UI Tuner Android. Pastikan Anda mengaktfikan saklar On di bagian atas layar, lalu lakukan pengaturan sesuai selera.
  4. Tambahkan Night Mode ke Menu Quick Settings (Opsional): Secara default, Night Mode akan aktif secara otomatis saat matahari di tempat Anda terbenam. Tetapi jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini secara manual Anda bisa menambahkan Night Mode ke bagian Quick Settings. Caranya, geser layar ke bawah dua kali untuk membuka menu Quick Settings lalu tekan tombol EDIT. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan ikon Night Mode dan tarik saja ikon tersebut ke bagian atas (drag & drop). Kini Anda dapat mengaktifkan dan mematikan fitur Night Mode dengan mudah.

Tampilan Layar Ketika Night Mode Aktif

Night Mode akan membuat layar terlihat sedikit berwarna oranye ketika diaktifkan. Fitur ini akan mengganti setiap cahaya biru yang dipancarakan layar dengan warna cahaya yang lebih gelap karena menurut penelitian, frekuensi cahaya biru dapat menganggu ritme sikardian Anda jika dilihat setelah matahari terbenam (kondisi cahaya di sekitar Anda minim).

Troubleshooting

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak bisa menambahkan Night Mode ke menu Quick Settings. Jika ini terjadi juga pada Anda, solusinya adalah me-reset ulang menu Quick Settings. Caranya, pilih opsi RESET di sudut kanan atas layar menu Quick Settings lalu ulangi langkah no 4 di atas.

Shares

3
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Arif
Guest
Arif

Bang kok kagak bisa di hp Evercoss u60 padahal sudah nouget

Arif
Guest
Arif

Bang kok kagak bisa di hp Evercoss u60 padahal sudah nouget tolong pencerahannya dong