Apa yang Terjadi Ketika Pemain Berhasil Mengumpulkan Seluruh Pokemon?

151 Pokemon

PUGAM.com – Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa yang akan terjadi ketika seorang pemain berhasil mendapatkan semua pokemon, terlebih dahulu kita harus mengenal yang namanya Pokedex. Apa itu Pokedex? Menurut Wikipedia, Pokedex adalah sebuah konsep dalam permainan Pokemon, berupa sebuah komputer katalog mini yang mutlak dimiliki oleh pemain untuk mengidentifikasi spesies Pokemon yang ditemuinya.

Dalam versi manga, Pokedex adalah sebuah ensiklopedia yang lengkap, sedangkan dalam versi video game, trainer (pelatih Pokemon/pemain) harus menangkap Pokemon agar mendapatkan informasinya. Di dalam permainan Pokemon GO sendiri, setiap Pokemon yang berhasil di tangkap nantinya akan “dimasukkan” ke Pokedex, ditampilkan berupa sebuah daftar yang memuat nama-nama Pokemon yang berhasil ditangkap.

Total ada 151 Pokemon di dalam Pokedex pertama dan hanya enam di antaranya yang belum dirilis, yaitu Mew, MewTwo, Moltres, Zapdos, Articuno dan Ditto. Mengisi penuh Pokedex adalah tujuan setiap pemain, tapi sebenarnya apa yang akan terjadi ketika kita berhasil mengisi penuh Pokedex?

Karena tidak ada cara untuk mengisi penuh Pokedex saat ini, belum ada kepastian apa yang akan kita dapatkan ketika berhasil melakukannya. Jika kita mengacu pada game Pokemon RPG, tentu kita bisa menebak apa yang akan kita dapatkan ketika berhasil mengoleksi 151 pokemon di dalam Pokedex.

Di dalam semua versi game Pokemon RPG, baik itu yang dirilis oleh Game Boy, DS, atau 3DS, pemain akan diberikan semacam ijazah virtual oleh pengembang setelah berhasil mengisi penuh Pokedex di daerah permainan mereka. Ada juga ijazah virtual yang akan diberikan kepada pemain yang berhasil mengisi penuh Pokedex Nasional.

Ijazah Virtual Pokemon

(Credit: thebitbag.com)

Apa itu Pokedex Nasional? Itu merupakan daftar yang memuat seluruh daftar Pokemon di dalam dunia Pokemon itu sendiri. Di seri anime, data Pokedex di tiap region/daerah berbeda satu sama lain. Di region Kanto misalnya, Pokedex terisi dengan data 151 spesies Pokemon lokal yang ada di daerah tersebut. Di Johto, Pokedex terisi dengan data 100 spesies Pokemon. Di Hoenn, Pokedex terisi data 135 spesies lokal. Di Sinnoh terisi dengan data 107 spesies, dan di Unova terdapat 156 spesies.

Untuk menyatukan seluruh spesies yang ada, Professor Oak membuat sebuah Pokedex Nasional (komplit) yang berisi penuh data 649 spesies Pokemon. Namun, perlu diingat bahwa total spesies Pokemon dalam permainan Pokemon GO hanya berjumlah 151, sehingga konsep Pokedex Region dan Pokedex Nasional dalam hal ini masih belum jelas.

Selain itu, ada beberapa Pokemon yang dibebaskan untuk menjadi bagian dari Pokedex. Semua jenis Pokemon Mythical atau legendaris seperti Jirachi, Manaphy, Darkrai, Shaymin dan Mew tidak akan masuk dalam syarat dalam melengkapi Pokedex Nasional. Sehingga pemain masih dapat mengisi penuh Pokedex meskipun belum mendapatkan Pokemon tersebut.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: