2 Cara Instal Google Play Service di Android

Cara Install Google Play Service Android 10

Google Play Service adalah aplikasi yang sangat terkait erat dengan sistem Android itu sendiri. Play Service memungkinkan smartphone anda mendapatkan manfaat dari versi terbaru sebuah aplikasi tanpa perlu memperbarui versi Android anda.

Meskipun mungkin anda pikir sama, tapi Play Service berbeda dengan Google Play Store di mana anda dapat mengakses, membeli, dan mengunduh media seperti aplikasi dan game.

Cara Pertama: Instal Google Play Service via Play Store

Sangat disarankan agar anda selalu menggunakan Google Play Service versi terbaru di perangkat Android. Karena peningkatan efisiensi dari versi ke versi tentu akan membantu anda menghemat daya baterai dan juga meningkatkan layanan offline.

Cara termudah memasang versi terbaru Google Play Services adalah dengan mengunduhnya langsung di Play Store. Berikut kami sertakan link nya:

Google Play services
Google Play services
Developer: Google LLC
Price: Free

Cara Kedua: Instal Google Play Service via File APK

Cara ini akan sangat berguna terutama ketika anda tidak bisa mengakses Google Play Store sehingga perlu menginstal Google Play Service langsung melalui file APK.

Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

.apk adalah ekstensi dari aplikasi Android yang berisi semua file aplikasi tersebut sama seperti halnya file .exe pada sistem operasi ...
5 comments

Namun sebelum dapat menginstal Google Play Service melalui file APK, ada beberapa hal yang perlu anda periksa, yaitu:

  • Versi Android
  • Jenis arsitektur CPU
  • DPI

Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya:

  1. Pertama, periksa versi Android dengan masuk ke Settings, pilih opsi About Phone lalu lihat pada bagian Android Version.
  2. Periksa jenis arsitektur CPU dan DPI menggunakan aplikasi Droid Hardware Info. Setelah diinstal, nilai DPI bisa anda temukan pada tab Device sedangkan jenis arsitektur CPU bisa anda temukan pada tab System. Perhatikan gambar berikut.
  3. Kemudian aktifkan opsi “Unknown sources” di ponsel anda. Opsi Ini memungkinkan anda untuk menginstal aplikasi dari luar Google Play Store. Di Settings pilih opsi Security, lalu aktifkan opsi Unknown sources.
    Cara Install Google Play Service Android 6

    Untuk Android 8.0 Oreo, lihat caranya di artikel ini: Cara Aktifkan Opsi “Unknown Sources” di Android.

Sekarang buka halaman download Google Play Service di APK Mirror. Pilih versi terbaru tapi sebaiknya jangan versi “beta”.

Cara Instal Google Play Service Di Android 5

Setelah memilih versi, anda akan masuk ke halaman berikutnya untuk memilih file APK yang sesuai dengan perangkat anda. Ingat 3 hal yang sudah anda periksa di atas. Dalam contoh kami:

  • Versi Android: 8.1.0 Oreo
  • Jenis arsitektur CPU: arm64-v8a
  • DPI: 480

Dengan begitu, file APK yang sesuai dengan perangkat kami adalah:

Cara Instal Google Play Service Di Android 6

Jika anda tidak menemukan file APK yang sesuai maka gunakan versi lain yang memiliki lebih banyak varian. Kembali ke halaman utama download Google Play Service di APK Mirror kemudian cari versi yang menyediakan banyak varian.

Periksa setiap versi sampai anda menemukan file APK Google Play Service yang sesuai dengan perangkat anda.

Shares

1
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
pan jol
Guest
pan jol

Tulis Komentar…panjol