Cara Aktifkan Opsi “Unknown Sources” di Android

Cara Aktifkan Opsi Unknown Sources Di Android 3

Sistem operasi Android dilengkapi dengan berbagai macam fitur keamanan, salah satunya berkaitan dengan penginstalan sebuah aplikasi.

Untuk memastikan perangkat Anda selalu aman, Android secara default tidak mengizinkan penginstalan aplikasi dari sumber tidak resmi atau aplikasi yang didapat bukan dari Play Store.

Meskipun begitu, Anda tetap dimungkinkan menginstal aplikasi yang didapat bukan dari Play Store. Caranya adalah dengan mengaktifkan opsi Unknown Sources atau Sumber tidak dikenal.

Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

Cara Instal File APK di Android (Metode Langsung dan via PC)

.apk adalah ekstensi dari aplikasi Android yang berisi semua file aplikasi tersebut sama seperti halnya file .exe pada sistem operasi ...
5 comments

Tentu, dengan mengaktifkan opsi ini, Anda tahu dan siap dengan segala risiko yang mungkin muncul di kemudian hari. Berikut saya jelaskan bagaimana cara mengaktifkan opsi Unknown Sources di ponsel Android.

Mengingat pada Android 8.0 Oreo prosedur keamanan yang berkaitan dengan penginstalan aplikasi mulai berubah, saya akan menulis panduannya menjadi 2 bagian.

Android 7.0 Nougat atau Versi yang Lebih Lama

  1. Buka menu Settings » Security.
  2. Centang kotak Unknown sources. Untuk ponsel yang diatur dalam bahasa Indonesia, opsi ini bernama Sumber tidak dikenal.
    Cara Aktifkan Opsi Unknown Sources Di Android 3
  3. Akan muncul jendela konfirmasi, tekan saja OK.

Catatan: Untuk sebagian besar perangkat Xiaomi, posisi dan penamaan menunya sedikit berbeda. Opsi Unknown Sources di perangkat Xiaomi bisa ditemukan di Settings » Additional settings » Privacy.

Android 8.0 Oreo

Pada Android 8.0 Oreo, prosedur keamanan yang berkaitan dengan penginstalan aplikasi di luar Play Store mulai berubah.

Izin penginstalan aplikasi di luar Play Store tidak lagi berlaku secara menyeluruh melainkan harus dimiliki oleh masing-masing aplikasi.

Sebagai contoh, jika Anda sering menggunakan browser Chrome untuk men-download sekaligus menginstal aplikasi maka Anda perlu memberikan Chrome izin.

Begitu pun dengan File Manager. Jika Anda terbiasa menginstal aplikasi langsung dari File Manager maka Anda perlu memberikan File Manager izin.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Settings » Additional Settings » Device & Privacy.
  2. Selanjutnya pilih Apps Installed from Unknown Sources pada bagian APP INSTALLATION.
    Cara Aktifkan Opsi Unknown Sources Di Android Oreo 3
  3. Jika Anda biasa menggunakan Google Chrome untuk men-download file APK maka aktifkan Chrome pada bagian ini. Ini artinya, Anda memberikan browser Chrome izin untuk menginstal aplikasi. Atau silakan sesuaikan jika Anda menggunkan browser lain, termasuk jika Anda biasa menginstal aplikasi yang Anda terima melalui Bluetooth maka aktifkan opsi Bluetooth pada bagian ini.
    Cara Aktifkan Opsi Unknown Sources Di Android Oreo 4
Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
1 Comment
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
Akbar
Akbar
2 tahun yang lalu

Udah tak download tpi ko ngga bisa di pasang yah?