Cara Instal Ekstensi Google Chrome di Browser Opera

Cara Instal Ekstensi Google Chrome Di Browser Opera

Kebanyakan dari kita mungkin sepakat bahwa Google Chrome adalah browser paling populer saat ini. Tapi saya pribadi, belum bisa mengatakan bahwa Chrome adalah browser terbaik.

Dalam beberapa hal, browser lain saya rasa lebih baik. Seperti Opera contohnya, saya senang menggunakan browser Opera karena ringan, cepat serta mampu mengurangi 50% penggunaan daya baterai laptop.

Google Chrome seperti yang kita tahu mengonsumsi banyak resource (RAM). Sedangkan Opera, kelemahannya mungkin terletak pada keterbatasan ekstensi.

Andai saja Opera punya banyak ekstensi seperti halnya Google Chrome. Mungkin para pencinta Opera akan berkata seperti itu.

Tapi tahukah Anda, Opera saat ini sudah memiliki kemampuan untuk menginstal ekstensi Google Chrome. Ini sama seperti Mozilla, yang memungkinkan Anda untuk menginstal ekstensi Chrome dan Opera di browser Firefox.

Cara Instal Ekstensi Google Chrome Di Mozilla Firefox

Cara Instal Ekstensi Chrome dan Opera di Firefox

Mozilla Firefox adalah browser yang cukup handal dan sampai saat ini pun saya masih menggunakan Firefox untuk segala aktivitas online ...
0 comments

Cara Instal Ekstensi Chrome di Opera

Prosesnya sangat sederhana dan di sini saya akan memberikan contoh ekstensi Google Cast yang nantinya bisa Anda coba instal di Opera setelah mengikuti tutorial ini.

  1. Pertama dan yang terpenting, download dan instal terlebih dahulu browser Opera (jika belum punya).
  2. Berikutnya, instal ekstensi bernama Install Chrome Extensions di browser Opera Anda.
    Install Chrome Extensions
    Install Chrome Extensions
    Developer: Opera Software
    Price: Free
  3. Sekarang buka halaman ekstensi Google Cast.
    Google Cast
    Google Cast
    Developer: google.com
    Price: Free
  4. Anda akan melihat ikon merah di bagian bar URL. Klik ikon tersebut.
  5. Selanjutnya, klik tombol Add to Opera.
  6. Akan muncul pesan This extension was disabled because it is from an unknown source. Klik saja tombol Go.
  7. Anda akan diarahkan ke halaman ekstensi Opera, yang juga dapat dikunjungi dengan masuk ke menu View » Show Extensions.
  8. Sekarang, klik Install pada ekstensi Google Cast. Opera akan meminta Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda ingin menambahkan ekstensi dari sumber yang tidak diketahui, klik saja Install.

Selesai, ekstensi Google Cast sekarang sudah bisa digunakan di browser Opera Anda. Jika masih kurang jelas, simak video berikut ini:

Tidak Semua Ekstensi Bisa Diinstal

Hal ini tidak berarti Anda dapat menginstal semua ekstensi Chrome di Opera. Masih banyak ekstensi yang tidak mendukung jika Anda coba mengintsalnya di Opera.

Sebagai contoh, ekstensi Picture in Picture Viewer yang cukup populer di Chrome, yang memungkinkan Anda untuk menonton video YouTube dalam modus PiP tidak dapat diinstal di Opera.

Opera juga tidak mendukung aplikasi-aplikasi Chrome. Jadi fungsi yang saya jelaskan di atas hanya berlaku untuk ekstensi saja.

Cara Instal Ekstensi Google Chrome Di Browser Opera 1

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments