Cara Blokir Panggilan Tak Dikenal di iPhone tanpa Aplikasi

Cara Blokir Panggilan Tidak Dikenal Di Iphone Tanpa Aplikasi

iPhone menawarkan cara mudah bagi Anda untuk memblokir penelepon melalui nomor mereka. Jadi, jika Anda sering menerima panggilan yang mengganggu, Anda dapat dengan mudah memblokirnya.

Sekarang, bagaimana jika Anda ingin iPhone secara otomatis memblokir semua panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau katakanlah nomor yang tidak terdaftar di kontak iPhone Anda? Mudah sekali, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Blokir Panggilan Tidak Dikenal dengan Fitur “Do Not Disturb”

Ketika misalnya Anda sedang bekerja, fitur Do Not Disturb di iPhone akan sangat berguna karena memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda. Anda tidak akan diganggu oleh notifikasi setiap kali ada pesan atau panggilan masuk.

Fitur Do Not Disturb ini dapat dijadwalkan, atau bisa juga diaktifkan secara manual. Dalam kasus kali ini kita akan coba menggunakan fitur ini untuk memblokir panggilan/telepon dari nomor yang tidak dikenal atau tidak terdaftar di kontak iPhone Anda.

Harap diingat bahwa yang saya maksud dengan memblokir di sini bukan berarti nomor yang tidak dikenal tidak bisa menghubungi Anda, lebih tepatnya adalah Anda tidak akan menerima notifikasi baik itu berupa dering atau getaran di iPhone ketika nomor tersebut menghubungi Anda.

  1. Pada iPhone Anda, buka Settings » Do Not Disturb. Untuk mengaktifkannya, geser toggle yang ada disamping tulisan Manual hingga berubah warna menjadi hijau.
    Cara Blokir Panggilan Tidak Dikenal Di Iphone Tanpa Aplikasi 1
  2. Berikutnya, tekan pada Allow Calls From. Secara default, pengaturan untuk opsi ini mungkin Favorite, yang perlu Anda lakukan adalah mengubahnya menjadi All Contacts.
    Cara Blokir Panggilan Tidak Dikenal Di Iphone Tanpa Aplikasi 2
  3. Kembali ke layar Do Not Disturb, pada bagian SILENCE pilih opsi Always. Opsi ini berfungsi agar Anda tidak mendapatkan panggilan dari nomor yang tidak dikenal, bahkan jika kondisinya ponsel Anda sedang digunakan/menyala.
    Cara Blokir Panggilan Tidak Dikenal Di Iphone Tanpa Aplikasi 3

Selesai! Karena sekarang fitur Do Not Disturb dalam keadaan aktif maka Anda tidak akan menerima notifikasi panggilan dari penelepon dengan nomor yang tidak dikenal.

Panggilan Berulang

Satu-satunya kelemahan dari metode yang saya jelaskan di atas adalah Anda benar-benar tidak akan menerima notifikasi panggilan dari nomor yang tidak dikenal, tidak peduli siapa yang menelepon Anda.

Ketika misalnya ada keluarga atau teman Anda yang sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan bantuan Anda lalu mereka menelepon menggunakan nomor yang tidak dikenal, katakanlah mereka menelepon menggunakan nomor orang lain, maka Anda tetap tidak akan menerima notifikasi panggilan.

Untungnya, iPhone menyediakan opsi khusus untuk mengatasi situasi seperti ini yang disebut Repeated Calls. Opsi ini bisa Anda temukan di halaman pengaturan yang sama yaitu Do Not Disturb.

Aktifkan opsi ini, maka ketika seseorang yang dalam keadaan darurat menelepon Anda untuk kedua kalinya dalam kurun waktu 3 menit, panggilan kedua tersebut tidak akan di-silence.

Cara Blokir Panggilan Tidak Dikenal Di Iphone Tanpa Aplikasi 4

Image credit: beebom.com

Shares

3
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
2 Comment threads
1 Thread replies
2 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
gues
Guest
gues

bagaimana cara seperti di atas untuk aplikasi whatsaap? trimakasih

Harry
Guest
Harry

Bagus!