Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

PUGAM.com – Apakah Anda lupa password dan tidak bisa login ke akun Facebook Anda? Atau sebetulnya masih ingat tetapi Anda tidak bisa login? Itu adalah dua kondisi yang berbeda, di mana kondisi kedua ada kemungkinan akun Facebook Anda telah dibajak dan seseorang telah mengganti password akun Anda.

Dalam artikel kali ini saya akan coba memandu Anda, baik itu yang mengalami kondisi pertama ataupun kedua. Anda masih dimungkinkan untuk mendapatkan kembali akses ke akun Facebook Anda, entah itu Anda lupa password ataupun seseorang telah mengganti password Anda.

1. Apakah Anda Masih Login di Perangkat yang Lain?

Sebelum Anda mencoba untuk memulihkan akun Anda, periksa terlebih dahulu apakah Anda masih login di perangkat yang lain. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda sudah benar-benar kehilangan akses ke akun Facebook Anda.

Periksa mulai dari setiap browser di ponsel Anda sampai dengan perangkat mobile lain yang mungkin sering Anda gunakan untuk bermain Facebook. Jangan lupa periksa juga perangkat desktop seperti PC atau laptop yang sering Anda gunakan untuk bermain Facebook.

Jika sudah dipastikan dan Anda tidak dalam keadaan login di semua perangkat, lanjut ke poin 2.

2. Apakah Anda Sudah Mencoba Opsi Recovery Account?

Sekarang saya akan coba memandu Anda untuk menggunakan opsi pemulihan akun yang disediakan oleh Facebook. Jika dimungkinkan, gunakan jaringan atau perangkat yang Anda gunakan untuk login terakhir kali ke akun Facebook Anda agar proses pemulihan bisa lebih cepat.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi akun Anda. Buka halaman pemulihan akun Facebook, jika Anda menggunakan jaringan dan perangkat yang baru maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Temukan akun Facebook Anda menggunakan alamat email atau nomor telepon yang sebelumnya Anda daftarkan di akun Facebook tersebut. Setelah ditemukan, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda menggunakan jaringan dan perangkat yang Anda gunakan terakhir kali login maka tampilannya juga akan langsung seperti ini.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Sebelum melanjutkan, PASTIKAN bahwa itu benar-benar akun Facebook Anda. Jika Anda memasukkan nomor telepon di informasi kontak Facebook Anda sebelumnya maka opsi untuk mengirim kode ke ponsel akan tersedia, itulah pentingnya nomor telepon di sini.

Silakan pilih metode yang disediakan, apakah Facebook harus mengirimkan kode pemulihan ke email Anda atau ke ponsel Anda. Facebook juga menyediakan opsi yang lebih cepat yaitu melalui akun Yahoo Anda. Tinggal masuk ke akun Yahoo Anda maka Anda sudah bisa mengatur ulang password dengan cepat.

Jika sudah memilih, tekan tombol Lanjutkan. Jika Anda memilih opsi email dan nomor telepon, masukkan kode yang telah Facebook kirimkan.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Jika kode tak kunjung Anda terima, klik opsi Didn’t get a code di bagian bawah kiri layar. Jika berhasil, maka Anda dapat mengatur ulang password. Jangan lupa, gunakan password yang kuat, setelah itu perbarui informasi kontak Anda.

5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengamankan Akun Facebook

5 Langkah Ini Membuat Akun Facebook Anda Sulit Dibajak Orang Lain!

PUGAM.com – Di tahun 2017 ini siapa yang tidak aktif di media sosial? Saya yakin hampir semua dari kita adalah ...
0 comments

Cara di atas bisa saja tidak berhasil, terutama ketika si pembajak telah mengganti alamat email dan nomor telepon di akun Facebook Anda. Dalam kondisi seperti itu, katakanlah Anda tidak memiliki akses ke alamat email dan nomor telepon yang disediakan Facebook untuk pemulihan akun.

Pada halaman pemulihan akun, pilih opsi Tidak Dapat Mengakses Email atau Ponsel? di bagian bawah kiri layar.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Jika sebelumnya Anda telah menyiapkan kontak terpercaya, di mana Anda telah memilih 3-5 orang teman Anda untuk dikirimi kode pemulihan akun oleh Facebook maka akan muncul layar seperti ini.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Masing-masing dari teman yang Anda pilih (minimal 3 orang) akan dikirimi tiga kode yang berbeda. Anda hanya perlu memasukkan ketiga kode tersebut di kolom yang telah disediakan. Silakan tanyakan pada teman yang sebelumnya telah Anda pilih.

Jika Anda tidak mengaktifkan opsi kontak terpercaya, Anda mungkin diharuskan untuk menjawab pertanyaan keamanan yang sebelumnya telah Anda atur. Cara ini lebih lama karena biasanya Anda harus menunggu setidaknya 24 jam untuk mendapatkan kembali akses ke akun Facebook.

4. Apakah Akun Anda Dibajak dan Telah Mengirimkan Postingan Spam?

Segala bentuk aktivitas yang dilakukan si pembajak menggunakan akun Anda, seperti mengirimkan permintaan pertemanan, mengomentari sebuah postingan atau mengirimkan sebuah postingan bisa Anda laporkan di HALAMAN BERIKUT.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Klik tombol My Account Is Compromised untuk melanjutkan proses. Facebook selanjutnya akan menyediakan beberapa opsi termasuk opsi yang sama yang telah saya jelaskan pada poin sebelumnya.

Facebook juga bisa saja memungkinkan Anda untuk menggunakan password yang lama untuk dapat masuk ke akun Facebook Anda. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Kunjungi halaman Pusat Bantuan Facebook jika Anda masih membutuhkan banyak informasi terkait pemulihan akun, atau lanjut ke poin berikutnya.

5. Apakah Anda Masih Tidak Bisa Masuk?

Jika semua metode yang telah saya jelaskan di atas tidak berhasil, harapan terakhir adalah berkomunikasi langsung dengan pihak Facebook. Anda bisa mencoba mengirim email ke alamat security@facebookmail.com, isi email adalah menjelaskan situasi yang sedang Anda alami.

Dalam hal ini, pihak Facebook biasanya tetap harus mengonfirmasi identitas Anda. Anda bisa saja diminta untuk mengirimkan foto KTP atau SIM. Cara ini bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu tergantung dari banyak faktor.

Catatan: Jika akun Facebook Anda tidak menggunakan nama asli sesuai kartu identitas Anda maka cara ini tidak akan berhasil.

Jika semua cara yang telah dijelaskan di sini tidak berhasil berarti itu tandanya Anda harus membuat akun Facebook baru!

Belajar dari kesalahan dan tingkatkan keamanan akun Facebook baru Anda dengan cara yang telah saya jelaskan dalam artikel 5 Langkah Ini Akan Membuat Akun Facebook Anda Sulit Dibajak Orang Lain!.

Shares

4
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
3 Comment threads
1 Thread replies
2 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Pismeell
Guest
Pismeell

Akun tidak terlihat..email dan sandi ny lupa

Pismeell
Guest
Pismeell

Akun tidak terdsteksi email dan sandi lupa

Nasroh
Guest
Nasroh

Tolong dong fb saya tidak bia d pulihkan, gimana caranya???