5 Langkah Ini Membuat Akun Facebook Anda Sulit Dibajak Orang Lain!

5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengamankan Akun Facebook

PUGAM.com – Di tahun 2017 ini siapa yang tidak aktif di media sosial? Saya yakin hampir semua dari kita adalah pengguna aktif media sosial, terutama Facebook. Tapi adakah dari kita yang peduli dengan faktor keamanannya?

Ketika misalnya Anda login ke akun Facebook Anda, tetapi username dan atau password Anda tidak lagi bekerja, apa yang akan Anda lakukan? Panik? Memang sudah sewajarnya Anda panik karena kemungkinan besar seseorang telah mengubah username dan atau password Anda.

Meskipun Facebook berusaha membuat semuanya menjadi mudah, mendapatkan kembali akses ke akun Facebook yang dibajak tidaklah mudah. Semua tergantung dari cara Anda merawat akun Facebook Anda sebelumnya.

Merawat? Maksudnya? Facebook menyediakan banyak konfigurasi, termasuk konfigurasi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan akun Anda. Saya lebih suka menyebutnya sebagai “Tindakan Pencegahan”.

Jika Anda mampu mengatur atau mengonfigurasi semua itu dengan benar maka sebetulnya Anda telah melakukan tindakan pencegahan. Akun Facebook Anda dengan akun Facebook teman Anda bisa saja berbeda dalam hal tingkat keamanannya. Dalam hal ini, isitlah “Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati” juga berlaku.

Sesuai judulnya, dalam artikel kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara mendapatkan kembali akses ke akun yang dibajak, semua itu bisa Anda baca di artikel Akun Facebook Kena Hack? Lakukan 5 Langkah Ini!.

Untuk artikel yang sekarang, saya hanya akan fokus pada tindakan pencegahannya saja atau apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Selain untuk mengamankan akun Facebook Anda (tindakan pencegahan), 5 langkah yang saya jelaskan di sini juga nantinya akan memudahkan Anda dalam memulihkan akun yang telah dibajak.

1. Perbarui Informasi Kontak Anda

Langkah pertama ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam hal memulihkan akun Facebook Anda yang telah dibajak. Pada halaman Info Kontak dan Dasar, Facebook telah menyediakan informasi kontak alternatif yang harus Anda isi khusus untuk alamat email dan nomor telepon.

Fungsinya untuk apa? Ketika misalnya akun Anda dibajak dan Anda tidak lagi memiliki akses ke alamat email serta nomor telepon utama, Facebook akan menggunakan kontak alternatif Anda untuk mengirimkan informasi pemulihan akun.

Jika Anda belum memasukkan informasi kontak alternatif, saya sarankan sekarang juga Anda isi dengan alamat email dan nomor telepon cadangan yang AKTIF. Caranya, buka link ini https://www.facebook.com/username/info (ganti username dengan username akun Facebook Anda), atau perhatikan gambar di bawah ini.

5 Langkah Mengamankan Akun Facebook

Buka halaman profil akun Facebook Anda kemudian masuk ke tab Tentang » Informasi Kontak dan Dasar.

Dimulai dari Telepon Selular, untuk menambahkan nomor telepon cadangan (alternatif), klik label Sunting yang ada di sebelah kanan tulisan Telepon Selular kemudian klik pada + Tambahkan nomor telepon lain dan silakan masukkan nomor telepon cadangan (alternatif) yang AKTIF. Jika sudah jangan lupa untuk menekan tombol Simpan Perubahan.

5 Langkah Mengamankan Akun Facebook

Sekarang klik label Sunting di sebelah kanan tulisan Email kemudian pilih + Tambah / Hapus Email.

5 Langkah Mengamankan Akun Facebook

Selanjutnya, klik pada tulisan Tambahkan email atau nomor seluler lainnya. Akan muncul jendela baru dan silakan isikan alamat email alternatif.

Cara lain adalah dengan membuka menu Pengaturan » Umum kemudian klik label Sunting di sebelah kanan tulisan Kontak. Selanjutnya, klik tulisan Tambahkan email atau nomor seluler lainnya.

Perlu diingat, untuk mengubah data pribadi ini Anda harus memasukkan ulang kata sandi Anda. Ini untuk memastikan tidak ada yang bisa mengubah data pribadi Anda jika kata sandi tidak diketahui.

Jika Anda menambahkan alamat email baru (alternatif) maka konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email utama Anda sebagai bentuk pencegahan keamanan, konfirmasi ini berisi link yang memungkinkan Anda untuk membatalkan permintaan penambahan alamat email baru jika dalam kasus si pembajak yang meminta penambahan alamat email baru.

Sedangkan untuk menambahkan nomor ponsel baru (alternatif), Facebook akan mengirimkan pesan teks (SMS) yang berisi kode konfirmasi ke nomor yang baru tersebut. Anda harus memasukkan kode tersebut untuk memverifikasi nomor yang baru Anda tambahkan.

Informasi kontak ini nantinya dapat digunakan untuk memulihkan akun Facebook Anda jika suatu saat dibajak. Untuk cara pemulihannya akan saya jelaskan pada artikel yang lain.

2. Rutin Memperbarui Password

Memiliki atau menggunakan password yang lemah pada akun Facebook menempatkan diri Anda pada risiko keamanan yang sangat besar. Termasuk kebiasaan menggunakan password yang sama untuk semua akun online Anda di internet. Selain itu, Anda pun harus secara teratur memperbarui password ini.

Untuk memperbarui password Anda, buka menu Pengaturan » Keamanan dan Info Masuk » Ganti Kata Sandi. Masukkan password Anda saat ini, diikuti dengan memasukkan password baru. Klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan.

Cara tebaik dalam mengelola password Anda adalah dengan menggunakan password manager. Silakan baca penjelasan saya tentang apa itu password manager dan trik dalam membuat password kuat yang mudah diingat di bawah ini.

[pg_posts id=”9979″ posts_per_page=”1″]

3. Aktifkan Peringatan Masuk dari Perangkat Tak Dikenal

Jika opsi ini diaktifkan, Facebook akan mengirimkan pemberitahuan melalui email atau pesan teks (SMS) mengenai aktivitas login di akun Facebook Anda dari perangkat atau lokasi yang tidak dikenal. Cara mengaktifkannya, buka menu Pengaturan » Keamanan dan Info Masuk » Penyiapan Keamanan Ekstra » Dapatkan peringatan tentang masuk tak dikenal.

Klik tombol sunting, kemudian pilih opsi Dapatkan pemberitahuan dan juga Kirimkan peringatan masuk melalui email.

4. Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi Dua Faktor adalah metode login yang lebih aman. Metode ini menerapkan dua langkah pengamanan. Selain password yang harus sesuai, Facebook akan mengirimkan pesan teks (SMS) ke nomor yang Anda daftarkan, berisi kode verifikasi untuk masuk.

Jika seseorang berhasil mencuri password Anda, mereka tidak akan bisa masuk jika tidak mengetahui kode verifikasi yang Facebook kirimkan. Sebagian besar pengguna memang tidak akan menyukai metode ini karena dianggap lebih ribet, tetapi jika Anda benar-benar ingin mengamankan akun Facebook Anda, saya sarankan agar Anda mengaktifkan opsi ini.

Caranya, buka menu Pengaturan » Keamanan dan Info Masuk » Penyiapan Keamanan Ekstra » Gunakan autentikasi dua-faktor. Klik tombol Sunting kemudian klik tulisan Aktifkan pada bagian Pesan Teks (SMS).

5 Langkah Mengamankan Akun Facebook

5. Pilih 3-5 Teman untuk Dihubungi Ketika Anda Tidak Bisa Masuk

Facebook menyediakan opsi yang memungkinkan Anda untuk memilih 3 sampai 5 orang teman yang Anda percayai. Ketika Anda tidak bisa masuk ke akun Facebook Anda, Facebook akan mengirimkan URL pemulihan unik ke masing-masing teman Anda ini sehingga Anda bisa kembali mendapatkan akses ke akun Anda nantinya.

Buka menu Pengaturan » Keamanan dan Info Masuk » Penyiapan Keamanan Ekstra kemudian klik tombol Sunting di sebelah kanan tulisan Pilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika Anda terkunci di luar akun.

5 Langkah Mengamankan Akun Facebook

Agar konfigurasi dapat berjalan dengan baik, silakan log out terlebih dahulu dari akun Facebook Anda kemudian login kembali.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments