Yuk Berkenalan dengan Versi Terbaru dari Robot Atlas

Yuk Berkenalan dengan Versi Terbaru dari Robot Atlas

PUGAM.com – Setelah berhasil menciptakan robot BigDog dan Atlas, kini Boston Dynamics perusahaan robotika terkemuka kembali menciptakan sebuah robot yang disebut sebagai generasi terbaru dari robot Atlas.

Atlas adalah robot humanoid dengan tinggi 1,8 meter yang didesain untuk misi pencarian atau penyelamatan. Boston Dynamics memperkenalkan robot Atlas pada tanggal 11 Juli 2013.

Generasi terbaru dari robot Atlas kali ini lebih pendek dan memiliki berat sekitar 90 kg.

Pihak Boston Dynamics sendiri belum menamai robot terbarunya ini, namun mereka telah memperlihatkan sedikit demo tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh robot tersebut.

Dalam video, robot yang di desain untuk beroperasi di ruang terbuka ini mampu menjaga keseimbangannya ketika berjalan di atas salju. Selain itu, robot ini dapat mengangkat kotak dengan berat 5 kg.

Yuk Berkenalan dengan Versi Terbaru dari Robot Atlas

Tak hanya itu, dia bahkan mengerti bagaimana caranya membuka pintu dan yang paling menarik adalah, ketika sang pengembang menguji keseimbangan robot ini dengan mendorongnya menggunakan tongkat dari arah depan, robot sempat mundur beberapa langkah namun tak sampai terjatuh.

Ketika dia didorong dari arah belakang dan kali ini terjatuh, dengan cepat dia mampu berdiri ke posisi semula.

Sebelumnya, banyak tim yang telah menggunakan robot Atlas dengan software dan sistem yang mereka kembangkan sendiri.

Namun sejauh ini robot Atlas tidak mampu berdiri kembali ketika terjatuh dan mereka harus me-reset ulang sistem serta mengembalikan posisi robot secara manual.

Boston Dynamic merupakan anak perusahaan dari Alphabet Inc. yang juga menjadikan Google sebagai anak perusahaannya. Dengan robot ini, mereka berhasil menggenapkan koleksi robotnya menjadi 10 jenis.

Robot lain yang lebih dulu mereka ciptakan adalah, LS3, Atlas, Petman, Cheetah, BigDog, Sandflea, Rhex, RiSe dan LittleDog.

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=rVlhMGQgDkY” autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments