Cara Isi Ulang Kuota Internet Mifi Andromax M3Y dan M3Z

Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z

Disclaimer: Artikel ini dibuat pada bulan Februari 2017, mungkin ada beberapa informasi yang sudah tidak relevan.

Bagi Anda yang sekarang telah memiliki perangkat MiFi Andromax M3Y atau M3Z, pasti tahu tentang bonus kuota internet sebesar 30 GB yang didapat setelah melakukan aktivasi. Bagi yang belum tahu dan berencana untuk membeli perangkat ini, saya sarankan Anda membaca dua artikel ini:

Konfigurasi Modem Smartfren MIFI Andromax M3Y & M3Z

Cara Setting Modem Smartfren Mifi Andromax M3Y & M3Z

Masih bingung dengan pengaturan modem Smartfren MiFi Andromax M3Y atau M3Z yang baru Anda beli? Jangan khawatir, artikel kali ini ...
135 comments
Cara Aktivasi Modem Smartfren MIFI Andromax

Cara Aktivasi Modem Smartfren Mifi Andromax

Smartfren termasuk penyedia layanan telekomunikasi dengan penyebaran jaringan 4G LTE yang paling luas di Indonesia. Selain melalui ponsel Andromax, layanan ...
79 comments

Pada artikel “Cara Aktivasi Modem Smartfren MiFi Andromax”, Anda bisa melihat rincian bonus yang akan Anda dapatkan setelah melakukan aktivasi kartu.

Berbicara mengenai bonus, MiFi Andromax M3Z yang saya gunakan sudah berumur satu bulan dan meskipun bonus kuota utama masih tersisa, saya tetap harus melakukan pengisian pulsa untuk memperpanjang masa aktifnya.

Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z

Untuk mengisi ulang kuota internet MiFi ini sangat mudah dan pada dasarnya semua perangkat MiFi Andromax cara pengisiannya sama. Saat Anda membeli perangkat modem MiFi, pasti disertai dengan kartu perdana yang harus Anda aktivasi.

Kartu tersebut sebenarnya telah di-bundling dengan paket data internet Connex EVO. Jadi, setiap pulsa yang masuk akan secara otomatis dikonversi menjadi data internet dengan tetap mengacu pada daftar harga paket internet Connex EVO.

Berikut adalah daftar harga paket internet Connex EVO:

Harga (Rp)Volume/KuotaBonus Internet Malam
(01:00 – 06:59 WIB)
Masa Berlaku
1.00020 MB1 Hari
5.000100 MB
10.000250 MB15 Hari
20.000500 MB30 Hari
50.0001,75 GB
60.0002 GB12 GB
100.0005 GB
150.0009 GB
300.00018 GB + 12 GB
(Bonus Berlaku 24 Jam)

Daftar harga paket di atas didapat langsung dari situs resmi Smartfren per tanggal 4 Februari 2017 dan tidak akan selalu saya perbarui. Untuk tahu jika ada perubahan daftar harga, kunjungi langsung halaman resminya. Jangan lupa baca juga bagian Syarat & Ketentuannya untuk paket Connex EVO ini, penting!!

Paket internet Connex EVO ini berbasis volume data, jadi tidak unlimited dan tidak ada paket Connex EVO yang unlimited. Setelah Anda tahu daftar harga paket internet Connex EVO, lakukan pengisian pulsa seperti biasa sesuai dengan harga paket di atas.

Catatan:

  • Karena sifatnya yang otomatis, di mana setiap pulsa yang masuk akan langsung dikonversi menjadi kuota internet maka pengisian pulsa harus dilakukan satu kali. Misalnya, Anda ingin mengisi kuota internet MiFi Anda dengan data 2 GB + bonus internet malam 12 GB, maka Anda harus melakukan pengisian pulsa langsung Rp60.000, tidak bisa Rp20.000 sebanyak tiga kali. Untuk paket dengan harga 100, 150, dan 300 ribu pun sama seperti itu, harus satu kali.
  • Anda dapat membeli pulsa dalam bentuk voucher atau pulsa elektrik biasa.

Cara Isi Pulsa dalam Bentuk Voucher

Pulsa elektrik adalah metode yang paling mudah, tapi jika Anda terlanjur membeli voucher, Anda bisa melakukan Top Up lewat aplikasi Mylink atau Web Admin di browser komputer Anda.

Top Up Lewat Aplikasi Mylink

  1. Buka aplikasi Mylink di smartphone Anda dan silakan login seperti biasa.
  2. Pada layar utama, pilih menu MY SMARTFREN.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z
  3. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian top up/payment.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z
  4. Selanjutnya, pilih Top Up Voucher.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z
  5. Silakan masukkan nomor Smartfren Anda dan kode voucher. Jika sudah, tekan tombol Top Up Voucher.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z

Top Up Lewat Web Admin di Browser Komputer

  1. Buka Web Admin untuk masing-masing MiFi di browser, Anda yang menggunakan M3Z buka http://andromax.m3z dan Anda yang menggunakan M3Y buka http://andromax.m3y.
  2. Login seperti biasa, kemudian pilih menu MY SMARTFREN di layar utama.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z
  3. Pilih top up/payment.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z
  4. Selanjutnya, pilih Top Up Voucher.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z
  5. Silakan masukkan nomor Smartfren Anda beserta dengan kode voucher. Jika sudah, tekan tombol Top Up Voucher.
    Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z

Pulsa Rp20.000 Hanya Memperpanjang Masa Aktif 1 Minggu!

Menurut saya, ada ketidaksesuaian di sini. Jika kita mengacu pada daftar harga paket internet di atas, maka untuk menambah masa aktif 1 bulan kita hanya perlu melakukan pengisian pulsa Rp20.000. Betul tidak?

Sayangnya, ketika saya coba isi ulang pulsa Rp20.000, masa aktif hanya bertambah 1 minggu! Ya, HANYA SATU MINGGU!

Di bagian Syarat dan Ketentuan layanan Connex EVO pun dijelaskan demikian, kuota internet Connex EVO yang didapat dari pengisian ulang pulsa Rp20,000 keatas berlaku selama 30 Hari.

Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z

Kuota internet yang didapat memang benar 500 MB, tetapi masa aktifnya hanya SATU MINGGU.

Akhirnya saya kembali melakukan pengisian pulsa, kali ini yang Rp60.000 agar perpanjangan masa aktif benar-benar 1 bulan. Setelah isi pulsa Rp60.000, masa aktif memang diperpanjang 1 bulan dan selain bonus kuota malam 12 GB, saya juga dapat bonus kuota utama sebesar 1 GB yang bisa dipakai 24 jam!

Beli Pulsa Rp60.000 Dapat Bonus Kuota Utama 1 GB

Ini hal aneh yang kedua, tetapi kali ini menguntungkan saya. Sebetulnya, pada tabel daftar paket di atas tidak dicantumkan tentang bonus kuota 1 GB ini dan saya cek pada bagian syarat dan ketentuan pun tidak disebutkan ada bonus 1 GB ketika membeli paket yang Rp60.000.

Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z

Lihat gambar di atas, sebelum melakukan pengisian pulsa Rp60.000, sisa kuota utama saya adalah 3712 MB, bonus kuota malam 0 KB dan bonus kuota internet 0 KB. Setelah melakukan pengisian pulsa Rp60.000 saya dapat kuota utama 2 GB, bonus kuota malam 12 GB dan bonus kuota internet (24 jam) 1 GB. Angka bonus di atas sudah terpakai, jadi sisanya tinggal 645 MB.

Dan informasi yang saya tahu, memang ada bonus kuota internet setiap bulannya bagi pengguna baru MiFi Andromax ini. Bonus tersebut akan kita dapatkan pada bulan ke-2 sampai bulan ke-13 JIKA kita melakukan pengisian pulsa minimal Rp100.000.

Jadi, jika kita melakukan pengisian pulsa minimal Rp100.000 pada bulan ke-2 sampai ke-13, kita akan dapat kuota internet sebesar 19 GB dengan rincian 7 GB kuota utama (24 jam) dan 12 GB kuota internet malam. Artinya, ada bonus kuota utama sebesar 2 GB.

Nah, untuk kasus saya, dari mana datangnya bonus kuota 1 GB saat saya melakukan pengisian pulsa Rp60.000? Mungkin memang ada informasi yang belum saya tahu dan mudah-mudahan bukan saya saja yang mendapatkan bonus ini, tapi juga Anda.

Saran saya, ketika misalnya masa aktif kuota internet MiFi Anda akan habis tetapi kuota utama masih tersisa, lebih baik langsung melakukan pengisian pulsa yang Rp50.000, Rp60.000 atau Rp100.000 sekaligus membuktikan apakah kuota yang Anda dapat benar 19 GB atau hanya 17 GB.

Isi Ulang Pulsa Tidak Otomatis Menjadi Kuota?

Artikel tentang “Cara Isi Ulang Kuota Internet MiFi Andromax M3Y dan M3Z” ini dibuat sudah cukup lama yaitu pada bulan Februari 2017. Tentu ada beberapa informasi yang sudah berubah termasuk informasi mengenai Daftar Harga Paket yang saya share di atas dalam bentuk tabel.

Itulah kenapa saya menambahkan keterangan bahwa jika Anda ingin tahu daftar harga paket Connex EVO terbaru, kunjungi halaman resminya langsung.

Ada juga beberapa orang yang mengeluhkan bahwa ketika mereka isi ulang pulsa atau top up, pulsa TIDAK otomatis menjadi kuota.

Apakah Anda mengalami hal serupa?

Terus terang, saya sendiri saat ini sudah tidak menggunakan perangkat MiFi dan dulu untuk isi kuota MiFi ini memang sesederhana itu, cukup isi pulsa seperti biasa dan pulsa akan otomatis dikonversi menjadi kuota tapi sekarang sepertinya sedikit berbeda.

Saya coba tanyakan permasalahan tersebut ke pihak Smartfren via Facebook tapi jawabannya kurang begitu meyakinkan.

Akhirnya ada salah satu pengunjung blog ini yang memberitahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Coba ikuti cara yang dijelaskan oleh mba di bawah ini.

Isi Pulsa Tidak Otomatis Menjadi Kuota Internet

Shares1

84
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
48 Comment threads
36 Thread replies
3 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
47 Comment authors
Siti fauziahBiralie NugrahaFajar hadiArnandoBiralie Nugraha Recent comment authors
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Siti fauziah
Guest
Siti fauziah

Saya mau tanya, saya habis isi pulsa mifi m3z saya 50rb tapi pulsanya ga langsung jadi kuota. Ada yang tau cara daftar kuotanya? Saya udah ada aplikasi mylink m3z nya cuma saya kurang paham. Mohon di jawab yaa, terimakasih.

Fajar hadi
Guest
Fajar hadi

Gan saya beli paket unlimited yg 50rb tapi kenapa yaa gabisa saya gunakan

Arnando
Guest
Arnando

Kok saya gak bs buka mysmartfren ya.. Katanya webpage not available.. Mau isi kuota via web kok linknya laen.. http://andromax.m3y

Wiguna
Guest
Wiguna

Gan mau nanya gimana cara beli paket unlimited untuk modem ?

Bayu anggi prabowo
Guest
Bayu anggi prabowo

Saya kemarin beli paket data voucher, setelah saya masukan kode voucher, tidak bisa di top up….

mohon bantuanya

Romando
Guest
Romando

Apakah mifi ini bisa menggunakN kartu Smartfren yg sudah GSM

Ardamsyah
Guest
Ardamsyah

Mau tanya kalo kartu dari MIFI nya udah masa tenggang 2bulan itu masih bisa di gunakan atau ganti kartu lagi ya biar bisa digunakan??..

Mohon bantuannya

Aya
Guest
Aya

kenapa saat sudah saya paketkan malah tidak bisa internetan?
tolong dijawab ya mas?

Kokoh
Guest
Kokoh

Gan punya saya kuota habis sampe 0 kb dan saya dah isi pulsa 60rb mau dipaketin lewat my smartfren tapi gabisa gara gara paket nya 0 nah cara paketin nya gimana ya?

Desy
Guest
Desy

Untuk kuota malem nya dri jam brp sampai jam brpa ya bisa dipake nya , saya sudah jam 12 lewat ttep gak bisa tersambung . .. tks