Tes Koneksi dan Kecepatan MIFI Andromax M3Z

Tes Koneksi dan Kecepatan MIFI Andromax M3Z

Tes Koneksi dan Kecepatan MIFI Andromax M3Z

PUGAM.com – Di era yang serba online ini, siapa yang tak butuh koneksi internet? Sebagian besar dari kita tanpa sadar telah menjadikan internet atau lebih tepatnya “koneksi internet” sebagai kebutuhan pokok, termasuk saya. Fakta itulah yang memicu pertumbuhan industri telekomunikasi di dalam negeri.

Dengan banyaknya provider yang menawarkan layanan internet, terkadang malah membuat kita menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Dan kali ini, tanpa bermaksud menyimpulkan, saya akan coba berbagi pengalaman dalam menggunakan layanan internet yang ditawarkan oleh salah satu provider di Indonesia, yaitu Smartfren.

Untuk layanan internet, Smartfren sendiri termasuk provider yang kini sudah hampir sepenuhnya beralih ke jaringan 4G LTE. Penyebarannya pun termasuk yang terluas dengan hampir 200 kota di seluruh Indonesia. Layanan internet 4G LTE Smartfren dapat dinikmati melalui berbagai macam perangkat, mulai dari smartphone hingga modem.

Khusus untuk modem, baru-baru ini saya mencoba perangkat modem MIFI Andromax M3Z dari Smartfren. Belum genap satu minggu memang, namun saya anggap sudah cukup untuk dapat memberikan penilaian tentang koneksi dan kecepatannya. Saya tekankan kembali, artikel ini tidak bermaksud menyimpulkan, namun tetap layak untuk dijadikan acuan atau referensi dalam memilih provider yang tepat.

Tes Kestabilan Koneksi MIFI Andromax M3Z di Jaringan 4G LTE

Untuk tes koneksi ini, saya hanya menilai kestabilan jaringan ketika digunakan untuk browsing, streaming, uploading dan downloading. Sebelum itu, Anda perlu tahu dulu bahwa faktor utama yang menentukan kestabilan jaringan adalah LOKASI, kedua adalah kualitas jaringan itu sendiri.

Jadi, hasil dari pengujian di tempat saya belum tentu sama dengan pengujian di tempat Anda. Lokasi saya sendiri termasuk dataran tinggi, yaitu Parongpong, Bandung Barat, dekat dengan Lembang.

Dan di sini sepenuhnya telah ter-cover oleh jaringan 4G LTE Smartfren. Hari pertama saya menggunakan modem ini,  lampu indikator sinyal pada modem berwarna biru, artinya sinyal kuat > = -150dbm. Sinyal kuat tidak menjamin kestabilan.

Di sini, saya menggunakan provider lain sebagai pembanding, yaitu IM3 Ooredoo yang juga beroperasi pada jaringan 4G LTE dan mari kita lihat hasilnya:

Smartfren MIFI Andromax M3Z (4G LTE)

Kestabilan Koneksi Smartfren 4G LTE saat Streaming

Grafik koneksi Smartfren saat digunakan untuk streaming video YouTube

Kestabilan Koneksi Smartfren 4G LTE saat Uploading

Grafik koneksi Smartfren saat digunakan untuk uploading

Kestabilan Koneksi Smartfren 4G LTE saat Downloading

Grafik koneksi Smartfren saat digunakan untuk downloading

IM3 Ooredoo 4G Plus (4G LTE)

Stabilitas Koneksi IM3 Oredoo saat Streaming

Grafik koneksi IM3 Ooredoo saat digunakan untuk streaming video YouTube

Stabilitas Koneksi IM3 Oredoo saat Uploading

Grafik koneksi IM3 Ooredoo saat digunakan untuk uploading

Stabilitas Koneksi IM3 Oredoo saat Downloading

Grafik koneksi IM3 Ooredoo saat digunakan untuk downloading

Hasil Tes Kestabilan Koneksi

Jangan fokus pada kecepatan yang ditampilkan, mengenai kecepatan akan dibahas nanti. Ketika digunakan untuk streaming, koneksi Smartfren di tempat saya tidak stabil, terlihat dari naik-turunnya grafik di atas. Berbeda dengan IM3 Ooredoo dengan grafik yang cenderung linier.

Dampaknya adalah, ketika digunakan untuk streaming video YouTube pada resolusi 480p, video menjadi sering buffering saat menggunakan koneksi Smartfren.

Dalam hal uploading, baik IM3 Ooredoo maupun Smartfren sama-sama tidak stabil sedangkan dalam hal donwloading, koneksi Smartfren lebih stabil dibandingkan IM3 Ooredoo 4G Plus.

Tes Kecepatan Koneksi MIFI Andromax M3Z di Jaringan 4G LTE

Untuk tes kecepatan koneksi internet, tools yang akan digunakan sekaligus menjadi parameter adalah Speedtest dari Ookla dan Internet Download Manager. Saya yakin kedua tools tersebut sering Anda gunakan juga sehingga akan mudah bagi Anda yang ingin menjadikan hasil pengujian ini sebagai pembanding.

Tes kecepatan koneksi MIFI Andromax M3Z ini dilakukan secara acak pada jam dan hari yang berbeda. Sayangnya, saya tidak sempat melakukan pengujian pada jam-jam pagi dan sore. Mengapa ini penting? Pada jam-jam tertentu, khususnya pada jam-jam sibuk dimana ada banyak orang yang menggunakan jaringan, secara teori kecepatan koneksi yang kita dapat akan ikut terpengaruh, meskipun mungkin tidak terlalu signifikan.

Hasil Tes Kecepatan Koneksi MIFI Andromax M3Z

Grafik tes kecepatan koneksi MIFI Andromaz M3Z dalam 4 hari, dinyatakan dalam satuan (Mb/s)

Hasil Tes Kecepatan Koneksi MIFI Andromax M3Z

Rincian tes kecepatan koneksi MIFI Andromaz M3Z selama 4 hari

Untuk lengkapnya, Anda dapat mengakses halaman hasil pengujian di LINK INI.

Kecepatan puncak yang pernah dicapai dari pengujian diatas adalah 23.35 Mb/s yaitu pada pengujian tanggal 31 Desember pukul 22:59 WIB, sedangkan kecepatan terendah adalah 1.7 Mb/s pada pengujian tanggal 4 Januari pukul 21:14 WIB. Khusus untuk tanggal 4 Januari, indikator sinyal pada modem memang berwarna hijau yang artinya sinyal lemah.

Nilai rata-rata dari 12 hari pengujian adalah 15.33 Mbps. Pertanyaan selanjutnya, dengan kecepatan 15.33 Mbps butuh waktu berapa lama untuk download file berukuran 100 MB? Sudah tahu kan bedanya Mbps dan MBps? Sederhananya, kecepatan yang akan diterima saat digunakan untuk download adalah 15.33 Mbps/8 = 1.912 MBps. Jadi, untuk download file 100 MB, diperlukan waktu 52.30 detik atau sama dengan 0.87 menit.

Saya tidak tahu berapa standar kecepatan 4G LTE Smartfren. Terlepas dari itu, 15,33 Mbps bagi saya sudah cukup dengan catatan saya tidak peduli apakah itu jaringan 4G LTE atau bukan…hehe. Artinya saya mencoba untuk tutup mata, pura-pura tidak tahu apakah saya sedang menggunakan jaringan 4G LTE atau bukan.

Kalaupun saya mau mengacu pada data yang dirilis November lalu oleh OpenSignal mengenai kecepatan rata-rata jaringan 4G di berbagai negara, dimana Indonesia berada pada urutan ke-5 paling bawah dengan kecepatan rata-rata 4G 8.79 Mbps, kecepatan yang saya dapat masih diatas rata-rata.

Untuk pengujian kecepatan saat proses downloading menggunakan Internet Download Manager kecepatan tertinggi yang pernah saya dapat adalah 3.953 MBps atau sekitar 31.624 Mbps, itupun hanya beberapa detik saja atau bisa dibilang langka. Selengkapnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Kesimpulan

Artikel ini sebenarnya lebih banyak mengulas jaringan atau koneksi Smartfren yang saya gunakan pada MIFI Andromax M3Z. Jadi bukan mengulas kinerja dari MIFI Andromax M3Z itu sendiri. Meskipun dibagian ini saya beri judul “Kesimpulan”, tidak berarti hasil pengujian ini berlaku untuk semua orang.

Kelemahan yang saya rasakan dari jaringan Smartfren pada M3Z adalah ketidakstabilan koneksi saat digunakan untuk streaming atau buffering video dan juga kecepatan yang benar-benar tidak sesuai. Dari grafik di atas, kecepatan maksimal saat digunakan untuk streaming adalah 80-85 KBps, jelas ini jauh dari standar kecepatan 4G LTE.

Anehnya, ketika digunakan untuk download maka kecepatan kembali normal yaitu sekitar 1.2 MBps dan juga lebih stabil. Apa yang terjadi? Entahlah.

Shares

1
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
RenzHatsen
Guest
RenzHatsen

Bagus tidaknya internet g cuma diliat dri segi upload donload streaming aja gan.. ?kestabilan nya jg pnting euy.. klo yg kerjanya full ojol, internet itu stabil itu penting, bukan download / streaming.. maka dari itu, perlu diliat dri ping latency dan jitter. Kalo jitter nya gede, mau kenceng up down sekalipun, itu koneksi g akan pernah stabil.. CMIIW