McLaren Menjual Salah Satu Mobil Paling Langka dan Paling Cepat yang Pernah Dibuat

McLaren F1 Supercar

PUGAM.com – Produsen supercar asal Inggris, McLaren Automotive telah mengumumkan bahwa mereka akan menjual salah satu supercar F1 terakhir yang pernah dibuat. Keputusan McLaren ini dianggap penting karena beberapa hal. Pertama, hanya ada 64 unit supercar F1 yang pernah diproduksi selama periode 1993-1998. Telebih lagi, yang akan dijual kali ini, adalah produksi tahun 1998 yang hanya dibuat 6 unit saja pada tahun itu.

Mobil yang satu ini diproduksi dengan nomor chassis 69 yang tidak pernah dijual kepada perorangan namun disimpan selama ini dalam daftar koleksi McLaren dan dikelola oleh tim dari McLaren Special Operations (MSO). Meskipun telah mencatatkan 2.800 mil di odometer-nya yang berarti pernah digunakan, tapi pada dasarnya ini adalah produk F1 terbaru di tahun 1998.

McLaren F1 Supercar

Bagi Anda yang tidak akrab dengan F1, itu adalah mobil yang lebih dari sekedar supercar langka di tahun 1990-an. Desain mobil ini benar-benar akan mengejutkan Anda seperti yang terlihat pada gambar di atas. Pengemudi akan duduk di tengah dan diapit oleh dua kursi di kedua sisi. Ini adalah mobil pertama dari jenisnya yang dibangun dari bahan serat karbon.

Bagian paling pentingnya adalah, mobil ini menggunakan mesin V12 6.1-liter 627 tenaga kuda yang merupakan mesin dengan power luar biasa besar di era 1990-an. Dengan mesin tersebut, mobil F1 ini mampu memecahkan rekor tercepat dalam hal mobil jalanan dengan kecepatan maksimal sekitar 242,8 mph atau 390,7 km/jam dan kecepatan seperti itu benar-benar hadir di era 1990-an.

McLaren F1 Supercar

Mengenai harga, mobil-mobil F1 klasik yang pernah dijual memiliki harga yang fantastis! Aktor Inggris Rowan Atkinson si pemeran Mr. Bean pernah dua kali menjual mobil F1 miliknya pada musim panas tahun lalu dengan harga US$12.240.000 atau sekitar 163 miliar rupiah. Tidak lama setelah itu, mobil F1 tahun 1998 dilelang dengan harga US$13.750.000.

Jadi, mengingat mobil yang satu ini masih tersimpan baik dalam daftar koleksi McLaren, diperkirakan harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dari mobil-mobil F1 yang pernah dijual. Jika Anda serius ingin menanyakan tentang harga, kirimkan email resmi kepada McLaren di alamat specialoperations@mclaren.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: