Perbedaan Clear Cache dan Clear Data di Ponsel Android

Perbedaan Clear Cache dan Clear Data di Ponsel Android

Siapa pun yang pernah mengalami masalah aplikasi atau perangkat lunak pada Android pasti pernah mendengar saran untuk segera menghapus cache aplikasi atau menghapus data aplikasi.

Kedua opsi tersebut sering dianggap sebagai “obat mujarab” untuk mengatasi masalah. Tetapi, apa sebenarnya perbedaan antara Clear Cache dan Clear Data pada Android?

Apa yang Dimaksud dengan “Clearing App Cache”?

Cache adalah tempat penyimpanan sementara pada sebuah perangkat. Cache akan mempertahankan beberapa jenis data untuk dapat digunakan kembali.

Tujuan dari cache adalah untuk meningkatkan kecepatan serta melancarkan perangkat saat beroperasi, juga untuk mengurangi jumlah data yang diproses dan dikonsumsi.

Setelah Anda me-restart ponsel, apakah Anda pernah melihat bagaimana lambatnya aplikasi kamera saat Anda buka pertama kali? Tetapi ketika dibuka untuk kesekian kalinya, proses menjadi lebih cepat? Peningkatan kecepatan setelah peluncuran awal aplikasi ini berkat adanya data cache.

Demikian pula, Anda mungkin pernah merasakan bahwa sebuah situs web di internet dapat memuat halaman lebih cepat pada kunjungan kedua. Sekali lagi, ini karena file seperti gambar telah disimpan sebelumnya dalam cache.

Pada dasarnya, data cache tidak memerlukan pengelolaan secara manual, Android mampu mengelola itu sendiri tanpa ada campur tangan dari pengguna.

Namun, jika sebuah aplikasi mulai berperilaku buruk atau berhenti bekerja, maka mungkin saja membersihkan dan mengelola cache bisa menjadi solusi.

Ketika Anda menghapus data cache sebuah aplikasi, itu berarti Anda menghapus file-file sementara yang ditempatkan di sana.

Perlu dicatat, bagamanapun, menghapus data cache aplikasi tidak menjamin memberikan kinerja yang lebih baik. Sebaliknya, aplikasi mungkin menjadi sedikit lebih lambat ketika akan digunakan.

Apa yang Dimaksud dengan “Clearing App Data”?

Clear App Data

Opsi Clear Cahce dan Clear Data bisa Anda temukan di menu Apps

Clearing app data atau menghapus data aplikasi memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan menghapus cache aplikasi.

Menghapus data aplikasi tidak berarti bahwa Anda melakukan proses uninstal. Dalam hal ini, Anda hanya me-reset ulang aplikasi ke keadaan default atau mengembalikan aplikasi ke kondisi awal saat Anda pertama kali mengunduh dan menginstalnya.

Misalnya, Anda memainkan game Tahu Bulat. Di dalam permainan, Anda sudah memiliki sejumlah uang, beberapa item yang sudah di-upgrade serta memiliki konfigurasi tersendiri di dalam aplikasi.

Menghapus data aplikasi berarti menghapus progress permainan Anda, termasuk menghapus data perolehan uang dalam permainan, menghapus setelan permainan, dan lain sebagainya.

Kapan Hal Itu Diterapkan?

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda menghapus cache atau data aplikasi. Pertama, ketika Anda ingin menghemat ruang penyimpanan.

Beberapa aplikasi dapat menyimpan data hingga ber-gigabyte (aplikasi podcast dan game biasanya sering menyimpan banyak data). Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menghapus data aplikasi tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Kedua, jika terjadi masalah pada aplikasi. Menghapus data aplikasi dengan maksud mengatur ulang atau me-reset aplikasi ke kondisi awal bisa menjadi solusi jitu. Sementara itu, opsi Clear Cache atau menghapus cache juga bisa menjadi solusi ampuh dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah.

Clear App Data

Untuk menghapus data cache semua aplikasi, buka menu Settings > Storage > Cached data, klik kemudian konfirmasi dengan menekan OK

Cara Menghapus Data atau Cache Aplikasi Tertentu

Cara ini seringkali berbeda antara perangkat dan sistem operasi, tetapi untuk sebagian besar perangkat yang menjalankan Android Lollipop, caranya sebagai berikut:

  1. Buka menu Settings.
  2. Temukan bagian Apps atau bagian untuk mengelola aplikasi.
  3. Pilih tab All.
  4. Tekan pada aplikasi yang ingin Anda hapus data atau cache-nya.
  5. Kemudian Anda akan menemukan opsi untuk Clear Cache dan opsi untuk Clear Data.

Menyikapi Aplikasi Pembersih Cache

Ada banyak aplikasi yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja perangkat dengan menyediakan opsi Clear Cache di dalamnya.

Perlu dipahami, klaim tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam banyak kasus, aplikasi ini hanya menyediakan tombol satu-sentuhan untuk mengakhiri proses dan membersihkan cache, keduanya tidak benar-benar diperlukan pada platform Android saat ini.

Anda seharunya bisa melakukan itu secara manual karena Android sendiri telah menyediakan opsi Clear Cache dan Clear Data aplikasi di menu pengaturan.

Kesimpulan

Clear Cache dan Celar Data, keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Untuk memperbaiki aplikasi yang bermasalah, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan cache.

Opsi ini memiliki tingkat risiko yang paling rendah, tetapi seringkali bekerja dengan baik dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah.

Jika gagal, Anda mungkin perlu menghapus data aplikasi. Ingat! Menghapus data aplikasi tidak berarti Anda melakukan proses uninstal.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
8 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
Daniel
Daniel
2 tahun yang lalu

Semua kontak saya hilang setelah Clear data, apakah masih bisa diselamatkan

Melan
Melan
4 tahun yang lalu

Mau tanya kalau nghapus data manajemen file gimana?

wahyu
wahyu
4 tahun yang lalu

Saat Anda menghapus data aplikasi, pada dasarnya Anda membersihkan semua data pribadi yang pernah disimpan sejak Anda menginstalnya dan menggunakannya. Dengan kata lain, menghapus data aplikasi “mengatur ulang” aplikasi kembali ke keadaan semula saat pertama kali diinstal.

leni
leni
4 tahun yang lalu

Clear data utk app google drive apakah akan menghapus semua file yg sdh ada?

dipo
dipo
5 tahun yang lalu

masih blm jelas sy, klo di “clear chaced data” apkh nanti app dan game akan kembali ke awal (menghapus game progress) soalnya punyaku chaced datanya 700mb an

Asterix
Admin
5 tahun yang lalu
Reply to  dipo

Clear Cache dan Clear Data beda. Clear Cache gak akan menghapus progress game. Yang akan menghapus progress game adalah Clear Data.

Mine
Mine
5 tahun yang lalu

Makasih banyak!! Sangat membantu