Cara Memperbaiki Error ‘the process com.google.process.gapps has stopped’

cara-memperbaiki-the-process-com-google-process-gapps-has-stopped

PUGAM.com – Di perangkat yang menjalankan sistem operasi Android KitKat biasanya ada dua jenis pesan error yang sering muncul, yaitu ‘Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped‘ dan ‘com.google.process.gapps has stopped unexpectedly‘.

Kedua pesan tersebut masih terkait dengan satu masalah yang sama dan bisa diatasi dengan beberapa cara. Simak selengkapnya di bawah ini!

Hapus Cache Aplikasi yang Bersangkutan

Hapus Cache Aplikasi yang Bersangkutan

Jika pesan error di atas muncul setiap kali Anda membuka aplikasi tertentu, maka kemungkinan masalah ada di aplikasi tersebut. Buka menu Setting > Apps dan temukan aplikasi yang dimaksud. Selanjutnya pilih aplikasi tersebut lalu pilih opsi Clear cache.

Jika tidak berhasil dan pesan error masih muncul, Anda mungkin perlu menghapus data dengan memilih opsi Clear data. Ini tidak akan menghapus data inti aplikasi, tetapi hanya menghapus data-data pendukung seperti pengaturan aplikasi, progress permainan jika aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi game.

Jika masih tidak berhasil, terpaksa Anda harus coba install ulang aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu memilih opsi Clear cache dan Clear data kemudian pilih opsi Uninstall dan install kembali aplikasi yang baru dari Play Store.

Hapus Data Google Play Services

Jika cara pertama tadi tetap tidak berhasil, Anda perlu menghapus data Google Play Services. Terdengar sedikit menakutkan dan sebisa mungkin orang akan menghindari opsi ini, tetapi pada dasarnya menghapus data Google Play Services bukan berarti Anda meng-uninstall aplikasi inti tersebut.

Metode ini hanya akan menghapus preferensi, pengaturan dan hal-hal terkait Google Play yang nantinya bisa Anda atur ulang, jadi tidak perlu khawatir.

Pertama, buka menu Settings > Apps > All > Google Play Services. Di halaman info, Anda akan menemukan opsi Manage space, pilih opsi tersebut kemudian pilih Clear all data. Anda akan menerima pesan peringatan yang menyatakan bahwa Anda ingin menghapus data secara permanen. Tekan OK untuk melanjutkan.

Hapus Data Google Play ServicesHapus Data Google Play Services

Atur Ulang Preferensi Aplikasi

Cara lain adalah dengan mengatur ulang preferensi aplikasi. Buka menu Settings > Apps > All kemudian reset preferensi aplikasi (opsi ini bisa ditemukan dengan membuka ikon tiga baris horizontal). Metode ini tidak akan menghapus data aplikasi Anda, tetapi hanya mengatur ulang atau me-reset semua pengaturan aplikasi Anda ke kondisi awal.

Dari ketiga metode di atas, metode mana yang berhasil di ponsel Anda?

Shares

4
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
3 Comment threads
1 Thread replies
1 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
andiprayoga032@gmail.com
Guest
andiprayoga032@gmail.com

Gimana bukan akun google puya saya gak bisah dibukan lg

andiprayoga032@gmail.com
Guest
andiprayoga032@gmail.com

Saya ga bisah buka semua akun googlenya

andika
Guest
andika

Gan..HH saya apps nya eror semua..ngga ada satupn yang bisa di buka..padahal udah di flash..max g2 root..masuk cwm malah bootlop..gima solusinua..trims