YouTube Putuskan Video dalam Proses Sengketa Hak Cipta Tetap Akan Memperoleh Penghasilan

YouTube Putuskan Video dalam Proses Sengketa Hak Cipta Tetap Akan Memperoleh Penghasilan

PUGAM.com – Pada bulan Februari kemarin, YouTube berada di bawah kritik keras dari beberapa pembuat atau pencipta konten video paling populer terkait penghasilan yang dihentikan setiap kali ada kalim hak cipta yang dibuat oleh pengguna lain terhadap video mereka.

Akibatnya, banyak saluran populer di Amerika Serikat seperti Channel Awesome, Eli the Computer Guy, dan Alternate History Hub berhenti mendapatkan uang ketika justru video mereka banyak dilihat. Sekali lagi, ini merupakan akibat dari kebijakan YouTube terhadap video yang masuk dalam sengketa hak cipta maka tidak akan memperoleh penghasilan hingga sengketa diselesaikan.

Tapi hari ini YouTube mengalah dengan mengumumkan bahwa video yang masuk dalam proses sengketa hak cipta tetap akan memperoleh penghasilan sampai sengketa atau konflik terselesaikan.

Dalam sebuah postingan blog, YouTube mengatakan bahwa pendapatan yang dihasilkan oleh video yang masuk dalam proses sengketa hak cipta akan dipisahkan dari pendapatan utama untuk sementara waktu hingga proses sengketa selesai.

“Ketika pencipta dan seseorang membuat klaim pada sebuah video yang di monetisasi, kami akan terus menayangkan iklan di video tersebut dengan perhitungan pendapatan yang dipisahkan. Setelah klaim Content ID atau sengketa diselesaikan, kami akan membayar pendapatan ke pihak yang tepat.” YouTube akan menjelaskan lebih detail mengenai sistem baru ini beberapa bulan mendatang.

Berikut pernyataan lengkap YouTube melalui sebuah postingan di blog youtubecreator:

Di YouTube, salah satu nilai utama kami adalah kepercayaan terhadap kebebasan berpeluang. Kami percaya bahwa orang harus memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang dari video yang mereka buat dan mengubah saluran mereka menjadi bisnis yang sukses. Itu sebabnya kami membuka program Mitra YouTube sembilan tahun yang lalu dan itu sebabnya mengapa kami tetap menjadi satu-satunya platform di mana orang dengan ide dan kamera dapat mengubah sebuah video mereka menjadi pekerjaan penuh waktu.

Kami memahami betapa pentingnya pendapatan untuk komunitas pencipta kita, dan kami telah mendengarkan dengan penuh seksama kekhawatiran serta keluhan mereka terkait hilangnya monetisasi selama proses sengketa Content ID. Sebelumnya, video yang diklaim dan diperdebatkan tidak akan menghasilkan pendapatan bagi pihak manapun.

Hari ini, kami mengumumkan langkah besar untuk membantu memperbaiki kondisi yang menyebabkan banyak orang frustasi. Kami sedang mengembangkan solusi baru yang akan memungkinkan video untuk memperoleh pendapatan sementara klaim Content ID sedang disengketakan.


YouTube menjelaskan bahwa meskipun protes mengenai klaim Conten ID ini tidak lebih dari 1% sepanjang waktu namun mereka setuju bahwa sistem baru yang akan diterapkan ini mampu membawa YouTube ke arah yang lebih baik dan akan memberikan rasa keadilan bagi para pencipta konten video khususnya bagi mereka yang sedang dalam proses sengketa hak cipta.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: