(UPDATE) Cara Mengetahui Individual Value (IV) Pokemon Tanpa PokeAdvisor

PUGAM.comIndividual Value (IV) Pokemon dalam permainan Pokemon Go adalah atribut dasar dari masing-masing Pokemon yang sifatnya tersembunyi. Tidak seperti nilai Combat Power (CP) dan Hit Points (HP), Individual Value (IV) sama sekali tidak ditampilkan dalam permainan, namun memiliki peran yang sangat penting.

Setiap Pokemon “terlahir” dengan IV yang berbeda dan bersifat mutlak, artinya tidak dapat diubah. Dengan mengetahui IV, kamu bisa menentukan Pokemon mana yang layak ditransfer dan mana yang harus disimpan. Ingat! Pokemon dengan nilai CP besar tidak menjamin memiliki IV yang besar juga. Mungkin selama ini kamu selalu mentransfer Pokemon dengan CP kecil tapi belum tentu Pokemon tersebut memiliki IV yang kecil.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui nilai IV masing-masing Pokemon. Pertama, dengan menghitungnya secara manual menggunakan rumus. Kedua adalah dengan menggunakan layanan pihak ketiga atau bisa juga menggunakan software.

Bagi kamu yang ingin menghitungnya secara manual, mungkin link ini bisa membantu. Sebelumnya, khusus untuk metode kedua ini kami menggunakan layanan PokeAdvisor, tapi ternyata layanan mereka sudah tidak bisa lagi digunakan. Alternatifnya adalah dengan menggunakan software bernama PokeNurse.

Cara Menggunakan PokeNurse

  1. Pertama download dulu software nya: Windows 32bit (x86) | Windows 64bit (x64) | Mac. Pilih sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.
  2. Kemudian ekstrak di dalam file kosong.
    Cara Menggunakan PokeNurse
  3. Jalankan PokeNures.exe.
  4. Akan muncul jendela login. Kamu bisa login menggunakan akun Google atau akun Pokemon Trainer Club.
    Cara Menggunakan PokeNurse
  5. Setelah berhasil login, akan ada daftar yang memuat beberapa informasi seperti Pokemon yang kamu miliki, jumlah dari setiap jenis Pokemon yang kamu miliki, jumlah candy, dan jumlah dari Pokemon yang bisa di-evolve.
    Cara Menggunakan PokeNurse
  6. Kemudian klik tanda “+” untuk mengetahui nilai Combat Power (CP) dan Individual Value (IV).
  7. Kamu pun dapat melihat nilai dari atribut dasar attack dan defense Pokemon dengan cara mengklik nickname Pokemon berwarna biru yang ada dalam daftar.
  8. Untuk keluar dari program, klik tombol close atau file->quit.

Fitur lain yang disediakan oleh software PokeNurse adalah kamu bisa transfer dan evolve Pokemon. Selamat mencoba!

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: