Facebook Diakses oleh 1 Miliar Pengguna Mobile Setiap Bulan

Facebook Diakses Lebih dari 1 Miliar Pengguna Mobile Setiap Hari

PUGAM.com – Hari ini Facebook melaporkan laba kuartal kedua tahun 2016 dan ada satu hal yang terungkap dengan jelas dalam laporan tersebut, bahwa betapa banyaknya orang yang menggunakan Facebook setiap hari. Menurut laporan tersebut, pada tanggal 30 Juni 2016 ada lebih dari 1,7 miliar monthly active users (MAU) atau pengguna aktif bulanan, meningkat 15% dari tahun ke tahun.

Tak hanya itu, Facebook sebagai jejaring sosial terbesar di dunia juga kini hampir menyentuh angka 1 miliar pengguna ponsel aktif bulanan. Untuk lebih jelasnya, Facebook mendefinisikan “MAU” dalam sebuah pernyataan sebagai berikut:

Seluler MAU didefinisikan sebagai pengguna yang mengakses Facebook hanya melalui aplikasi mobile atau versi mobile dari website kami, atau menggunakan aplikasi Messenger kami dalam 30 hari terakhir dari kuartal yang dimaksud. Jumlah seluler MAU tidak termasuk pengguna Instagram. Mereka akan dinyatakan lolos sebagai pengguna jika mereka melakukan aktivitas apapun di Facebook.

Mobile-only-monthly-840x534

Seperti yang Anda lihat di atas, kira-kira setahun yang lalu Facebook hanya memiliki sekitar setengah miliar pengguna yang mengakses Facebook melalu perangkat mobile. Data terakhir di kuartal kedua tahun ini menunjukkan bahwa pengguna ponsel aktif bulanan mencapai 967 juta, hampir bisa dipastikan jumlah pengguna akan terus meningkat di kuartal berikutnya.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna, keuntungan yang diperoleh pun menjadi berkali-kali lipat. Bahkan, laba Facebook kini naik tiga kali lipat dari kuartal sebelumnya menjadi US$2,06 miliar atau sekitar 27 triliun rupiah.

Meskipun Facebook kini berada di puncak dan meraih kesuksesan luar biasa, Mark Zuckerberg sebagai pemimpin perusahaan mengaku tetap akan berhati-hati. Ia menjelaskan bahwa Facebook masih memiliki rencana kedepannya untuk mengeksplorasi wilayah-wilayah yang belum mereka sentuh sama sekali, salah satunya fokus pada konten video.

Facebook kini lebih fokus pada konten video, dan jika Anda pengguna setia Facebook tentu Anda akan merasakan ada sedikit perubahan. Kini lebih dari 70% konten yang ada di newsfeed adalah konten video yang kadang secara otomatis diputar. Selain itu, dengan fitur live streaming yang baru-baru ini diperkenalkan, juga munculnya fitur video VR 360 derajat membuat semuanya menjadi jelas bahwa Facebook menaruh harapan besar pada konten video.

Pengembangan konten video tidak akan berhenti sampai di sini, ini adalah permulaan dan Facebook masih berencana untuk mengembangkan nya lebih jauh lagi.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments