Apa Itu Prisma App dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Prisma App dan Bagaimana Cara Kerjanya

  • Prisma adalah aplikasi gratis untuk perangkat iOS dan android
  • Sejak diluncukan, Prisma berhasil masuk dalam daftar aplikasi terlaris di App Store
  • Prisma menawarkan lebih dari 30 filter yang mampu mengubah gambar/foto menjadi sebuah karya seni
  • Setiap filter didasarkan pada gaya yang digunakan oleh seniman terkenal

PUGAM.com – Lupakan Instagram, sebuah aplikasi foto terbaru ini berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama karena bekerja denga cara yang unik dan menakjubkan. Prisma adalah aplikasi yang menyediakan sejumlah filter untuk diterapkan pada sebuah foto.

Prisma pada dasarnya bukan aplikasi untuk mempercantik foto Anda, sehingga mungkin aplikasi ini tidak akan cocok bagi Anda yang cenderung ingin tampil sempurna. Prisma tidak akan mencerahkan foto Anda, memperhalus kulit Anda di dalam foto. Prisma hanyalah sekumpulan filter tua yang akan mengubah foto Anda menjadi sebuah karya seni dengan mengadaptasi gaya-gaya dari para seniman terkenal seperti Monk dan Picasso.

Prisma diluncurkan pertama kali pada bulan Juni. Aplikasi ini dirancang oleh seorang programmer asal Rusia, Alexey Moiseenkov. Sejak memulai debutnya, Prisma berhasil memimpin di App Store dan menjadi aplikasi terlaris di Rusia, Estonia, Kazakhstan, Latvia, Moldova, Ukraina, dan Uzbekistan. Itu berarti Prisma mampu mengalahkan kepopuleran aplikasi besar seperti WhatsApp dan Instagram di negara-negara yang telah disebutkan tadi.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan efek artistik di setiap foto, membuatnya tampak seperti karya seni dari seorang seniman terkenal. Anda dapat mengambol foto hewan peliharaan seperti anjing atau kucing misalnya, kemudian menerapkan filter bergaya Picasso.

Proses transformasi foto hanya membutuhkan beberapa detik saja. Selanjutnya Anda dapat menyimpan foto yang telah diberi filter tersebut, atau bisa juga berbagi ke jejaring sosial, termasuk Instagram.

Saat ini, ada sekitar 33 filter yang tersedia. Menurut VentureBeat, algoritma filter Prisma ini menggunakan kombinasi dari convolutional neural networks dan kecerdasan buatan. Aplikasi ini tidak hanya menerapkan filter, tapi benar-benar men-scan data untuk menerapkan gaya tertentu pada foto Anda dengan cara yang baik sehingga menghasilkan sebuah karya yang mempesona.

Cara Kerja Prisma

Ambil atau pilih foto

  1. Download dan buka aplikasi Prisma. Tidak ada unsur sosial di sini, sehingga Prisma tidak akan meminta Anda untuk membuat akun.
  2. Layar utama dibagi menjadi dua, bagian atas menampilkan tampilan kamera, dan bagian bawah menampilkan tombol capture, tombol beralih fungsi kamera (depan atau belakang), dan thumbnail dari kamera roll Anda.

Mengedit foto

  1. Setelah Anda mengambil atau memilih foto, Anda akan dibawa ke layar yang memungkinkan Anda memotong foto atau memutar foto itu. Klik “next” untuk menerapkannya.
  2. Selanjutnya Anda akan dibawa ke layar dimana Anda bisa mulai menerapkan filter. Layar dibagi menjadi dua, bagian atas menampilkan pratinjau foto Anda, dan bagian bawah menampilkan berbagai macam pilihan filter, juga tersedia tombol share. Sama seperti Instagram, filter akan muncul di layar bagian bawah dalam bentuk carousel, dan Anda dapat menggesernya ke kiri atau ke kanan untuk mencari dan mencobanya satu per satu. Anda kemudian harus memilih salah satu filter untuk diterapkan pada foto, dan Anda akan melihat hasil olahan tadi di layar atas.
  3. Setelah menerapkan filter, Anda dapat menggeser jari Anda di bagian layar pratinjau untuk menambah dan mengurangi efek filter.

Berbagi foto

  • Jika foto hasil olahan tadi ingin dibagikan, cukup tekan tombol Instagram atau Facebook yang muncul di atas baris filter. Anda juga akan melihat menu “Share“, sehingga Anda dapat membagikan foto tersebut melalui aplikasi perpesanan, email dll.

Menghapus watermark

Apa Itu Prisma App dan Bagaimana Cara Kerjanya 1

  • Secara default, semua foto yang diolah menggunakan aplikasi ini disertai watermark Prisma di bagian sudut. Untuk menghilangkannya, buka menu “Settings” kemudian matikan bagian “Enable Watermarks“. Anda juga akan melihat opsi untuk menyimpan foto asli, atau menyimpan foto hasil olahan secara otomatis.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Prisma ?

Prisma tersedia di Apple App Store untuk perangkat iOS, dan untuk pengguna Android aplikasi ini tersedia di Play Store.

Android: Download di Google Play

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments