Cara Mengambil Alih dan Meningkatkan Level Gym di Pokemon Go

Cara Mengambil Alih dan Meningkatkan Level Gym di Pokemon Go

PUGAM.com – Salah satu hal yang paling menarik di Pokemon Go adalah kemampuan untuk mengambil alih dan mengontrol Gym. Untuk dapat berinteraksi dengan Gym setidaknya Anda harus mencapai level 5 dan memilih tim. Setelah memilih tim, Anda akan mulai bersaing memperebutkan Gym dengan dua tim lainnya di daerah Anda.

Dua hal yang harus Anda lakukan dengan Gym adalah, mengambil alih atau merebut itu dari lawan, dan meningkatkan level Gym untuk membuatnya semakin sulit ditaklukan oleh lawan. Di sini kami akan membahas cara mengambil alih dan meningkatkan level Gym di Pokemon Go.

Apa itu Gym di Pokemon Go ?

Gym adalah sebuah tempat strategis di mana setiap tim dapat menguasainya. Antar tim harus bertarung untuk dapat menguasai Gym. Gym biasanya berupa ruang publik yang populer seperti gereja, masjid, landmark, monumen, sekolah, taman dan ruang publik lainnya.

Karakteristik Gym sendiri didefinisikan sebagai tempat di mana masyarakat umum bisa mengaksesnya sepanjang hari tanpa harus ada izin dari pihak tertentu.

Cara Kerja Gym

Ketika sebuah tim menguasai Gym, mereka dapat menempatkan atau memasang satu Pokemon di Gym tersebut. Berikut beberapa fakta tantang Gym di Pokemon Go yang perlu Anda ketahui:

  1. Setiap pemain hanya dapat menempatkan satu Pokemon di Gym pada suatu waktu. Namun, pada dasarnya Anda bisa menempatkan Pokemon dengan jumlah tak terbatas di Gym yang berbeda. Jika Anda punya 15 Pokemon, maka Anda bisa menyimpannya di 15 Gym yang berbeda.
  2. Setiap Gym memiliki level atau tingkatan dan sejumlah “Prestige Points“. Untuk menguasai sebuah Gym Anda harus bertarung hingga nilai prestige Gym tersebut habis.
  3. Jumlah maksimal prestige dari sebuah Gym bisa mencapai 50.000 dan maksimum bisa mencapai level 10.
  4. Setiap Gym naik level, akan ada slot tambahan untuk menyimpan satu Pokemon. Di level maksimal misalnya, tim Anda bisa menempatkan 10 Pokemon di Gym tersebut.
  5. Untuk setiap Gym yang Anda kontrol, artinya Anda menyimpan satu Pokemon di Gym tersebut, Anda akan mendapatkan 10 Poksecoins dan 500 stardust setiap 21 jam sekali. Ini berarti jika Anda berhasil menguasai 5 Gym, masing-masing ditempati oleh satu Pokemon Anda, maka Anda bisa mendapatkan hadiah 50 Pokecoins dan 2500 stardust setiap 21 jam sekali.
  6. Semuanya akan jauh lebih mudah jika dilakukan bersama tim. Carilah anggota lain dari tim yang sama dan rebut Gym secara bersama-sama. Karakter yang memiliki Pokemon dengan CP tertinggi biasanya akan menjadi leader di sebuah tim.
  7. Selalu ingat, Anda akan diberikan kesempatan menggunakan 6 Pokemon dalam setiap pertempuran di Gym. Ini berarti jika Gym tersebut hanya memiliki satu Pokemon, semakin besar peluang Anda untuk menang. Tapi jika Gym tersebut memiliki banyak slot, misalnya 6 slot maka 6 Pokemon Anda akan bertarung dengan 6 Pokemon lawan di Gym tersebut, ini akan semakin sulit. Kesimpulannya, semakin tinggi level Gym yang berarti semakin banyak slot Pokemon yang tersedia, semakin sulit untuk ditaklukkan.

Sekarang Anda sudah tahu dasar-dasar cara kerja sebuah Gym. Mari kita mulai berbicara tentang bagaimana merebut sebuah Gym dari tim lawan.

Cara Mengambil Alih Gym di Pokemon Go

  1. Pergi ke Gym dan klik ikon Gym tersebut, kemudian akan terbuka antarmuka utama. Di sini Anda bisa melihat Pokemon apa yang akan Anda hadapi. Anda juga akan melihat berapa jumlah prestige Gym tersebut.

    Pokemon GO Gym Battles 1
    Pokemon GO Gym Battles 2

  2. Setelah Anda siap untuk bertempur, klik ikon di sudut kanan bawah dan pilih 6 Pokemon terbaik. Ketika Anda siap untuk memulai, klik “Go“.

    Pokemon GO Gym Battles 3

  3. Anda sekarang akan masuk ke dalam pertempuran melawan Pokemon penguasa Gym tersebut. Untuk menyerang Anda hanya perlu men-tap Pokemon lawan terus-menerus. Ada bar berwarna biru di bawah bar HP Pokemon Anda. Ketika bar tersebut terisi penuh, tekan cukup lama untuk mengeluarkan serangan khusus.

    Pokemon GO Gym Battles 4

  4. Anda juga bisa menghindari serangan dari lawan, tapi waktunya harus tepat dan biasanya sulit untuk dilakukan.
  5. Jika Anda berhasil mengalahkan Pokemon pertama, maka akan muncul Pokemon kedua, ketiga dan seterusnya. Pertempuran akan berakhir dan Anda dinyatakan menang jika berhasil mengalahkan semua Pokemon tersebut. Bisa juga dalam hal ini Anda yang kalah.

    Pokemon GO Gym Battles 5
    Pokemon GO Gym Battles 6

  6. Setelah menang, Anda akan mendapatkan beberapa XP dan melihat berapa banyak prestige Gym yang hilang setelah bertempur dengan Anda.

    Pokemon GO Gym Battles 7
    Pokemon GO Gym Battles 8

  7. Terakhir, akses menu item dan gunakan ramuan untuk menyembuhkan atau memulihkan kondisi Pokemon Anda.

Saya Ingin Cara yang Benar-benar Efektif dalam Merebut Sebuah Gym!

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap Gym memiliki nilai prestige. Ketika Anda mengalahkan sebuah Gym, bukan berarti Anda berhasil menguasainya. Anda hanya akan mengurangi sejumlah prestige dari Gym tersebut. Dengan demikian, dalam rangka untuk merebut Gym sepenuhnya, Anda harus terus berjuang atau bertempur berulang kali untuk memangkas habis nilai prestige.

Gym dengan nilai prestige rendah biasanya hanya membutuhkan beberapa kali pertempuran saja, tapi Gym dengan nilai prestige maksimal akan membutuhkan waktu seharian penuh mungkin untuk bisa merebutnya dan belum tentu Anda berhasil.

Pastikan Anda memiliki cukup item pemulihan dan jangan lupa libatkan anggota lain di tim Anda untuk ikut membantu. Teman-teman satu tim Anda bisa menyerang Gym tersebut secara bersamaan. Di bawah ini adalah cara cepat merebut Gym:

  1. Ingat! nilai prestige Gym harus nol untuk bisa diambil alih dan ini mungkin membutuhkan beberapa kali pertempuran.
  2. Sebuah Gym akan naik level setelah mencapai jumlah tertentu dari prestige. Misalnya, Gym level empat membutuhkan 8000 prestige. Jika pertempuran Anda hanya berhasil mengurangi prestige di bawah 8000 maka Gym tersebut akan turun level sesuai dengan jumlah prestige yang tersisa. Misalnya, Gym tersebut turun level ke level 3 maka slot Pokemon pun akan berkurang menjadi 3 dan salah satu Pokemon lawan harus menyingkir dari Gym itu.
    Pokemon GO Gym Battles 2

    Sebelum bertempur Gym ini masih berada pada level 3

     

    Pokemon GO Gym Battles 8

    Setelah bertempur, Gym kehilangan sejumlah prestige dan kini turun ke level 2

     

  3. Dengan demikian, perlahan Gym akan lebih mudah untuk ditaklukan. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda menyerang Gym bersama anggota tim lain. Kalian harus bekerja sama untuk meruntuhkan kepemimpinan tim lawan di Gym tersebut dan mulailah bangun kerajaan Anda sendiri di sana.

Cara Meningkatkan Level Gym di Pokemon Go

Meningkatkan level Gym sangat penting dalam rangka pertahanan. Semakin tinggi level Gym berarti semakin besar nilai prestige-nya. Ini akan semakin menyulitkan tim lawan untuk merebut Gym tersebut dari tim Anda. Untuk meningkatkan level Gym, intinya adalah menyerang Gym Anda sendiri. Jika Anda menang melawan Gym Anda sendiri, nilai prestige Gym tersebut akan bertambah, dan dengan sendirinya akan membuatnya semakin kuat. Di bawah ini ada beberapa panduan tentang cara meningkatkan level Gym di Pokemon Go:

  1. Ikuti langkah 1-6 pada poin “Cara Mengambil Alih Gym” di atas. Bedanya, kali ini Anda tidak menyerang Gym lawan, melainkan menyerang Gym Anda sendiri.
  2. Ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan. Pokemon Anda tidak akan pingsan ketika berjuang melawan Gym sendiri. Mereka masih perlu disembuhkan, tapi tidak perlu sampai dihidupkan kembali ketika tersingkir dari pertempuran.
  3. Anda akan mendapatkan jauh lebih sedikit prestige ketika menang melawan Gym Anda dibandingkan efek berkurangnya prestige yang ditimbulkan oleh serangan lawan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan cara ini lebih banyak dari upaya serangan yang dilakukan oleh lawan terhadap Gym Anda sendiri.
  4. Berapa banyak prestige yang diperoleh oleh Gym Anda tergantung pada level Pokemon Anda, dan seberapa sering Pokemon Anda mengalahkan Gym Anda sendiri. Jika Anda berhasil mengalahkan Flareon 1200 CP menggunakan Vaporeon 800 CP misalnya, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak prestige dibandingkan jika Anda melawannya menggunakan Vaporeon 1500 CP.

Beberapa Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gym

  1. Ketika Anda menugaskan satu Pokemon di sebuah Gym, Anda tidak dapat menggunakannya di pertempuran lain. Anda juga tidak bisa meningkatkan kekuatan Pokemon tersebut dengan cara LEVEL UP, mengevolusi mereka dengan cara EVOLV, atau menyembuhkannya. Pokemon Anda akan dikembalikan kepada Anda jika telah tersingkir dari Gym. Pada tahap ini Anda bisa melakukan apapun pada Pokemon tersebut termasuk menyembuhkannya, meningkatkan kekuatannya, mengeovulsi mereka sebelum kembali ditempatkan di Gym yang baru.
  2. Anda akan tahu apakah Pokemon Anda masih di Gym atau sudah tersingkir dengan memeriksa tim Pokemon Anda. Pokemon yang berada di Gym akan memiliki ikon kecil di sebelah gambar mereka. Ketika mereka tersingkir, ikon ini akan hilang. Jika ikon masih ada berarti Pokemon Anda masih berdiri tegap di Gym tersebut.
  3. Setiap Gym akan mengurut Pokemon berdasarkan kekuatan. Dimulai dari Pokemon terlemah hingga terkuat. Sehingga lawan mungkin akan bertempur pertama kali dengan Pokemon terlemah Anda dan dilanjutkan dengan Pokemon yang lebih kuat.
Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: