Ultrakapasitor Berbasis Graphene Memberikan Truk Dorongan Percepatan

Ultrakapasitor Berbahan Grafena

PUGAM.com – Dalam gelaran Commercial Vehicle Show di Brimingham, Inggris, pengembang teknologi transportasi asal Perancis, Adgero memperlihatkan sistem pengereman regeneratif terbaru yang memanfaatkan ultrakapasitor untuk memberikan dorongan percepatan pada sebuah truk semi trailer.

Sistem ini disebut sebagai UltraBoost ST yang bekerja dengan cara meniru sistem Kinetic Energy Recovery System (KERS), dirancang untuk menghemat penggunaan bahan bakar hingga 25%.

Adgero menjelaskan jika sistem UltraBoost ST adalah sistem hemat energi pertama di dunia sekaligus dalam sektor kendaraan hybrid yang digunakan sebagai alat transportasi jalanan. Bekerja seperti sistem pemulihan kinetik yang biasa digunakan pada mobil balap, termasuk GT dan Formula One.

Sistem UltraBoost ST merupakan sebuah unit poros yang dipasang di bawah kargo trailer berfungsi mengkonversi energi pengereman menjadi energi listrik yang selanjutnya akan disimpan dalam sebuah ultrakapasitor berbasis graphene atau grafena.

Bila diperlukan, energi yang telah tersimpan tadi dapat digunakan untuk mengisi daya poros sehingga akan menigkatkan akselerasi truk, pada akhirnya membantu truk untuk menarik beban berat yang dibawanya.

Untuk melengkapi semua itu, sebuah sistem manajemen cerdas digunakan untuk mengontrol energi ketika apakah sudah terisi, disimpan atau ketika energi tersebut digunakan kembali.

Seluruh sistem tersebut telah diinstall oleh SDC Trailers pada sebuah truk semi trailer dengan panjang 13,6 meter hasil produksi perusahaan transportasi berbasis di Inggris, Eddie Stobart.

Pilihan Adgero jatuh pada ultrakapasitor karena dianggap hanya membutuhkan waktu singkat untuk dapat terisi penuh, mengingat sistem ini memerlukan sistem penyimpanan yang dapat bekerja dengan cepat.

Hal ini berbeda dengan sistem regeneratif mobil hybrid pada umumnya, yang tidak efisien dalam hal jumlah energi potensial terhadap kemampuan sebenarnya dari sistem.

Sementara itu, KERS dengan ultrakapasitor dapat menyimpan lebih banyak energi pengereman dan mengkonversi nya menjadi tenaga. Seluruh proses ini akan berjalan dengan sangat cepat berkat ultrakapasitor berbasis graphene.

Dalam dunia balap, KERS biasanya menggunakan energi kinetik dari roda, tetapi biasanya mereka menambahkan sistem semi mekanis yang kompleks sedangkan ultrakapasitor ini tidak. Adgero telah menandatangani kesepakatan dengan Skeleton Technologies untuk ultrakapasitor ini, dengan unit yang diberi nama SkelMod 50F 160V.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: