Vysor, Aplikasi Untuk Mengendalikan Android dari Komputer

Vysor, Aplikasi Untuk Mengendalikan Android dari Komputer

Vysor adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengontrol smartphone Android Anda langsung dari komputer, baik itu PC atau laptop. Pengembang dari aplikasi ini, Koushik Dutta adalah co-founder dari Cyanogen Inc dan bagian dari tim ClockwordMod. Dengan rekam jejak pengembang yang jelas, Vysor kini digunakan oleh lebih dari 20.000 orang setiap harinya.

PUGAM.com – Mungkin Anda sebelumnya pernah mendengar aplikasi Android bernama AirDroid, aplikasi yang memudahkan Anda untuk transfer file dari Android ke PC atau sebaliknya. Sama seperti AirDroid, Vysor pada dasarnya adalah aplikasi yang akan memudahkan Anda mengirim file dari ponsel ke komputer atau sebaliknya.

Vysor tersedia sebagai ekstensi untuk browser Google Chrome dan aplikasi Android. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini maka harus menginstal aplikasi Vysor di ponsel dan menginstal ekstensi untuk browser Chrome di komputer Anda. Ekstensi tersebut akan terhubung dengan aplikasi di smartphone, memungkinkan Anda untuk mengontrol ponsel langsung melalui PC menggunakan mouse dan keyboard.

Koneksi antara ponsel dan komputer bisa dilakukan melalui kabel USB atau melalui jaringan Wi-Fi.

Vysor tersedia dalam dua versi, veris gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, Anda hanya dapat menjalankan aplikasi ini pada resolusi layar yang rendah, sedangkan dalam versi berbayar Anda akan mendapatkan resolusi layar yang lebih tinggi dan menjalankan aplikasi ini dalam modus layar penuh. Selain itu, versi berbayar memungkinkan Anda terhubung dengan PC melalui jaringan Wi-Fi.

Vysor, Aplikasi Untuk Mengendalikan Android dari Komputer

Versi berbayar menyediakan banyak fitur menarik (kredit: AndroidPIT)

Vysor, Aplikasi Untuk Mengendalikan Android dari Komputer

(kredit: AndroidPIT)

Instalasi Vysor

Ada dua tahapan yang harus Anda lakukan untuk mulai menggunakan Vysor. Pertama, Install aplikasi Vysor di ponsel Anda dan kedua install ekstensi Vysor untuk browser Chrome di komputer Anda. Setelah aplikasi dan ekstensi berhasil terinstall, hubungkan ponsel Anda dengan komputer menggunakan kabel USB dan aktifkan USB debugging.

Setelah selesai menghubungkan ponsel dengan komputer maka layar ponsel Anda seharusnya sudah muncul pada jendela yang terbuka di komputer. Layar ponsel akan di mirroring ke layar komputer dan sekarang Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas termasuk tranfer file, mengambil screenshot, dan mengontrol Android langsung memalui komputer.

Apakah Vysor Sebuah Emulator?

Tidak, Vysor bukanlah emulator melainkan sebuah program perangkat lunak dengan fungsi utama mirroring. Emulator membutuhkan banyak pemograman dan berisiko melanggar banyak hak cipta, karena pada dasarnya sebuah emulator berfungsi untuk menjalankan berbagai aplikasi dari platform yang satu ke platform yang lain. Itu bisa dilakukan oleh pengembang software tanpa ada izin dari pemilik konten yang akan dijalankan.

Vysor membantu Anda untuk menciptakan koneksi antara smartphone atau tablet dengan komputer. Dengan fungsi mirroring, ini berarti setiap aplikasi yang dibuka melalui komputer pada dasarnya tetap berjalan pada ponsel Anda. Vysor hanya mengambil output dari layar ponsel Anda dan memungkinkan Anda mengontrolnya tanpa harus menyentuh ponsel Anda.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
1 Comment
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
Marlina
Marlina
18 hari yang lalu

apakah kita bisa menggunakan vysor untuk running aplikasi lewat hp?