Mengapa Mulut Terasa Gatal Saat Makan Buah Nanas? Ini Penyebabnya

Mengapa Mulut Terasa Gatal Saat Makan Nanas

PUGAM.com – Di Indonesia, buah yang satu ini mudah didapat dan harganya pun relatif murah tapi tahukah Anda bahwa buah nanas pada zaman dulu hanya bisa dimiliki oleh orang kaya?

Buah nanas dipercaya berasal dari Amerika Selatan dan pertama kali ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1942 di pulau Guadeloupe. Nanas baru masuk ke Inggris pada akhir tahun 1600-an dan dengan cepat menjadi barang yang wajib dimiliki oleh orang-orang kaya di sana.

Harganya pun sangat mahal, mencapai £ 5000 atau sekitar 104 juta rupiah dengan kurs saat ini per buah nya. Hanya kalangan elit tertentu yang bisa memiliki buah eksotis ini. Bahkan, menurut salah satu sumber, para bangsawan Inggris pada masa itu membeli buah nanas bukan untuk dimakan, melainkan hanya untuk ditenteng ditangan ketika menghadiri sebuah pesta, layaknya menenteng sebuah tas mahal sebagai simbol status sosial.

Anda pasti sudah pernah makan buah nanas. Apakah Anda pernah merasakan sensasi aneh di bagian mulut ketika memakannya? Mungkin seperti gatal, perih atau perasaan kasar di lidah setelah mengunyah beberapa potong buah nanas? Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?

Ternyata penyebabnya adalah enzim bernama bromelain yang biasanya terkandung dalam buah nanas segar. Enzim ini dapat mencerna protein dan sering digunakan untuk mengobati cedera otot, juga sebagai obat untuk penyakit yang berkaitan dengan masalah pencernaan.

Meskipun bromelain telah disetujui penggunaannya untuk pengobatan anti-inflamasi dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, tetapi ketika enzim yang satu ini membuat kontak dengan kulit sensitif di sekitar mulut seseorang, maka mereka benar-benar dapat mencerna dan merusak protein, menyebabkan jaringan kulit menjadi meradang dan terasa sakit atau perih.

Beberapa orang hanya merasakan sensasi gatal di mulut tapi tidak sedikit orang yang justru merasakan perih atau sakit ketika makan buah nanas. Jadi, sekarang Anda sudah tahu apa yang menyebabkan mulut Anda terasa gatal atau perih saat menyantap buah ini. Mungkin Anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif, terutama kulit di sekitar mulut.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments