Spesifikasi serta Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Spesifikasi Toyota Calya Thumbnail

Seperti yang kita tahu bahwa pasar otomotif di Indonesia telah digegerkan oleh Toyota, di mana pabrikan ini telah mengeluarkan satu anak baru yang bernama Toyota Calya.

Untuk pasar Indonesia sendiri, Toyota sebelumnya juga telah menggetarkan jagat otomotif dengan keluarnya Toyota Agya dan sekarang bersama Astra, Toyota resmi merilis Toyota Calya atau juga bisa disebut dengan nama Astra Toyota Calya.

Perlu kalian tahu dan patut untuk dibanggakan bahwa Toyota Calya ini keseluruhan produksinya dilakukan di Indonesia lho!

Spesifikasi Toyota Calya 1

Tidak hanya itu saja, bahkan lebih dari 80% material produksi yang dipakai menggunakan komponen lokal dan juga mobil ini sepenuhnya dirancang oleh putra putri bangsa.

Maka dari itulah, Toyota Calya ini masuk dalam daftar mobil LCGC yang memiliki harga subsidi alias harganya disubsidi untuk potongan pajak oleh pemerintah.

Spesifikasi Toyota Calya

Spesifikasi Toyota Calya 2

Karena Toyota Calya ini telah dibekali dengan mesin berteknologi VVT-i dan juga telah resmi masuk dalam jajaran mobil LCGC, maka kalian tidak perlu khawatir dengan borosnya konsumsi bahan bakar sehari-hari.

Pada dasarnya, sebuah mobil LCGC haruslah mampu melaju setidaknya 20 km hanya dengan mengonsumsi 1 liter bahan bakar.

Maka dari itu, sudah dapat dijamin dan dipastikan bahwa mobil terbaru keluaran Toyota ini juga irit seperti mobil LCGC lainnya.

Oiya, satu hal yang perlu kalian ingat dan patuhi bersama bahwa jenis bahan bakar yang digunakan oleh mobil ini minimal adalah pertamax.

Jadi jangan pernah mencoba atau jail untuk sekali-kali diisi menggunakan bahan bakar jenis premium atau yang setara ya, karena dari pabrikan sudah disetting khusus seperti itu.

Spesifikasi Toyota Calya 3

Perlu kalian tahu juga bahwa sebuah mesin yang dikhususkan untuk diisi bahan bakar jenis pertamax atau yang setara maka frekuensi dentuman silinder juga telah disesuaikan.

Jadi bisa dibilang bahwa jika kalian menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas dibawahnya, maka seringkali kalian bisa mengalami loss energy karena timing pembakaran pada mesin yang kurang maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Sebuah produk otomotif baik yang memiliki harga murah maupun yang dibanderol dengan harga selangit tentu juga tidak luput dari sebuah kekurangan bukan?

Maka dari itu, sebuah hal wajar bahwa ada sedikit kekurangan yang terdapat pada sebuah mobil yang dibanderol dengan harga murah dan dikhususkan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Nah, berbicara soal kelebihan, Toyota Calya ini juga memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan mobil LCGC dari merek lain diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan Toyota Calya

  • Harga beli terjangkau.
  • Konsumsi bahan bakar irit.
  • Spare Part dan Service Center tersedia di seluruh Indonesia.
  • Harga beli & jual stabil.

Kekurangan Toyota Calya

  • Bahan bakar harus pertamax atau sejenis.
  • Posisi duduk terasa kurang nyaman.
  • Interiornya memang minimali namun kurang berkualitas.
  • Tenaga mesinnya kecil, bodinya dibuat tipis dan bobotnya minimalis.

Walaupun terlihat beberapa kelebihan dan kekurangan, Toyota Calya tetap mempunyai keistimewaan tersendiri dikelasnya dan mobil yang dibuat untuk kelas menengah kebawah ini lumayan laris dan banyak peminatnya.

Untuk tahu harga dan spesifikasi detailnya, cek di auto2000.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: