4 Aplikasi Terbaik untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android

Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android

Jika anda adalah tipe pencinta Android yang perlu tahu segalanya tentang kinerja perangkat anda, maka anda mungkin ingin memantau kinerja perangkat anda secara real-time.

Kami akan berbagi aplikasi yang memungkinkan anda untuk melakukan hal tersebut, sehingga anda dapat mengidentifikasi berbagai macam masalah yang dapat mempengaruhi kinerja sistem perangkat Android anda.

Seperti masalah pada koneksi Wi-Fi, mengetahui aplikasi mana yang mengonsumsi banyak daya, kinerja CPU yang tidak teratur atau proses memori yang memakai data berlebih dan menguras baterai anda.

Berikut adalah daftarnya.

Elixir 2

Elixir 2 adalah aplikasi yang dapat menampilkan kinerja sistem secara detail, termasuk status baterai dan siklus pengisian yang tersisa, jaringan nirkabel (data seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth), penyimpanan, penggunaan CPU dan memori, pengaturan sistem dan lain sebagainya.

Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 1

Selain itu, memungkinkan pengguna untuk mengotak-atik berbagai pengaturan sistem (kecerahan, waktu, volume, dering, jaringan, dll), mengaktifkan atau menonaktifkan sensor serta mengelola aplikasi yang diinstal. Semua bisa dilakukan langsung dari dalam aplikasi itu sendiri.

Elixir 2 juga menyediakan widget yang bisa anda tampilkan di home screen dan digunakan sebagai shortcut untuk masuk ke pengaturan sistem atau hanya untuk menampilkan informasi kinerja.

Elixir 2
Elixir 2
Developer: Tamás Barta
Price: Free

Network Monitor Mini

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melihat kecepatan download & upload jaringan anda dan memungkinkan anda mengawasi situs web mana yang memakai data yang melebihi batas.

Informasi dapat ditempatkan di mana saja yang anda suka di layar, anda juga dapat mengatur opsi font, warna, transparansi, dan lainnya.

Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 2

Network Monitor Mini
Network Monitor Mini
Price: Free

TinyCore

Jika layar home anda sudah penuh dengan widget tapi ingin menginstal aplikasi pemantau sistem maka tidak perlu khawatir aplikasi yang akan diinstal tidak lagi memiliki ruang di layar home karena khusus untuk aplikasi yang satu ini berbeda.

TinyCore adalah aplikasi pemantau sistem yang akan menambahkan garis kecil di atas informasi jam pada sistem bar anda untuk menampilkan secara visual sekilas penggunaan CPU atau RAM anda.

Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 3

Tinycore - CPU, RAM monitor
Tinycore - CPU, RAM monitor
Developer: NeoTech Software
Price: To be announced

Disk Usage

Jika angka, grafik atau garis sederhana terlalu rumit bagi anda, aplikasi yang satu ini mungkin cocok untuk anda.

Disk Usage menghadirkan visual yang berbeda dari aplikasi sejenisnya, menampilkan semua informasi terkait penggunaan memori melalui visual berupa blok atau kotak.

Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 4

Blok-blok ini menunjukkan berapa banyak memori yang digunakan oleh suatu file atau direktori tertentu berdasarkan seberapa besar ukurannya di layar.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan anda memantau apa yang paling banyak memakan ruang di memori internal atau eksternal dengan menunjukkan ukuran blok proporsional di layar. Tidak ada interpretasi data yang diperlukan di sini.

DiskUsage
DiskUsage
Developer: Ivan Volosyuk
Price: Free

Fitur Bawaan Android

Jika anda tidak ingin menginstal aplikasi baru untuk sekedar memantau kinerja sistem maka Android sendiri sebenarnya sudah dilengkapi beberapa opsi bawaan yang berfungsi untuk mengawasi kinerja sistem. 

Informasi ini dapat diakses melalui menu Developer options di bagian Settings.

  1. Jika anda belum mengaktifkan menu ini, cukup buka Settings > About phone. Kemudian tekan Build Number berulang kali hingga muncul pemberitahuan bahwa anda memasuki mode pengembang (developer mode).
    Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 7
  2. Menu Developer options akan muncul di bagian bawah menu Settings. Tekan opsi tersebut, lalu pilih opsi Process Stats.
    Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 10
  3. Process Stats akan memberi tahu anda berapa persentase waktu yang dijalankan aplikasi serta penggunaan RAM rata-rata dan maksimumnya. Anda juga dapat menghentikan secara paksa sebuah layanan atau proses yang sedang berjalan.
    Aplikasi Untuk Memantau Kinerja Sistem Perangkat Android 11
Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: