4 Cara Menghapus/Uninstal Aplikasi di Android

2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android

Menghapus atau meng-uninstal sebuah aplikasi adalah pemahaman dasar yang harus dikuasai oleh setiap pengguna Android.

Kami juga yakin bahwa saat membaca artikel ini, anda setidaknya sudah paham bagaimana menghapus sebuah aplikasi di Android.

Namun, apa yang mungkin belum anda ketahui adalah menghapus sebuah aplikasi di Android tidak hanya bisa dilakukan dengan satu cara saja. Ada banyak cara yang bisa anda coba dan di sini kami akan menjelaskan beberapa di antaranya.

Dengan mengetahui berbagai macam cara dalam menghapus aplikasi di Android, anda dapat dengan mudah beralih metode penghapusan ketika metode yang biasa anda gunakan tidak bekerja.

Dalam turorial ini kami menggunakan perangkat dengan OS Android Lollipop. Langsung saja, berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghapus sebuah aplikasi di Android.

Hapus/Uninstal Aplikasi Lewat Play Store

  1. Metode ini seharusnya bekerja di semua versi Android. Pertama, silakan buka Play StoreLalu, tekan tombol menu di sudut kiri atas.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 1
  2. Kemudian pilih My apps & games.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 2
  3. Masuk ke tab INSTALLED. Akan muncul daftar aplikasi yang terinstal di perangkat andaPilih aplikasi yang ingin anda hapus dengan cara menekan tombol OPEN di sebelah nama aplikasi.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 3
  4. Di layar berikutnya, cukup tekan tombol UNINSTALL untuk menghapus aplikasi tersebut dari ponsel anda.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 4
  5. Akan muncul jendela konfirmasi, tekan saja OK.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 5

Selesai, anda sudah berhasil menghapus aplikasi tersebut dari ponsel anda. Mudah bukan?

Hapus/Uninstal Aplikasi Lewat Menu Settings

  1. Masuk ke Settings kemudian pilih opsi Apps.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 6
  2. Pastikan anda berada di tab ALL. Di bagian ini anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di perangkat anda. Cari lalu pilih aplikasi yang ingin anda hapus.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 7
  3. Di layar berikutnya, cukup tekan tombol UNINSTALL untuk menghapus aplikasi tersebut dari ponsel anda. Jika anda ingin memastikan tidak ada data aplikasi yang tersisa maka tekan terlebih dahulu tombol CLEAR DATA di bagian bawah sebelum menekan tombol UNINSTALL.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 8
  4. Akan muncul jendela konfirmasi, tekan saja OK.
    2 Cara Untuk Uninstall Aplikasi Di Android 9
Cara Clear Cache Aplikasi Di Android

Cara Hapus Cache Aplikasi di Android

Tutorial ini dicoba pada perangkat yang menjalankan Android KitKat dengan pengaturan bahasa Indonesia. Untuk versi Android yang lebih baru, mungkin ...
0 comments
Cara Clear Data Aplikasi Di Android

Cara Hapus Data Aplikasi di Android

Tutorial ini dicoba pada perangkat yang menjalankan Android KitKat dengan pengaturan bahasa Indonesia. Untuk versi Android yang lebih baru, mungkin ...
0 comments

Hapus/Uninstal Aplikasi Langsung dari App Drawer

App drawer adalah layar yang menampilkan shortcut aplikasi. Sebagian besar versi Android telah mendukung fitur penghapusan aplikasi langsung dari app drawer.

Caranya, cukup buka layar app drawer kemudian tekan lama pada shortcut aplikasi yang ingin anda hapus.

Akan muncul ikon atau menu baru yang berfungsi untuk menghapus aplikasi. Dalam contoh kami, setelah menekan lama pada shortcut aplikasi maka akan muncul ikon X di masing-masing aplikasi.

Tekan ikon tersebut dan anda akan masuk ke layar penghapusan. Silakan selesaikan prosesnya.

Hapus/Uninstal Aplikasi Langsung dari Home Screen

Prosedurnya sama dengan cara menghapus aplikasi lewat app drawer, hanya saja kali anda perlu menekan lama shortcut aplikasi yang ada di Home Screen sampai muncul ikon atau menu baru yang memungkinkan anda untuk menghapus aplikasi tersebut.

Catatan: Jika ternyata perangkat atau versi Android yang anda gunakan tidak mendukung fitur penghapusan aplikasi via App Drawer & Home Screen maka anda dapat menggunakan aplikasi Launcher pihak ketiga.

Aplikasi tersebut biasanya telah menyertakan fitur penghapusan aplikasi langsung lewat App Drawer & Home Screen.

Untuk beberapa aplikasi, mungkin anda tidak akan menemukan opsi untuk menghapusnya. Biasanya ini adalah aplikasi bawaan dari sistem operasi atau dari vendor smartphone anda.

Selain itu, masih ada opsi lain untuk menghapus sebuah aplikasi di Android, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah Easy Uninstaller App Uninstall. Atau anda dapat mencari aplikasi sejenis langsung di Play Store.

Lihat juga:

Cara Memulihkan Aplikasi Yang Dihapus Di Android 2

Cara Instal Ulang Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

Ketika anda melakukan Factory Reset atau instalasi ROM khusus, secara default semua aplikasi anda akan dihapus dari perangkat.  Jika anda ...
0 comments
Cara Mudah Uninstall Beberapa Aplikasi Android Sekaligus

Cara Mudah Uninstall Banyak Aplikasi di Android

Ada hampir 200 juta aplikasi di Play Store dan sebagain besar adalah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis. Sistem operasi ...
0 comments
Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: