Cara Instal Ulang Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

Cara Memulihkan Aplikasi Yang Dihapus Di Android 2

Ketika anda melakukan Factory Reset atau instalasi ROM khusus, secara default semua aplikasi anda akan dihapus dari perangkat. 

Jika anda memiliki backup aplikasi, maka tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan backup itu untuk menginstal ulang aplikasi yang dihapus.

Tapi, jika anda tidak memiliki backup, maka anda perlu menginstal semua aplikasi dari awal. Mencari dan menginstal semua aplikasi dari Play Store akan memakan waktu.

Juga, akan menjadi sulit jika anda lupa nama-nama aplikasi yang sebelumnya diinstal pada perangkat anda.

Di artikel kali ini, kami akan memberitahu bagaimana cara mudah menginstal ulang semua aplikasi yang telah dihapus di perangkat anda.

Catatan: Dalam tutorial ini kami menggunakan perangkat dengan OS Android Lollipop dan Play Store versi 12.4.30.

Instal Ulang Aplikasi Langsung dari Play Store

Anda dapat menginstal ulang semua aplikasi yang sudah diuninstal atau dihapus dengan menggunakan metode ini.

Namun, kelemahan dari metode ini adalah anda dapat memulihkan aplikasi yang sudah dihapus tapi tidak dapat mengembalikan pengaturan aplikasi.

Selain itu, cara ini tidak dapat mengembalikan aplikasi yang anda dapat bukan dari Play Store, atau aplikasi yang didapat dari sumber lain selain Play Store.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, anda harus menggunakan akun google yang sama yang sebelumnya anda gunakan untuk Play Store. Kemudian buka Play Store.
  2. Tekan ikon Menu di bagian kiri atas untuk membuka panel menu, pilih opsi My apps & games.
    Cara Memulihkan Aplikasi Yang Dihapus Di Android
  3. Masuk ke tab LIBRARY. Anda akan melihat daftar aplikasi yang sudah diuninstal atau dihapus.
    Cara Memulihkan Aplikasi Yang Dihapus Di Android 1
  4. Periksa daftar dan instal aplikasi yang anda butuhkan. Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak anda butuhkan lagi dengan dengan menekan ikon X di samping nama aplikasi.

Itu saja. Setiap kali anda menginstal sebuah aplikasi dari Play Store maka Play Store secara otomatis akan mencatatnya dan itu semua bisa anda temukan pada bagian LIBRARY atau jika perangkat anda menggunakan bahasa Indonesia maka bagian ini biasanya bernama KOLEKSI.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: