Cara Cek Penggunaan Data Internet di Windows 10

Pjimage (3)

Apakah internet di rumah anda memiliki batas penggunaan data? Atau anda sering bepergian menggunakan koneksi yang terbatas?

Ketika anda menggunakan Windows, penggunaan data internet sepenuhnya tergantung dari tingkat pemakaian anda sendiri. Mungkin anda hanya menggunakannya untuk browsing, streaming atau sekedar mengunduh file di internet.

Tapi apapun itu, ada banyak jenis aktivitas yang dapat anda lakukan di Windows dan membutuhkan koneksi internet. Pada akhirnya, tidak mudah bagi anda untuk mengetahui informasi penggunaan data internet secara detail.

Untungnya, Windows 10 sudah memiliki tool bawaan yang dapat merekam dan menampilkan penggunaan data internet anda.

Untuk mengaksesnya, buka Settings, kemudian pilih Network & Internet, lalu pilih tab Data Usage.

Cara Mengecek Penggunaan Data Jaringan Di Windows 10

Cara Mengecek Penggunaan Data Jaringan Di Windows 10 1

Anda akan melihat sebuah diagram lingkaran yang mewakili berapa banyak data yang telah anda gunakan pada koneksi nirkabel dan kabel dalam 30 hari terakhir.

Untuk detail lebih lanjut, klik Usage Details di bawah lingkaran untuk membuka daftar detail aplikasi apa saja yang banyak mengonsumsi data.

Pjimage (2)

Jika anda sering memeriksa informasi ini, anda dapat membuat shortcut. Klik kanan pada entri Data usage di sidebar, dan pilih Pin to Start untuk menambahkan shortcut di Start Menu anda.

Cara Mengecek Penggunaan Data Jaringan Di Windows 10 4

Shortcut akan diperbarui secara langsung untuk menunjukkan kepada anda berapa banyak data yang telah anda gunakan sejauh ini, dan anda dapat mengkliknya untuk masuk ke tampilan informasi yang lebih detail.

Perhatikan bahwa informasi yang dikumpulkan oleh Windows anda mungkin tidak akan sama persis dengan catatan penggunaan data yang dilakukan provider.

Untuk referensi tambahan, anda bisa lihat video-video berikut ini:

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: