Cara Melihat Password Wi-Fi yang Tersimpan di Android (Root & No Root)

Cara Menjadikan Windows PC sebagai Wi-Fi Hotspot

Saya harap Anda tidak salah mengartikan judul di atas. Tutorial kali ini adalah untuk melihat password Wi-Fi yang sudah tersimpan atau jaringan Wi-Fi yang sudah pernah Anda gunakan sebelumnya, bukan jaringan Wi-Fi yang belum pernah Anda gunakan.

Ketika misalnya Anda mengunjungi tempat publik tertentu seperti cafe atau restoran dan menggunakan fasilitas Wi-Fi yang disediakan maka perangkat Android Anda akan menyimpan data semua jaringan Wi-Fi tersebut, termasuk password.

Tapi tidak ada cara sederhana bagi Anda untuk melihat kembali password Wi-Fi yang tersimpan, karena jika hanya untuk penggunaan pribadi, Anda memang tidak perlu mengingat password setiap jaringan Wi-Fi.

Perangkat Android akan secara otomatis terhubung ke setiap jaringan yang tersedia, yang sebelumnya pernah Anda gunakan tanpa perlu menginput ulang password.

Tutorial kali ini juga akan berguna di banyak kondisi. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, katakanlah Anda datang ke cafe bersama teman-teman yang baru pertama kali ke tempat tersebut.

Sebelum menanyakannya pada pelayan cafe, teman Anda tentu akan menanyakan password Wi-Fi kepada Anda karena Anda lah yang sudah terbiasa menggunakan fasilitas Wi-Fi di tempat tersebut.

Tutorial ini akan dibagi menjadi dua metode, yaitu untuk perangkat rooted dan non rooted. Langsung saja, simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Melihat Password Wi-Fi Tersimpan di Perangkat Android Non Rooted

Untuk perangkat non rooted, metode yang tersedia sangat terbatas dan hanya bekerja jika Anda dapat masuk ke panel Admin router.

Jika Anda mencoba metode ini untuk melihat password Wi-Fi tempat-tempat umum seperti cafe atau restoran maka kemungkinan untuk berhasil sangat kecil.

  1. Pertama, pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi dari router tersebut.
  2. Download dan instal aplikasi Router Setup Page.
    Router Setup Page
    Router Setup Page
    Developer: NevrGivApp
    Price: Free
  3. Buka aplikasinya kemudian pilih Open Router Page.
    Cara Melihat Password Wi Fi Yang Tersimpan Di Android 1
  4. Masukkan username dan password router, default nya adalah password: admin & username: admin.
    Cara Melihat Password Wi Fi Yang Tersimpan Di Android 2
  5. Dalam contoh kali ini saya mencoba masuk ke panel Admin router FiberHome di rumah saya. Masuk ke bagian Network » Advanced dan password bisa ditemukan di bagian Passphrase.
    Cara Melihat Password Wi Fi Yang Tersimpan Di Android 3

Langkahnya mungkin akan berbeda untuk setiap jenis router, silakan disesuaikan dengan jenis/merek router Anda.

Cara Melihat Password Wi-Fi Tersimpan di Perangkat Android Rooted

Tersedia lebih banyak cara atau metode untuk perangkat rooted, di sini saya akan menjelaskan dua di antaranya. Keduanya memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga namun sama-sama efektif dalam melihat password Wi-Fi yang tersimpan.

Metode 1 (Paling Mudah): Menggunakan Aplikasi Wifi Password Show

Anda bisa menggunakan aplikasi Wifi Password Show untuk dengan mudah melihat password jaringan Wi-Fi yang tersimpan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasinya di bawah ini.
    Wifi Password Show
    Wifi Password Show
    Developer: Phuongpn
    Price: Free
  2. Buka aplikasinya dan berikan izin akses root pada aplikasi.
  3. Selanjutnya aplikasi akan langsung menampilkan daftar jaringan Wi-Fi yang pernah digunakan lengkap dengan password. Anda bahkan dapat membuat QR Code dari password masing-masing jaringan dengan cara tekan jaringan yang dimaksud kemudian pilih HASILKAN KODE QR.
Cara Scan Qr Code Dan Barcode Dengan Ponsel Android

Cara Memindai QR Code dan Barcode dengan Ponsel Android

Apa Itu QR Code? QR adalah singkatan dari Quick Response, jadi QR Code memiliki arti Quick Response Code. QR Code ...
0 comments

Metode 2: Menggunakan Aplikasi File Manager dengan Hak Akses Root

Metode ke-2 adalah menggunakan aplikasi File Manager dengan hak akses root.

Dalam contoh kali ini saya menggunakan Root Explorer namun Anda bisa menggunakan aplikasi File Manager apapun, yang terpenting dapat mengakses file-file sistem.

Jika belum punya, download dan instal salah satu aplikasi di bawah ini:

Root Explorer
Root Explorer
Developer: Speed Software
Price: To be announced
ES File Explorer File Manager
ES File Explorer File Manager
Developer: ES Global
Price: Free
  1. Buka aplikasi File Manager kemudian navigasikan ke data » misc » wifi » wpa_supplicant.conf. Jika bingung, pastikan saat ini Anda berada di direktori terluar kemudian masuk ke folder data lalu masuk ke folder misc lalu masuk ke folder wifi dan cari file bernama wpa_supplicant.conf. (Klik gambar untuk memperbesar)
  2. Buka file wpa_supplicant.conf, Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersimpan lengkap dengan password yang bisa Anda lihat pada bagian psk. Ingat! cukup dilihat saja, jangan sampai Anda mengedit apapun yang ada di dalamnya.
    Cara Melihat Password Wi Fi Yang Tersimpan Di Android 14

Tambahan, untuk perangkat Xiaomi dengan MIUI 8 (minimal), sudah tersedia opsi untuk membagikan password Wi-Fi. Caranya, masuk ke Settings » Wi-Fi kemudian tekan opsi Tap to share password.

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: