3 Pengaturan Tersembunyi Facebook yang Perlu Anda Ubah Segera

Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak

Terkait masalah privasi yang dialami Facebook baru-baru ini, kecaman mulai muncul dari banyak pihak termasuk aksi menghapus akun Facebook sebagai aksi protes.

Menghapus akun Facebook mungkin tidak ada artinya, tetapi jika anda khawatir tentang data pribadi anda yang disimpan oleh Facebook dan kemudian disalahgunakan, berikut 3 pengaturan Facebook yang mungkin dapat sedikit menjaga data pribadi anda.

Periksa Penggunaan Aplikasi dan Layanan

Jika anda mencoba memastikan bahwa anda memberikan sangat sedikit data anda, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah dengan memerika aplikasi dan layanan yang telah tersambung ke akun Facebook anda.

Untuk melakukannya sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Account Settings lalu pilih Apps and Website.
  2. Dari sini, anda akan melihat daftar aplikasi yang telah anda hubungkan ke akun Facebook anda. Periksa dan hapus yang sudah tidak lagi anda gunakan.3 Pengaturan Facebook Yang Mungkin Ingin Anda Ubah

Saat anda menghapusnya, akan muncul Pop up yang memberitahu anda bahwa aplikasi dapat menyimpan data yang telah dikumpulkan.

Itu sesuatu yang tidak dapat anda perbaiki, tetapi setidaknya jika anda menghapus aplikasi tersebut, nantinya aplikasi yang dimaksud tidak akan lagi mengumpulkan data anda dan menyimpannya.

Mengelola Perizinan Aplikasi

Facebook menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan para pengguna perangkat mobile dalam mengakses layanannya.

Jika anda salah satu yang menggunakan aplikasi Facebook, mungkin anda perlu memeriksa beberapa hal berikut:

  1. Masuk ke Settings, lalu cari Facebook. Setelah masuk, buka menu Settings. 
  2. Dari sini anda akan melihat beberapa tindakan yang dapat anda hilangkan perizinannya.3 Pengaturan Facebook Yang Mungkin Ingin Anda Ubah 3

Dengan anda menghilangkan izin untuk Camera dan Microphone, aplikasi Facebook tidak akan membiarkan anda menggunakan Facebook Camera untuk mengambil foto dan upload stories.

Ini juga berarti Facebook tidak akan membiarkan aplikasi apapun untuk menggunakan kamera di ponsel anda.

3 Pengaturan Facebook Yang Mungkin Ingin Anda Ubah 4

Membatasi Jenis Iklan yang Muncul Pada Akun Facebook anda

Anda harus mulai memperhatikan bagaimana Facebook mengetahui hal-hal yang mungkin anda minati kemudian menampilkan iklan yang terkait dengan hal yang anda minati tersebut.

Pernahkan anda merasa bahwa Facebook mengetahui apa yang anda cari di situs lain? itu memang benar.

Jika anda ingin Facebook tidak melacak seluruh aktivias online anda, berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  1. Pada bagian Account Settings, klik pada menu Ads.
  2. Dari sini, anda dapat mengubah data pribadi anda yang tidak anda ingin di bagikan dengan pembuat iklan.3 Pengaturan Facebook Yang Mungkin Ingin Anda Ubah 1
  3. Anda juga dapat beralih ke kategori dan menghapus dari kategori yang tidak ingin terkait dengan anda.

Ada beberapa hal lain yang dapat anda ubah untuk lebih mengontrol jenis iklan yang akan anda lihat, dan untuk membatasi pelacakan lainnya dapat dengan membuka menu Ad Settings di bawah menu Your information.

  • Atur Ads based on data from partners menjadi Not allowed.
  • Atur Ads based on your activity on Facebook Company Product that you see elsewhere menjadi Not allowed.
  • Atur Ads that include your social actions menjadi No One.

3 Pengaturan Facebook

Selain itu, ada beberapa aturan dasar yang perlu diperhatikan untuk memastikan tidak ada aplikasi yang tidak perlu dapat mengakses data anda.

  • Pertama, jangan memasuki website dan layanan pihak ketiga menggunakan akun Facebook anda kecuali memang benar-benar diperlukan.
  • Jika anda masuk dengan akun Facebook, pastikan anda memeriksa data yang mereka minta. Ketika anda merasa ada sesuatu yang mencurigakan, jangan lanjutkan dengan tidak masuk menggunakan akun Facebook anda.
Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: