Apa Itu Pixel per Inch (ppi) dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

ppi

Kepadatan piksel atau dalam bahasa Inggris pixel density yang biasanya dinyatakan dalam satuan pixel per inch (ppi) adalah indikasi penting yang memberitahu Anda tentang seberapa jelas layar dari sebuah perangkat elektronik.

Semakin besar nilai ppi maka bisa diartikan kepadatan atau kerapatan piksel dalam satuan area inci semakin tinggi. Hasilnya, layar yang akan Anda lihat akan semakin halus dan jelas.

Apa Arti ppi?

Sedikit keliru jika ppi didefinisikan sebagai kepadatan piksel, ini sama dengan Anda mengartikan “cm” sebagai panjang, padahal panjang sendiri tidak hanya bisa dinyatakan dalam “cm” tetapi bisa dengan meter, km dan lain sebagainya.

Lebih tepatnya, ppi adalah satuan yang menyatakan kepadatan piksel sebuah layar.

Jadi, jika Anda memiliki perangkat besar seperti Samsung Galaxy Mega 6.3 misalnya, walaupun memiliki resolusi layar yang tinggi, nyatanya Galaxy Mega 6.3 memiliki ppi yang lebih rendah dari Samsung Galaxy S4, itu disebabkan karena piksel tersebar di area yang jauh lebih besar.

Bayangkan layar ponsel adalah sebuah grid, di mana piksel akan menempati setiap baris dan kolom di dalamnya.

Dengan Samsung Galaxy Mega 6.3, jika Anda memegangnya dalam modus potret, terdapat 720 piksel sepanjang layar secara horisontal dan 1280 piksel secara vertikal. Oleh karena itu Samsung Galaxy Mega 6.3 disebut memiliki resolusi 720×1280 piksel.

Layar HD diukur dari segi jumlah piksel yang melintas sepanjang layarnya, sehingga dalam contoh Samsung Galaxy Mega 6.3 ini disebut sebagai layar 720p. Sebuah layar Full HD terdiri dari 1080 piksel sepanjang layarnya, sehingga Sony Xperia Z Ultra digambarkan memiliki tampilan Full HD 1080p.

Bagaimana Cara Menghitung ppi Sebuah Layar?

Dalam istilah awam, ppi mengacu pada jumlah piksel yang tersebar di seluruh area permukaan layar, tetapi karena layar diukur secara diagonal maka tidak bisa sesederhana mengalikan jumlah pixel mendatar dengan jumlah piksel yang menurun dan kemudian membaginya dengan pengukuran diagonal.

Agar mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan kalkulator ppi siap pakai untuk mengetahui nilai ppi dari layar apapun tanpa terlibat dalam Teorema Pythagoras.

Uniknya ppi adalah, bahwa semakin besar layar maka semakin rendah ppi tersebut. Hal ini disebabkan karena layar yang lebih besar membuat tiap individu piksel menjadi lebih besar (meregang) agar dapat mengisi seluruh ruang.

Mari kita bandingkan antara Samsung Galaxy Mega 6.3 dengan ukuran layar 6,3 inci dan Samsung Galaxy S3 dengan ukuran layar 4,8 inci.

Keduanya memiliki resolusi yang sama yaitu 720×1280 piksel, sehingga keduanya memilki jumlah piksel yang sama tetapi dengan nilai kepadatan piksel yang berbeda. Galaxy Mega 6.3 memiliki kepadatan piksel 223 ppi sedangkan Galaxy S3 memiliki kepadatan piksel 306 ppi.

Kesimpulannya adalah, meskipun memiliki jumlah piksel yang sama, tetapi ketika ukuran layarnya berbeda maka akan berbeda pula nilai kepadatan piksel. Dengan resolusi yang sama, semakin kecil layar maka piksel akan terkonsentrasi pada area yang lebih kecil sehingga akan semakin tinggi nilai kepadatan piksel.

Apakah ppi Penting?

Hal menarik tentang perangkat yang memiliki ppi lebih tinggi dari 400 adalah mata Anda sendiri yang tidak akan mampu melihat tingginya konsentrasi piksel pada jarak pandang smartphone yang normal.

Mata hanya bisa melihat kepadatan piksel hingga 399, sehingga Anda tidak akan dapat membedakan antara perangkat dengan ppi 400 dan 440 (misalnya Samsung Galaxy S4).

Kesimpulannya, apa yang kita sebut layar ‘Full HD’ hanya berpengaruh jika Anda memiliki perangkat dengan ukuan layar 5,7 inci atau lebih besar, dimana piksel menjadi lebih besar dan lebih terlihat.

Cara Manual Menghitung ppi

Secara teoritis, ppi dapat dihitung dengan mengetahui ukuran diagonal dari sebuah layar dalam satuan inci dan resolusi layar dalam satuan piksel (lebar dan tinggi). Menghitung ppi dapat dilakukan dengan dua langkah.

1. Menghitung resolusi diagonal dalam satuan piksel menggunakan teorema Pythagoras

Teorema Pythagoras untuk menghitung ppi 1

2. Menghitung ppi dengan rumus berikut

Teorema Pythagoras untuk menghitung ppi 2

dimana:

  • dp adalah resolusi diagonal dalam satuan piksel
  • wp adalah resolusi lebar (horisontal) layar dalam satuan piksel
  • hp adalah resolusi tinggi (vertikal) layar dalam satuan piksel
  • di adalah ukuran diagonal dalam satuan inci

Contoh:

  1. Sebuah perangkat dengan ukuran layar 21,5 inci dan resolusi Full HD (1920×1080) akan memiliki kepadatan piksel 102,46 ppi (di mana wp = 1920, hp = 1080 dan di = 21,5) → akar (19202 + 10802) / 21,5 = 102,46 ppi.
  2. Perangkat dengan ukuran layar 10,1 inci dan resolusi 1024×600 piksel akan memiliki kepadatan piksel 117,5 ppi (di mana wp = 1024, hp = 600 dan di = 10,1) → akar (10242 + 6002) / 10,1 = 117,5 ppi.
  3. Dengan cara yang sama, perangkat dengan layar 27 inci dan resolusi 2560×1440 piksel akan menghasilkan kepadatan piksel 109 ppi.
Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
3 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
aulphone
aulphone
1 tahun yang lalu

gan cara menhitung akar gimana bisa dijelasin gk?

Si Anu
Si Anu
1 tahun yang lalu
Reply to  aulphone

Begini rumusnya: Untuk membuat akar kelapa 10 porsi = Tepung beras x tepung ketan / jumlah telur

Si komo
Si komo
3 bulan yang lalu
Reply to  Si Anu

😩😒