Cara Uninstal iOS 10 dan Downgrade ke iOS 9

Cara Meng Uninstall Ios 10 Dan Downgrade Ke Ios 9

iOS 10 memiliki cukup banyak penggemar. Tetapi banyak juga orang-orang yang mengeluhkan masalah pada iOS 10.

Nah, jika teman-teman salah satu pengguna yang ternyata kurang begitu suka dengan iOS 10, teman-teman dapat melakukan “downgrade” atau turun versi dari iOS 10 ke iOS 9.

Secara teknis, caranya yaitu dengan meng-uninstal iOS 10 teman-teman kemudian menginstal iOS 9. Di sini saya akan memandu teman-teman bagaimana cara melakukannya.

Cara Downgrade dari iOS 10 ke iOS 9 Menggunakan File Backup

Sebelum teman-teman downgrade kembali ke iOS 9, pastikan bahwa ketika teman-teman meng-upgrade ke iOS 10, teman-teman telah mencadangkan data iPhone atau iPad. Jika teman-teman telah melakukannya, maka menghapus iOS 10 dan menginstal ulang iOS 9 cukup mudah.

Backup data ini akan disimpan di PC atau Mac teman-teman sebagai file IPSW. File ini biasanya disimpan di username/Library/iTunes/, di mana username adalah nama yang teman-teman gunakan untuk masuk ke Mac OS X atau Windows dan di dalamnya biasanya ada folder iPad Software Updates, iPhone Software Updates atau iPad Software Updates.

Versi iOS 9 yang teman-teman gunakan adalah versi iOS 9 yang terakhir yaitu iOS 9.3.2.ipsw serta file tersebut harus memiliki nama perangkat teman-teman dan nomor iOS seperti mattiphone_9.3.2_Restore.ipsw.

Cara Meng Uninstall Ios 10 Dan Downgrade Ke Ios 9 1

Jika teman-teman tidak dapat menemukan file tersebut, mungkin teman-teman perlu mencari secara online untuk menemukan file tersebut.

Berhati-hatilah ketika mencari file ipsw di internet, karena jika salah teman-teman bisa saja mengganti iOS 10 dengan iOS 9 tanpa menginstal file dan aplikasi. Karena itu saya rekomendasikan situs web yang baik untuk menemukan file ipsw, yaitu ipsw.me.

Selanjutnya, buka file .ipsw. Untuk melakukan ini, pasang iPhone atau iPad teman-teman ke PC atau Mac, lalu jalankan iTunes.

Setelah iTunes terbuka, klik pada perangkat teman-teman dari menu iTunes dan pilih Summary. Sekarang, tahan tombol Option pada keyboard Mac, atau tahan Alt pada PC dan klik tombol Restore.

Cara Meng Uninstall Ios 10 Dan Downgrade Ke Ios 9 2

Sebuah jendela akan terbuka, kemudian cari file iOS 9.3.2.ipsw. Pilih file tersebut dan klik Open. Maka iTunes akan menghapus iOS 10 dan menginstal ulang iOS 9.

Jika teman-teman mendapat pesan yang mengatakan bahwa teman-teman menjalankan versi iOS terbaru, Restart iPhone atau iPad dalam mode Recovery.

Tetapi sebelum teman-teman melakukan itu, matikan dulu  iPhone atau iPad teman-teman dan putuskan sambungan ke PC atau Mac. Selanjutnya tahan tombol Home saat teman-teman memasang kembali kabel ke PC atau Mac.

iTunes akan menjelaskan bahwa perangkat teman-teman dalam mode Recovery. Kemudian tahan tombol Option atau Alt pada keyboard lalu cari file iOS 9.3.2.ipsw dan klik file tersebut untuk menginstal. Selesai!

sumber: techradar.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: