Cara Instal Aplikasi Android dari Sumber Lain di Luar Play Store

Cara Instal Aplikasi Android Dari Sumber Lain Di Luar Play Store

Cara paling mudah dan aman menginstal aplikasi di Android adalah melalui Google Play Store. Namun pada situasi tertentu kadang kita perlu menginstal aplikasi dari sumber lain di luar Google Play Store, mungkin dengan alasan aplikasi yang kita cari tidak ada atau memang tidak tersedia di Google Play Store.

Nah, bagi anda yang bermaksud untuk menginstal aplikasi Android dari sumber lain di luar Play Store, di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya.

Pada dasarnya, anda hanya perlu menginstal langsung file APK dari aplikasi yang dimaksud. Tapi sebelum dapat melakukan itu, ada beberapa pengaturan di perangkat anda yang perlu diubah.

[pg_posts id=”7546″ posts_per_page=”1″]

Aktifkan Opsi “Unknown Sources” di Perangkat

  1. Buka menu Settings » Security.
  2. Centang kotak Unknown sources. Untuk ponsel yang diatur dalam bahasa Indonesia, opsi ini bernama Sumber tidak dikenal.
    Cara Aktifkan Opsi Unknown Sources Di Android 3
  3. Akan muncul kotak konfirmasi, tekan OK.

Dengan mencentang bagian tersebut, anda dapat menginstal aplikasi langsung menggunakan file APK yang sebelumnya sudah anda download.

Biasanya jika anda diminta untuk mengizinkan penginstalan dari sumber yang tidak dikenal ketika mencoba menginstal satu aplikasi, akan muncul pop up yang menanyakan apakah tindakan tersebut diperbolehkan sesekali penginstalan saja atau dijadikan pengaturan default.

Paling aman adalah mengizinkannya secara satu per satu penginstalan kecuali anda ingin menginstal banyak file APK. Kalau anda ingin menginstal nya secara bersamaan, jangan lupa untuk mengubah pengaturan nya seperti semula.

Cara Menginstal Aplikasi Diluar Google Play Store

Risiko menginstal aplikasi dari sumber lain di luar play store

Ada alasan tersendiri mengapa android tidak secara default mengizinkan anda untuk menginstal APK dari sumber lain di luar play store.

Dari segi keamanan tentu tindakan tersebut tidaklah aman. Tapi jika anda tahu apa yang anda lakukan dan hanya men-download file APK dari sumber aman dan terpercaya maka tidak masalah.

Keampuhan aplikasi anti-virus di Android sudah lama menjadi bahan perdebatan, tetapi juga kadang memberi manfaat.

Aplikasi anti-virus biasanya akan meninjau setiap aplikasi yang akan anda instal. Setidaknya pada tahap ini anda akan mendapatkan peringatan tentang bahaya menginstal aplikasi tidak resmi.

Dengan membiarkan semua aplikasi yang tidak jelas sumbernya itu masuk, anda memberikan jalan pada virus yang bisa saja men-download aplikasi lain secara diam-diam.

Download dan instal file APK

Berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mencari file APK dari aplikasi yang ingin anda instal. Beberapa aplikasi resmi juga kadang menyediakan versi APK untuk anda download dan instal secara langsung tanpa melalui Play Store.

Sebagai contoh, WhatsApp lewat website resminya menyediakan file APK untuk aplikasinya yang bisa Anda download untuk kemudian menginstalnya secara manual.

Setelah di-download, tinggal tekan file APK tersebut dan proses instalasi akan dimulai. Jika diperlukan anda akan ditanyakan perihal izin untuk melanjutkan penginstalan.

Download APK Lewat Komputer

Bagi anda yang tidak bisa men-download file APK langsung ke smartphone, bisa juga dengan men-download file nya ke PC atau laptop, kemudian hubungan ponsel dengan komputer menggunakan kabel USB dan transfer file APK dari komputer ke perangkat anda.

[pg_posts id=”10632″ posts_per_page=”1″]

Cara ini nantinya tetap mengharuskan anda untuk mengaktifkan opsi Unknown Sources. Sedangkan untuk dapat mengakses file APK tersebut, dibutuhkan aplikasi file manager.

[pg_posts id=”15574″ posts_per_page=”1″]

Bagaimanapun, tidak semua pengembang menyediakan link download file APK dari aplikasi yang mereka buat. Untuk itu, anda perlu men-download file APK di situs-situs yang memang menyediakan file APK dari berbagai macam aplikasi Android.

Lihat daftar lengkapnya di artikel berikut:

[pg_posts id=”7531″ posts_per_page=”1″]

sumber: androidpit.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
2 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
repelis plus
repelis plus
3 tahun yang lalu

I installed the Android application on the Tulidescargar homepage: https://repelisplusdescargar.net/

tulidescargar
tulidescargar
4 tahun yang lalu

Saya memasang aplikasi Android di beranda Tulidescargar: https://tulidescargar.com/