Cara Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi di Google Play

Cara Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi Di Google Play

Ini adalah salah satu masalah yang saya alami dulu di Google Play, yaitu ketika semua aplikasi yang saya instal secara otomatis melakukan pembaruan tanpa saya sadari.

Masalah yang saya rasakan bukan terkait kinerja ponsel tapi terkait konsumsi data internet. Ada lebih dari 30 aplikasi yang terinstal di ponsel saya dan semuanya secara berkala melakukan pembaruan secara otomatis.

Jika saat ini Anda mengalami hal yang sama, di sini saya akan menunjukkan bagaimana cara memperbaikinya, yaitu menonaktifkan fitur auto-update aplikasi di Google Play.

Cara Nonaktifkan Fitur Auto-Update Aplikasi di Google Play

  1. Buka aplikasi Google Play Store kemudian tekan tombol menu di kiri atas dan pilih Settings atau Setelan.
  2. Di bagian GENERAL atau UMUM, tekan pada Auto-update apps atau Update aplikasi secara otomatis.
  3. Di sini Anda akan melihat 3 pilihan: Do not auto-update apps, Auto-update apps at any time. Data charges may apply, Auto-update apps over Wi-Fi only.
    Cara Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi Di Google Play B
  4. Pilih opsi yang pertama yaitu Do not auto-update apps atau jika Anda menggunakan Google Play dalam bahasa Indonesia, pilih opsi Jangan update aplikasi secara otomatis. Jika Anda tetap ingin mengizinkan aplikasi untuk melakukan pembaruan secara otomatis tapi hanya melalui jaringan Wi-Fi maka pilih opsi ketiga.

Cara Memperbarui Aplikasi di Play Store secara Manual

Jika Anda memilih agar setiap aplikasi tidak melakukan pembaruan secara otomatis maka sebagai gantinya Anda perlu memperbarui aplikasi-aplikasi tersebut secara manual.

Untuk memperbarui aplikasi secara manual, tekan kembali tombol menu di kiri atas layar kemudian pilih My apps & games dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di ponsel Anda.

Cara Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi Di Google Play C

Aplikasi dengan pembaruan yang tersedia akan ditampilkan di bagian atas dan sisanya akan ditampilkan di bagian bawah. Di sini Anda dapat memilih memperbarui semua aplikasi dengan menekan tombol UPDATE ALL.

Atau memperbarui aplikasi secara individu dengan menekan tombol UPDATE di samping aplikasi yang dimaksud.

Sumber gambar: androidpit.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: