Cara Instal MIUI 10 Beta di Ponsel Xiaomi

Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi

Xiaomi telah meluncurkan MIUI 10 bagi Anda pengguna setianya dan pembaruan pada MIUI 10 ini menjadi salah satu pengumuman yang paling ditunggu oleh para pengguna setia ponsel yang satu ini.

Rilis versi stabil dari MIUI 10 sendiri diperkirakan masih akan memakan waktu beberapa bulan lagi. Namun, perusahaan asal Cina itu telah merilis versi Beta yang sudah bisa Anda download dan gunakan sekarang juga.

Di sini saya akan memandu Anda, mulai dari men-download MIUI 10 Beta sampai dengan proses instalasi. Simak langkah demi langkah dengan seksama.

Catatan: MIUI 10 Beta untuk saat ini hanya tersedia bagi ponsel Mi 5, Mi 6, Mi Mix 2, dan Redmi Note 5 Pro. Artikel ini akan saya perbarui mengikuti ketersediaan dukungan untuk perangkat lainnya. Selain itu, untuk dapat menginstal ROM ini, bootloader di perangkat Anda harus sudah unlocked (lihat caranya di sini). Selanjutnya, Anda perlu menginstal Minimal ADB dan driver Fastboot di komputer, baca panduannya di sini.

Langkah 1: Download TWRP Custom Recovery

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah men-download custom recovery TWRP untuk perangkat Anda. Berikut sudah saya siapkan link download-nya untuk masing-masing perangkat:

Langkah 2: Download MIUI 10 Beta (ZIP)

Langkah 3: Instalasi

  1. Matikan ponsel Anda lalu tekan dan tahan tombol Power + tombol Volume Down secara bersamaan. Ini akan membuat ponsel Anda booting ke mode fastboot.
    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi A
  2. Sekarang instal TWRP di perangkat Anda. Hubungkan perangkat ke PC dalam kondisi masih dalam mode fastboot kemudian buka Command Prompt atau PowerShell lalu jalankan perintah berikut:
    fastboot flash recovery lokasi_file_TWRP.img

    Contoh, saya men-download file .img TWRP dan menyimpannya di direktori terluar drive C:\, maka perintahnya menjadi:

    fastboot flash recovery C:/twrp.img

    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi B

  3. Setelah itu, jalankan perintah berikut untuk booting ke TWRP (custom recovery):
    fastboot boot lokasi_file_TWRP.img

    Contoh masih sama dengan di atas. Jika saya menyimpan file .img TWRP di direktori terluar drive C:\ maka perintanya menjadi seperti ini:

    fastboot boot C:/twrp.img

    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi C

  4. Setelah masuk ke TWRP, pilih Wipe » Format Data kemudian ketik yes untuk melanjutkan proses.
    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi D
  5. Ponsel Anda akan diformat dan jika sudah selesai, pilih Reboot » Recovery. Ini akan membawa ponsel Anda kembali booting ke TWRP. Kali ini, pilih Wipe » Advanced Wipe kemudian centang kotak Dalvik/ART Cache, Cache, dan System. Gesek slider yang ada di bawahnya untuk mengeksekusi.
    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi E
  6. Sekarang, pindahkan file MIUI 10 Beta dalam bentuk file ZIP yang Anda download di Langkah 2 tadi ke ponsel Anda. Masuk kembali ke TWRP, tekan Install dan pilih file ZIP MIUI 10 Beta yang sudah Anda pindahkan tadi.
    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi F
  7. Gesek slider di bagian bawah untuk mulai menginstal ROM. Setelah proses instalasi selesai, tekan Wipe cache/dalvik kemudian tekan Reboot System.
    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi G
  8. Itu saja! MIUI 10 Beta seharusnya sekarang sudah terinstal di perangkat Xiaomi Anda.
    Cara Instal Miui 10 Beta Di Ponsel Xiaomi H

Proses instalasi MIUI 10 Beta di perangkat Xiaomi cukup mudah bukan? Oh ya, MIUI 10 Beta ini berbasis Android Oreo dan banyak fitur baru yang diperkenalkan oleh Xiaomi di ROM terbarunya ini.

Meskipun begitu, MIUI 10 masih dalam versi Beta sehingga menurut saya tidak disarankan untuk diinstal di perangkat harian (perangkat yang digunakan untuk keperluan sehari-hari).

Sumber gambar: beebom.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
2 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
Muhamad turmuzi
Muhamad turmuzi
5 tahun yang lalu

Kenapa saya punya data sering hilang di xiomi redmi 5

Zaenudin Alvaro
Zaenudin Alvaro
5 tahun yang lalu

blm di backup ya?