Cara Urus Kartu ATM Mandiri yang Hilang (Mudah & Cepat)

Cara Urus Kartu Atm Mandiri Yang Hilang

(Gambar Ilustrasi) Kartu ATM Mandiri / via infoperbankan.com

Jangan panik, saya tahu Anda sedang kehilangan kartu ATM itu kenapa Anda membaca artikel ini. Intinya, tidak perlu panik karena proses mengurus atau mengganti kartu ATM Mandiri yang hilang sangatlah mudah.

Anggap saja Anda mau menukar kartu lama yang sudah lecek dengan kartu baru yang masih segar!

Namun, proses pengurusan ini menurut saya harus disegerakan. Ketika Anda sadar kartu ATM Mandiri Anda hilang, maka jika masih ada waktu sebaiknya hari itu juga Anda langsung mengurusnya.

Jangan ditunda-tunda. Ini demi keamanan, agar kartu lama yang hilang segera diblokir oleh pihak bank.

Sedikit berbeda dengan artikel tutorial pada umumnya di website ini. Artikel ini didasarkan pada pengalaman saya sendiri ketika kehilangan kartu ATM Mandiri.

Sudah 4 tahun saya menetap di wilayah Cimahi, Jawa Barat. Namun, KTP saya sebetulnya masih KTP Bandung dan rekening Mandiri saya waktu itu dibuat di cabang Mandiri yang ada di wilayah Cimahi.

Singkat cerita, pada Senin (14/05) malam saya bermaksud untuk menarik uang dari ATM. Saya memang terbiasa tidak pernah memeriksa dompet karena selama ini kartu ATM pasti selalu ada di dompet, kalau tidak ada ya berarti hilang.

Ternyata benar, setelah sampai di mesin ATM dan buka dompet kartu ATM tidak ada. Saya ingat, terakhir kali menggunakan kartu tersebut adalah pada hari Minggu (06/05), sekitar seminggu yang lalu.

Saya kembali ke rumah untuk mencari kartu tersebut barangkali terjatuh di dalam rumah namun tetap tidak ada. Tidak ingin membuang waktu dan energi, saya langsung asumsikan bahwa kartu saya hilang! Sudah hilang, jangan dicari lagi!

Pada tahap ini sebetulnya saya tidak bisa memastikan, apakah saya lupa mencabut kartu dari mesin ATM seminggu yang lalu atau terjatuh di jalan.

Buka internet, sedikit baca-baca bagaimana cara mengurus kartu ATM Mandiri yang hilang. Ternyata prosesnya hanya:

  • Membuat Surat Keterangan Kehilangan di Polsek.
  • Urus sisanya di Kantor Cabang Mandiri.

Dan yang harus Anda siapkan hanya:

  • KTP (Asli)
  • Buku Tabungan

Membuat Surat Keterangan Kehilangan di Polsek

Polsek Cimahi

Polsek Cimahi – Google Street View

Besok paginya, saya langsung meluncur ke Polsek Cimahi. Mungkin diantara Anda ada yang bertanya kenapa harus Polsek Cimahi? Bukankah KTP saya Bandung?

Membuat Surat Keterangan Kehilangan ternyata harus di wilayah di mana kehilangan itu terjadi, tidak peduli KTP Anda daerah mana.

Tiba di Polsek saya langsung menuju ke bagian Pelayanan dan bilang pada petugas mau membuat Surat Keterangan Kehilangan Kartu ATM. Setelah antri sebentar dan menjelaskan maksud kepada petugas, saya dimintai KTP.

Karena saya belum pernah mengurus surat-surat semacam ini saya pikir saya harus menceritakan kronologis kehilangannya. Ternyata tidak.

Pak petugas hanya minta KTP. Paling yang ditanya itu “Kartu ATM bank apa?”, saya jawab “Mandiri”, “Kartu milik sendiri?”, saya jawab “Iya pak”, “Nomor rekeningnya ada?”, saya jawab “Ada”. Terakhir, saya disuruh menyebutkan nomor rekening.

3 menit kemudian surat kehilangan saya sudah jadi. Saya tinggal tanda tangan terus pak petugas memberikan cap. Selesai!

Pertanyaan berikutnya, bayar tidak? Berapa biayanya?

Gratis alias tidak ada biaya dalam membuat Surat Keterangan Kehilangan.

Urus Sisanya di Kantor Cabang Mandiri

Mandiri Kcp Cimahi Cihanjuang

Mandiri KCP Cimahi Cihanjuang – Google Street View

Selesai dari polsek, saya langsung ke kantor cabang Mandiri yang jaraknya tidak jauh dari polsek. Langsung bilang ke petugas CS, kartu ATM saya hilang. Saya dimintai Surat Keterangan Kehilangan, KTP, dan Buku Tabungan kemudian saya disuruh mengisi formulir data diri.

Di sini pun tidak ditanya mengenai di mana hilangnya dan kapan. Ya, karena semua itu sudah ada di Surat Keterangan Kehilangan..wkwk

Sambil saya mengisi formulir data diri termasuk mengisi nomor rekening, petugas CS sambil memproses. Alhasil, tidak lama setelah saya selesai mengisi formulir, kartu ATM yang baru pun sudah siap.

Kartu ATM Mandiri berwarna biru saya yang hilang sekarang digantikan dengan kartu berwarna silver. Karena menurut petugas CS nya sudah tidak ada lagi kartu berwarna biru. Semuanya digantikan dengan yang warna silver.

Terakhir, saya buat PIN di bagian teller. Selesai! Oh ya, berapa biaya pembuatan kartu baru ini? Biayanya Rp15.000 dan itu diambil dari rekening. Kartu ini bisa langsung digunakan, atau setidaknya tunggu 10 menit setelah PIN dibuat.

Kesimpulan

Proses mengurus kartu ATM Mandiri yang hilang dan menggantinya dengan yang baru sangatlah cepat dan mudah. Yang perlu Anda siapkan hanya KTP asli dan Buku Tabungan Mandiri.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat Surat Keterangan Kehilangan di Polsek tempat di mana kartu Anda hilang. Prosesnya sangat cepat sehingga Anda bisa langsung mengurus sisanya di Kantor Cabang Mandiri terdekat pada hari yang sama.

Jika dikalkukasikan dengan tidak menyertakan waktu perjalanan, mulai dari membuat Surat Keterangan Kehilangan sampai dengan mengurus kartu yang baru di Kantor Cabang Mandiri mungkin hanya menghabiskan waktu kurang dari 1 jam!

Shares

14
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
8 Comment threads
6 Thread replies
11 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Zendy
Guest
Zendy

Kalau KTP ikut hilang juga, fotocopy ktp bisa apa engga?

Ain
Guest
Ain

Harus pakai ktp juga saya urus pakai sim tidak bisa harus menyertakan ktp asli

Agus
Guest
Agus

Kok prosesnya lama ngurus atm mandiri hilang

Nunyiati
Guest
Nunyiati

Pelayanan surat kehilangan dipolisi 24 jam gk?

Dinda
Guest
Dinda

Kalo bikin ATM tanpa menyertakan surat keterangan dr Polsek BS gk pak….

Jumiati
Guest
Jumiati

Gak bisa kak

Karena memang prosedur dari bank seperti itu

Ranny
Guest
Ranny

Mas kalo gaada buku tabungannya gimana? Bisa apa gak?

Roony
Guest
Roony

Mas saya pas udh ambil ATM suruh ambil pinggir mas tapi gk di buatin pin sama teller , tapi pas tak cek kok blom bisa digunakan ??

Ida
Guest
Ida

Mas itu kalo pin nya di gnti sm pin krtu yg udah hilng bisa g mss?

YZ
Guest
YZ

Sangat membantu sekali… terima kasih