Cara Manual Instal Ekstensi Google Chrome

Cara Manual Instal Ekstensi Google Chrome

Sudah sejak lama Google menonaktifkan fitur instalasi ekstensi Chrome dari sumber yang tidak resmi (sumber di luar Chrome Web Store).

Untungnya, tidak sedikit pengguna yang mendukung kebijakan ini karena sebuah ekstensi dengan sumber yang tidak jelas dapat menimbulkan risiko keamanan yang serius.

Namun, ada juga beberapa pengguna yang masih ingin menginstal ekstensi dari sumber lain selain Chrome Web Store. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Baik, di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstal sebuah ekstensi Chrome secara manual, yaitu tanpa melalui Chrome Web Store.

Catatan Penting

Sebelum masuk ke tutorial, saya ingin mengingatkan Anda bahwa praktik ini tidak disarankan. Itulah kenapa Google menonaktifkan fitur instalasi ekstensi Chrome dari sumber yang tidak resmi.

Setidaknya, sebuah ekstensi yang buruk bisa saja malah mengganggu aktivitas berselancar Anda. Selain risiko keamanan yang harus Anda tanggung sendiri, sebuah ekstensi bisa saja menyertakan iklan di dalamnya.

Yang Perlu Anda Lakukan Pertama Kali

Sebelumnya, bagi Anda yang ingin menginstal ekstensi Chrome secara manual hanya cukup menginstal file .crx dari ekstensi tersebut.

Sayangnya, kebijakan Google yang sudah saya singgung di atas tidak akan memungkinkan Anda untuk melakukan itu lagi.

Namun, jika Anda men-download versi pengembang dari Google Chrome, Anda tetap dapat mempraktikan cara-cara lama dalam menginstal sebuah ekstensi di Chrome.

Pertama, download installer dari dev channel kemudian instal seperti biasa. Setelah diinstal, masuk terlebih dahulu ke menu About Google Chrome. Pada bagian Version akan ada keterangan “dev-m”.

Cara Manual Instal Ekstensi Google Chrome 1

Berikutnya, buka kembali menu dan masuk ke Tools » Extensions. Centang kotak developer mode dan sekarang Anda siap untuk menginstal ekstensi.

Instalasi Ekstensi

Untuk menginstal sebuah ekstensi sebetulnya sangat mudah. Anda hanya perlu drag & drop file berformat .crx ke dalam jendela/halaman Extensions.

Selanjutnya, akan muncul pesan pop-up terkait izin akses serta penggunaan.

Cara Manual Instal Ekstensi Google Chrome 2

Perhatikan bahwa setiap ekstensi akan memberitahu Anda apa saja yang bisa dilakukan oleh ekstensi tersebut, termasuk mungkin hal-hal yang berkaitan dengan privasi Anda, seperti membaca riwayat browsing.

Di sini, Anda harus melakukan beberapa analisis risiko sendiri untuk selanjutnya memutuskan apakah Anda tetap ingin menggunakan ekstensi tersebut atau tidak.

Itu saja, ekstensi yang Anda instal tadi seharusnya sekarang sudah dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Terakhir, mungkin Anda perlu masuk ke halaman Extensions dan klik pada Options kemudian tinjau kembali konfigurasi ekstensi yang ada, barangkali ada beberapa konfigurasi yang perlu diubah.

Cara Manual Instal Ekstensi Google Chrome 3

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua ekstensi bisa Anda instal dengan cara seperti ini. Tingkat keberhasilan instalasi manual ini mungkin hanya sekitar 50%.

Tempat Mencari Ekstensi Google Chrome

Seperti yang Anda lihat di atas, sebenarnya menginstal ekstensi secara manual di Chrome sangatlah mudah, yang sulit itu adalah mencari dan menemukan ekstensi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut adalah 4 sumber ekstensi Google Chrome selain Chrome Web Store (tidak resmi).

Chrome Extensions

Chrome Extensions Ini adalah sebuah situs yang memuat cukup banyak ekstensi Chrome yang bisa Anda download. Sayangnya, situs ini tidak memiliki kontrol yang cukup untuk masing-masing ekstensi.

Anda tidak akan tahu apakah ekstensi yang Anda instal itu up-to-date atau justru sudah tidak berfungsi di sebagian besar versi Chrome.

GitHub

Ini adalah tempat para pengembang mengerjakan proyek dan membagikannya secara publik. Proyek-proyek yang dikerjakan di sini biasanya bersifat open source, yang berarti siapa saja dapat ikut mengerjakan/mengembangkan proyek.

Salah satu produk atau hasil proyek yang juga sering ditemukan di GitHub adalah ekstensi browser, tak terkecuali ekstensi Google Chrome.

Cari ekstensi kemudian temukan file .crx di dalamnya. Download dan instal dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Cara Manual Instal Ekstensi Google Chrome 4

Reddit

Forum /r/chrome_extensions di Reddit memang tidak begitu populer, tapi Anda masih bisa menemukan banyak ekstensi di dalamnya yang mungkin menarik untuk dicoba.

Sama seperti GitHub, Anda perlu membongkar dan mencari sendiri file .crx di dalamnya.

CNET

Sebagian besar ekstensi yang ada di CNET adalah resmi. Jadi di sini CNET hanya sebagai perantara, ketika memilih ekstensi dan menekan tombol VISIT SITE, Anda akan diarahkan ke Chrome Web Store.

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments