Cara Membuat Akun Guest (Tamu) di Windows 10

Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10

Di Windows, Anda dapat membuat beberapa akun untuk pengguna yang berbeda melalui fitur yang disebut User Accounts.

Anda pun dapat mengontrol atau membatasi apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masing-masing akun pengguna tersebut. Semacam hak yang melekat pada masing-masing akun.

Dan secara umum, Windows menyediakan 3 jenis akun:

  1. Administrator: Jika kita membuat semacam tingkatan, akun jenis ini adalah yang tertinggi. Dalam hal hak akses dan penggunaan, akun Adminsitator tidak memiliki batasan. Artinya, Anda dapat melakukan apapun menggunakan akun ini seperti menginstal program, menghapus program, mengakses file sistem, dan lain sebagainya.
  2. Standard: Berbeda dengan akun Adiministrator, akun jenis ini tidak memiliki hak istimewa (memiliki keterbatasan hak akses dan penggunaan).
  3. Guest: Hak akses dan penggunaan akun ini di bawah akun standar dengan lebih banyak pembatasan.

Akun guest atau tamu sangat berguna ketika misalnya Anda mengizinkan orang lain menggunakan komputer Anda tapi ingin memastikan semuanya tetap aman.

Karena banyaknya pembatasan yang diberlakukan maka orang yang menggunakan akun jenis ini tidak dapat menginstal/uninstal program atau membuat perubahan pada sistem Windows Anda.

Di Windows 10, akun tamu secara default dinonaktifkan dan cara mengaktifkannya pun berbeda dengan Windows 7.

Selain itu, Windows tidak akan memungkinkan Anda untuk membuat akun tamu seperti halnya Anda membuat akun standar. Namun, Anda dapat mengonversi akun standar menjadi akun tamu.

Jadi, di sini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat akun tamu Anda sendiri di Windows 10 dengan cara mengonversi akun standar.

Membuat Akun Standar di Windows 10

  1. Klik tombol Start lalu ketik user accounts di kotak pencarian. Klik User Accounts dari hasil pencarian.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 A
  2. Pada jendela User Accounts, klik link bertuliskan Manage another account.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 B
  3. Di sini Anda akan melihat semua akun yang ada pada sistem Anda. Untuk membuat akun baru, klik link bertuliskan Add a user account di bagian bawah.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 C
  4. Jika Anda terhubung ke internet, Windows 10 akan meminta Anda untuk membuat akun baru menggunakan akun Microsoft. Karena di sini kita hanya ingin membuat akun tamu maka pilih Sign in without a Microsoft account saja.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 D
  5. Sekarang Windows akan memberitahu Anda perbedaan antara akun lokal dan akun Microsoft. Pilih Local account saja.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 E
  6. Selanjutnya, masukkan username, password dan password hint untuk akun baru tersebut. Harap diingat, Anda tidak dapat menggunakan username “guest” jadi pilih nama lain. Sebagai contoh, di sini nama akunnya adalah “Temp”.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 F
  7. Jika sudah, klik tombol Finish.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 G

Mengonversi Akun Standar Menjadi Akun Tamu

  1. Tekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka jendela Run, ketik netplwiz lalu tekan Enter atau tekan tombol OK.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 H
  2. Tindakan di atas akan membuka jendela User Accounts. Di sini, pilih akun pengguna yang baru Anda buat di atas kemudian klik tombol Properties.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 I
  3. Pada jendela Properties tab Group Membership, pilih jenis akun Other dan pada kotak drop-down pilih Guests lalu klik tombol OK.
    Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 J

Selesai! Anda sudah berhasil membuat akun tamu. Jika Anda membuka jendela User Accounts, akun baru tersebut akan muncul.

Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 K

Jadi, jika Anda ingin meminjamkan komputer ke orang lain atau dengan kata lain mengizinkan orang lain untuk menggunakan komputer Anda, cukup berikan username dan password untuk masuk ke akun tamu.

Dan karena Anda yang menciptakan akun tersebut, maka Anda dapat dengan mudah menghapusnya kembali. Caranya, klik akun tersebut di jendela User Account kemudian pilih opsi Delete the account.

Cara Membuat Akun Guest (tamu) Di Windows 10 L

Sumber gambar: maketecheasier.com

Shares

3
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
2 Thread replies
2 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Gema
Guest
Gema

Ka minta tolong dijawab, saya mengubah akun administrator ke guest dan akun administrator saya adalah akun yang udah “synchronization” dengan akun Microsoft. Waktu saya mau ubah dari guest ke administrator lagi udah ngga bisa. Access denied mulu kak. Gimana ya ?

Gema
Guest
Gema

Ka maaf, ternyata aku belum berhasil.

Aku punya satu akun dengan nama “Gema” . Sebelum menjadi akun guest, akun “Gema” tersebut sudah saya aktifkan akun administrator dan kebetulan juga saya udah “sync” dengan akun microsoft. Lalu, saya ada kebutuhan tugas untuk mengubah akun “Gema” jadi akun guest. Saya ikuti langkah “Mengubah akun standard menjadi akun tamu” diatas dan berhasil. Di bagian akhir, saya mencoba membuka pengaturan, penginstalan app, dan lain lain yang membutuhkan akses akun administration untuk akses malah ga bisa. Malah disuruh untuk login ke akun administrator. Makanya saya mau buka user a count setting pun tidak bisa karena butuh akses akun administration. Mohon pencerahan ya ka! Aku butuh banget nih buat kuliah nanti