Cara Memainkan Game Android di PC/Komputer

Cara Memainkan Game Android Di Pc Atau Komputer

Game pada smartphone atau tablet Android dirancang untuk menjadi sangat menarik dan juga adiktif. Namun, karena dimainkan pada perangkat mobile, salah satu keterbatasan yang akan menjadi kendala adalah daya tahan baterai.

Anda harus sadar bahwa durasi memainkan game pada perangkat Android sangatlah terbatas, meskipun bisa saja Anda memainkan game dalam kondisi ponsel di-charge, tetapi itu bukanlah praktik yang baik.

Solusi lain, jika Anda tidak ingin dibatasi oleh durasi karena daya tahan baterai, Anda dapat memainkan game Android di PC/laptop.

Memang bisa? Tentu saja bisa.

Banyak emulator dan mesin virtual yang memungkinkan Anda untuk memainkan game Android di perangkat desktop. Mungkin Anda sudah sering mendengar “Bluestacks”, tetapi di sini saya akan coba menghadirkan emulator selain Bluestacks.

3 Emulator yang Memungkinkan Anda Menjalankan Game Android di Perangkat Desktop

  1. GenyMotion: Merupakan proyek virtualisasi yang bekerja dengan menggunakan Oracle VirtualBox. Anda hanya perlu mendaftar atau membuat akun (gratis).
  2. Nox App PlayerPada dasarnya, Nox App Player bekerja dengan cara mengemulasi perangkat Android Anda pada perangkat desktop yang menjalankan OS Windows.
  3. AMIDuOS: Merupakan emulator Android Lillipop yang dirancang untuk dapat menjalankan game (serta aplikasi) pada perangkat desktop dengan sistem operasi Windows 7/8/10. Alat ini menawarkan masa percobaan (gratis) selama 30 hari. Selanjutnya Anda perlu membayar biaya layanan sekitar 14 USD.

Lalu, mana yang terbaik?

Jika Anda ingin memainkan game Android pada perangkat desktop atau bahkan tablet Windows, pilihan terbaik yang bisa saya sarankan adalah Nox App Player.

Berikut saya jelaskan bagaimana cara menggunakan ketiga tool di atas.

Virtualisasi Android dengan GenyMotion

Kunjungi situs GenyMotion dan mulailah mendaftar (gratis). Selanjutnya, pada saat akan men-download, Anda akan melihat dua pilihan.

Pertama adalah yang sudah dibundel dengan VirtualBox, ini khusus bagi Anda yang belum memiliki virtual machine tool di perangkat desktop. Jika Anda memiliki Oracle VirtualBox, pilih paket download yang ukurannya lebih kecil.

Di bawah ini adalah contoh untuk versi Windows, tapi tidak perlu khawatir karena GenyMotion juga menyediakan versi untuk Mac OS X dan Linux.

Cara Memainkan Game Android Di Pc Atau Komputer 1

Setelah di-download, jalankan installer nya untuk memulai. Selama proses setup, Anda akan diminta untuk memasukkan rincian data yang Anda gunakan untuk login.

Klik Yes saat diminta untuk menambahkan perangkat virtual baru dan pilih perangkat Android virtual Anda dari daftar yang muncul.

Klik Next untuk melanjutkan, lalu klik Finish setelah selesai.

Untuk mulai menjalankan perangkat virtual Anda, klik Start. GenyMotion menyediakan banyak tombol di sepanjang tepi jendela, termasuk tombol untuk merotasi layar dan juga mengatur volume.

Pertama, Anda perlu menginstal GAPPS (Google Apps) yang di dalamnya termasuk Google Play Store. Perhatikan video berikut:

[pg_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=Jbu8WT-naW4″ autohide=”yes” rel=”no” https=”yes”]

Berikut saya sediakan juga berbagai versi GAPPS yang bisa Anda download:

[pg_posts id=”4764″ posts_per_page=”1″]

Nox App Player

Untuk menginstalnya, kunjungi situs Nox App Player dan download paket yang tersedia kemudian jalankan file .exe nya.

Ikuti petunjuk yang ada dan selesaikan proses instalasi.

Cara Memainkan Game Android Di Pc Atau Komputer 2

Emulator yang satu ini sangat user-friendly. Dan untuk menginstal game Android di perangkat desktop, Anda harus mengaktifkan opsi root pada aplikasi.

Cari ikon roda gigi di pojok kanan atas, kemudian pada menu drop-down pilih Root. Selanjutnya, Anda perlu merestart Nox App Player.

Setelah restart, aplikasi sekarang dapat diinstal dengan cara menyeret file APK di komputer Anda ke jendela Nox App Player.

AMIDuOS

Proses instalasi AMIDuOS cukup sederhana. Ketika dijalankan, Anda dapat menginstal game dari Amazon App Store.

Cara Memainkan Game Android Di Pc Atau Komputer 3

Untuk menginstal game dari Google Play, Anda perlu menginstal paket GAPPSS terlebih dahulu, yang bisa Anda temukan langsung di situs AMIDuOS.

Alternatif Lain

Jika ketiga emulator di atas tidak bekerja di perangkat desktop Anda, coba emulator populer seperti Bluestacks. Atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi mirroring seperti AirMore dan AirDroid:

AirMore: File Transfer
AirMore: File Transfer
Developer: Unknown
Price: Free
AirDroid: File & Remote Access
AirDroid: File & Remote Access

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments