Cara Nonaktifkan Fitur Autofill di Chrome, Firefox dan Safari

Cara Mengembalikan Homepage Yang Hilang Di Browser

Fitur autofill atau autocomplete pada browser dapat menghemat waktu ketika kita harus mengisi online form. Namun, fitur ini juga terkadang dapat cukup mengganggu.

Terlebih, jika Anda peduli dengan masalah privasi serta keamanan maka sebaiknya tidak mengaktifkan fitur autofill di browser.

Tips dan Trik Membuat Password Kuat yang Mudah Diingat

Tips dan Trik Membuat Password Kuat yang Mudah Diingat

PUGAM.com – “Pastikan untuk menggunakan sandi yang kuat”, itu adalah pesan yang selalu muncul ketika kita hendak membuat atau menciptakan ...
0 comments

Di sini saya akan menjelaskan cara untuk menonaktifkan fitur autofill atau autocomplete di tiga browser utama: Google Chrome, Firefox, dan Safari.

Google Chrome

Untuk menonaktifkan fitur autofill di browser Chrome, klik ikon menu lalu masuk ke bagian Settings. Gulir ke bawah dan klik pada Advanced Settings.

Gulir ke bawah lagi lalu temukan bagian Passwords and forms. Pastikan kotak Enable Autofill to fill out web forms tidak dicentang.

Cara Nonaktifkan Fitur Autofill Di Chrome, Firefox Dan Safari 1

Jika Anda klik pada Manage Autofill settings, bagian ini memungkinkan Anda untuk secara selektif mengedit atau menghapus entri autofill yang ada.

Di Chrome versi mobile, tinggal masuk ke Settings » Autofill Forms dan hapus centang yang ada.

Mozilla Firefox

Menonaktifkan autofill di browser Mozilla Firefox caranya sedikit berbeda. Klik Tools » Options lalu masuk ke tab Privacy.

Pada bagian History, klik menu dropdown dan pilih Use custom settings for history. Hapus tanda centang pada Remember search and form history.

Cara Nonaktifkan Fitur Autofill Di Chrome, Firefox Dan Safari 3

Safari

Untuk menonaktifkan fitur autofill di browser Safari. Masuk ke Preferences atau klik tombol command + ,. Arahkan ke tab AutoFill.

Di sini Anda dapat secara selektif menonaktifkan pengaturan autofill, mulai dari form untuk mengisi info kontak, nama pengguna, password, kartu kredit dan form jenis lainnya.

Cara Nonaktifkan Fitur Autofill Di Chrome, Firefox Dan Safari 2

Untuk Safari versi mobile, masuk ke menu Settings di ponsel Anda lalu pilih Safari » Autofill. Di sini Anda akan menemukan opsi serupa dengan versi desktop.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: