Cara Mute Tab di Chrome, Firefox, dan Safari

Cara Mute Tab Di Chrome, Firefox, Dan Safari

Jika Anda mulai terbiasa dengan internet, tentu Anda sering menemukan website yang memuat video di dalamnya. Masalah utama bukan pada konten videonya, melainkan cara website tersebut menampilkannya.

Konten video yang biasanya menjadi bagian dari strategi bisnis sebuah website akan selalu dimainkan secara otomatis ketika Anda memuat halaman.

Di Chrome dan Firefox, dengan bantuan ekstensi, Anda dapat secara otomatis membisukan tab dari situs-situs yang Anda masukkan ke daftar hitam.

Sedangkan bagi pengguna browser Safari, Anda hanya dapat membisukan tab setelah dimuat. Dengan cara ini, konten video yang dimainkan secara otomatis tidak akan terlalu mengganggu.

Google Chrome

Jika Anda ingin membisukan tab maka Chrome punya beberapa pilihan yang bisa Anda coba. Cara termudah adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan.

Tab yang memuat konten video atau audio yang dimainkan secara otomatis akan memiliki ikon volume. Klik kanan pada tab tersebut lalu pilih opsi Mute Tab.

Jika ada situs tertentu yang Anda tahu sering menyertakan autoplay video atau iklan, Anda dapat membisukan tab dari awal sebelum Anda memuatnya.

Ada dua cara yang bisa Anda coba. Pertama, dengan menggunakan ekstensi bernama Mute Tabs By Url.

Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk membuat daftar hitam di mana situs yang masuk dalam daftar ini akan dibisukan sebelum Anda membukanya. Anda pun dapat membuat daftar putih menggunakan ekstensi ini.

Cara Mute Tab Di Chrome, Firefox, Dan Safari 1

Kedua, dengan menggunakan ekstensi bernama MuteTab. Cara kerjanya hampir sama dengan ekstensi pertama di atas. Anda dapat membut daftar hitam dari situs yang secara otomatis akan dibisukan sebelum dimuat.

MuteTab
MuteTab
Developer: www.mutetab.com
Price: Free

Cara Mute Tab Di Chrome, Firefox, Dan Safari 2

Mozilla Firefox

Sama seperti Chrome, Firefox menyediakan fitur bawaan yang berfungsi untuk mematikan suara atau membisukan tab tertentu yang Anda buka dengan cara klik kanan pada tab lalu pilih opsi Mute Tab.

Jika Anda ingin membisukan tab sebelum dibuka maka Anda perlu menginstal ekstensi bernama MuteLinks, Buat daftar hitam dari situs yang ingin Anda bisukan sebelum dibuka.

MuteLinks
MuteLinks
Developer: Shaxine
Price: Free

Masuk ke bagian preferensi MuteLink melalui halaman Add-ons lalu tambahkan situs ke daftar hitam.

Cara Mute Tab Di Chrome, Firefox, Dan Safari 3

Safari

Pengguna Safari harus puas dengan fitur yang suda ada. Anda hanya dapat membisukan suara setelah tab berhasil memuat halaman situs yang dimaksud.

Metode ini sama seperti fitur bawaan Chrome dan Firefox, yaitu klik kanan pada tab lalu pilih opsi Mute Tab. Tidak ada cara lain untuk membisukan suara sebelum tab memuat halaman situs.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares

Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
  Subscribe  
Pilihan: