Cara Nonaktifkan Search Suggestions di Chrome, Firefox, dan Safari

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser

Ketika melakukan pencarian di Google dan ketika Anda mengetikkan kata tertentu di kolom pencarian, maka Google akan menampilkan daftar istilah pencarian sebagai saran.

Ini yang disebut dengan Search Suggestions. Google menyediakan fitur ini untuk mempercepat aktivitas pencarian Anda dan semua saran yang ditampilkan didasarkan pada tren pencarian yang dilakukan oleh pengguna Google lainnya.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 10

Namun, jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, Anda dapat melakukannya dengan mudah, baik itu bagi Anda pengguna browser Chrome, Firefox maupun Safari.

Google Chrome

Pada browser Chrome versi desktop, buka menu pengaturan lalu masuk ke bagian Advanced Settings.

Di bagian Privacy, hapus centang pada kotak Use a prediction service to help complete searches and URLs typed in the address bar or the app launcher search box.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 1

Untuk Chrome versi mobile, buka menu pengaturan dengan mengklik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar. Kemudian masuk ke Privacy dan pastikan bagian Show Suggestions tidak diaktifkan.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 2

Safari

Untuk Safari versi desktop, masuk ke Preferences kemudian buka tab Search dan hapus centang dari kotak Include search engine suggestions.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 3

Untuk Safari versi mobile, pergi ke menu pengaturan iOS lalu masuk ke pengaturan Safari. Pastikan bagian Search Engine Suggestions dan Safari Suggestions tidak diaktifkan.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 4

Mozilla Firefox

Untuk Firefox versi desktop, buka menu pengaturan dengan mengklik tab Tools » Options. Di panel sebelah kiri, pilih Search dan pastikan kotak Provide search suggestions tidak dicentang.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 5

Untuk Firefox versi mobile, masuk ke menu pengaturan kemudian buka tab Search dan nonaktifkan bagian Show Search Suggestions.

Cara Nonaktifkan Search Suggestion Di Semua Browser 6

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments