9 Cara Mengetahui Lagu/Musik pada Sebuah Video YouTube

Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube

Untuk sebagian besar video lagu dan musik, tidaklah sulit bagi kita mencari tahu informasi terkait lagu/musik tersebut karena sudah pasti sang pengunggah akan menuliskan informasi tersebut di judul video atau setidaknya di bagian deskripsi.

Bagaimana dengan video-video non-musik, video yang menyertakan musik sebagai latarnya dan tidak ada satu pun informasi dari pengunggah terkait musik yang digunakan. Bagaimana cara mengidentifikasinya?

MooMa.sh

MooMa.sh adalah alat pengidentifikasi lagu/musik online khusus untuk video YouTube. Sayangnya, tidak semua video dapat diidentifikasi menggunakan MooMa.sh. Masih banyak video yang tidak menampilkan informasi apapun ketika diidentifikasi menggunakan MooMa.sh.

Cara menggunakannya:

  1. Kunjungi situs MooMa.sh.
  2. Copy dan paste-kan URL video di kotak yang tersedia lalu klik tombol Start.
    Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube 1
  3. Jika berhasil, MooMa.sh akan menampilkan judul lagu/musik yang digunakan dalam video tersebut.
    Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube

Saya ingatkan kembali, tidak semua video dapat diidentifikasi menggunakan MooMa.sh. Saya bisa mengatakan keefektifan MooMa.sh dalam mengidentifikasi musik/lagu yang digunakan pada sebuah video YouTube hanya sekitar 50%.

MooMa.sh pun menyediakan aplikasi khusus bagi Anda pengguna Android.

MooMa.sh
MooMa.sh
Developer: MooMa.sh
Price: Free

Gunakan Aplikasi (Android & iOS)

Ada dua pemain besar ketika berbicara mengenai alat pengidentifikasi musik/lagu, yaitu SoundHound dan Shazam. Keduanya pun menyediakan aplikasi khusus bagi Anda pengguna Android dan iOS.

Android

Silakan instal aplikasinya di bawah ini:

SoundHound - Music Discovery
SoundHound - Music Discovery
Shazam: Find Music & Concerts
Shazam: Find Music & Concerts
Developer: Apple Inc.
Price: Free

iOS

Untuk pengguna iOS, instal aplikasinya di bawah ini:

‎SoundHound - Music Discovery
‎SoundHound - Music Discovery
‎Shazam: Music Discovery
‎Shazam: Music Discovery
Developer: Apple
Price: Free

Cara Menggunakannya

Baik itu SounHound maupun Shazam, keduanya tidak dirancang untuk secara khusus mengidentifikasi lagu/musik pada sebuah video YouTube.

Jika ingin menggunakannya untuk mengidentifikasi video YouTube, maka Anda perlu membuka video YouTube di perangkat lain (desktop/mobile) lalu “memperdengarkannya” pada dua aplikasi ini.

Apakah hasilnya akurat? Saya rasa dua aplikasi ini lebih baik dibandingkan MooMa.sh meskipun tidak secara khusus dirancang untuk mengidentifikasi lagu/musik dalam sebuah video.

Saya bisa mengatakan tingkat keakuratannya bisa mencapai 70% – 80%. Yang paling sulit adalah ketika Anda mencoba mengidentifikasi musik instrumental.

Gunakan Ekstensi (Chrome)

Di Google Chrome, ada ekstensi bernama AHA Music – Music Identifier yang bisa Anda manfaatkan untuk mengidentifikasi musik/lagu pada sebuah video YouTube.

Instal dan langsung coba ekstensinya di bawah ini:

AHA Music - Song Finder for Browser
AHA Music - Song Finder for Browser

Midomi

Saya tidak tahu apakah Midomi ini masih satu layanan dengan SoundHound atau memang berbeda perusahaan, yang jelas fungsinya hampir mirip dengan SounHound.

Cara menggunakannya:

  1. Pertama, kunjungi website Midomi lewat browser komputer.
  2. Buka tab baru, mainkan video YouTube yang dimaksud di tab tersebut.
  3. Beralih ke Midomi, tekan tombol berlabel Clik and sing or hum.
    Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube 2
  4. Tunggu sekitar 10 detik sampai Midomi selesai menganalisa video.

Song Search

Song Search

Song Search yang beralamatkan https://songsear.ch/ adalah situs yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sebuah lagu berdasarkan lirik. Anda hanya perlu mengetikkan potongan lirik dari lagu tersebut.

Namun perlu diingat, saat ini Song Search hanya mendukung lagu-lagu internasional atau lagu berbahasa Inggris.

AudioTag

Audiotag

Tool online lainnya yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sebuah lagu adalah AudioTag yang beralamatkan https://audiotag.info/.

Situs ini menawarkan dua opsi dalam mengidentifikasi sebuah lagu. Pertama, melalui file lagu yang Anda upload dan kedua langsung melalui link lagu tersebut di internet, misalnya YouTube.

WatZatSong

Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube Xx

WatZatSong yang beralamatkan https://www.watzatsong.com/ adalah situs khusus bagi Anda yang sedang bingung mencari judul atau penyanyi dari sebuah lagu.

Di sini konsepnya adalah Anda bertanya kepada pengguna lain yang selanjutnya oleh WatZatSong disebut sebagai “komunitas” dengan cara mengunggah sampel audio dari musik/lagu yang dimaksud.

Pertama, Anda perlu men-download audio dari video YouTube. Ingat, cukup download audio nya saja. Caranya bisa Anda lihat di artikel berikut:

[pg_posts id=”7804″ posts_per_page=”1″]

Di WatZatSong, Anda hanya dapat mengunggah sampel audio dengan durasi maksimal sekitar 30 detik. Jika audio yang sudah Anda download cukup panjang, potong terlebih dahulu (bisa menggunakan Online MP3 Cutter) dan ambil bagian yang paling unik/khas dari keseluruhan track. Jika formatnya lagu, maka biasanya bagian reff yang menjadi ciri khas.

Atau bisa juga dengan cara merekamnya langsung, tinggal mainkan musiknya di komputer lalu klik tombol POST A SAMPLE di WatZatSong dan klik tombol REC berwarna merah untuk merekam.

Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube Xy

Setelah di-post, tunggu dan pantau terus sampai ada yang menjawabnya.

Catatan: WatZatSong belum mendukung lagu-lagu berbahasa Indonesia. Jika Anda tetap mengunggah lagu berbahasa Indonesia maka kemungkinkan untuk dijawab sangat kecil.

Saya biasanya menggunakan situs ini untuk mencari judul dari musik-musik instrumental.

Manfaatkan Twitter

Cara ini tidak selalu berhasil. Untuk video-video populer biasanya akan banyak yang membicarakannya di Twitter. Anda hanya perlu menyalin ID video lalu lakukan pencarian di Twitter.

  1. Salin ID video.
    Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube 3
  2. Buka laman pencarian Twitter, paste-kan ID video di kotak yang tersedia lalu klik tombol Search.
    Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube 4
  3. Jika memang banyak orang yang membicarakan video tersebut, ada kesempatan bagi Anda untuk melihat informasi musik/lagu yang digunakan.
    Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube 5

Manfaatkan Google Search

Jika ingin memanfaatkan Google Search untuk keperluan ini, ada dua metode yang bisa Anda coba. Jika setidaknya Anda bisa menangkap satu atau dua baris lirik dari lagu tersebut, tinggal ketikkan di Google Search.

Metode kedua, hampir mirip dengan twitter yaitu paste-kan ID video di kolom pencarian Google berharap ada yang membahas video tersebut dan menyebutkan informasi musik/lagu yang digunakan.

Cara Mengetahui Lagu Atau Musik Pada Sebuah Video Youtube 6

Shares
Please Login, Register or comment as Guest.
Subscribe
Pilihan:
guest
4 Comments
Terbaru
Terlama
Inline Feedbacks
View all comments
suonerie gratis
suonerie gratis
1 tahun yang lalu

Per possedere le ultime suonerie oggi, suonerie gratis è dove devi andare.

Last edited 1 tahun yang lalu by suonerie gratis
Tonos de llamada Mp3
Tonos de llamada Mp3
2 tahun yang lalu

Ini adalah hal yang menarik. tonos de llamada canciones dering yang sering saya gunakan untuk perangkat seluler. Terima kasih banyak.

vihaibe
vihaibe
3 tahun yang lalu

so good

tech alin
tech alin
3 tahun yang lalu

Artikel bagus, judul lagunya