Cara Sembunyikan Jaringan Wi-Fi Lewat Pengaturan Router

Cara Sembunyikan Jaringan Wi Fi Lewat Pengaturan Router

Jaringan nirkabel secara inheren kurang aman, atau setidaknya lebih rentan untuk diretas dibandingkan jaringan kabel.

Itulah sebabnya keamanan jaringan Wi-Fi menjadi topik panas yang selalu dibahas. Dan hal pertama yang biasanya pengguna ingin lakukan adalah mengamankan jaringan mereka dengan cara menyembunyikannya dari orang lain.

Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara melakukannya. Tapi juga akan menjelaskan kepada Anda mengapa hal ini mungkin bukan cara terbaik untuk mengamankan jaringan Anda.

Penjelasan Singkat Tentang SSID

Menurut standar IEEE 802.11, setiap jaringan nirkabel harus memiliki pengenal yang digunakan oleh perangkat untuk terhubung ke jaringan tersebut.

Pengenal ini kemudian disebut dengan Service Set Identifier (SSID), yang pada dasarnya adalah sebuah “nama jaringan”.

Sebuah router, akan terus menyiarkan apa yang disebut beacon frame, sebuah transmisi yang berisi informasi tentang jaringan, termasuk SSID, dan dimaksudkan untuk mengumumkan atau menyiarkan bahwa jaringan tersebut ada.

Ini kenapa ponsel Anda misalnya, tahu mengenai keberadaan semua jaringan Wi-Fi di sekitar Anda. Beacon frame sendiri biasanya disiarkan sekitar sekali setiap 100 milidetik.

Anggap saja sebagai router Anda berteriak kepada dunia, “Ini aku! Nama ku Melsa7850! Jika kalian bisa mendengarku, kalian dapat menggunakan nama itu untuk memulai koneksi denganku!”

Dan jika Anda bisa mencegah router untuk “berteriak” ke sekitarnya, Anda mungkin berpikir ini akan secara efektif menyembunyikan jaringan Anda. Jaringan Anda menjadi tak terlihat atau tak terdeteksi oleh perangkat lainnya. Benar begitu?

Sebetulnya tidak juga.

Keterbatasan Menyembunyikan SSID

Semua sinyal nirkabel pada dasarnya sama, dimulai dari sumber (router) dan melakukan perjalanan ke segala arah. Tidak ada cara untuk mentransmisikan jaringan Wi-Fi dalam garis lurus dari router langsung ke komputer Anda.

Cara Sembunyikan Jaringan Wi Fi Lewat Pengaturan Router D

Kredit: Diego Schtutman via Shutterstock

Sekarang mari kita berasumsi bahwa jaringan nirkabel Anda tidak menyiarkan SSID nya. Tidak ada yang tahu kecuali Anda. Kemudian Anda mencoba membuat sambungan dengan jaringan dan mulai menggunakannya seperti biasa.

Ketika Anda mengunjungi sebuah website di internet misalnya, router Anda akan menyiarkan sinyal dengan data yang ada pada website, dan komputer Anda akan menerima sinyal itu kembali.

Masalahnya adalah, sinyal ini masih harus melakukan perjalanan melalui udara terbuka, yang berarti siapa pun di radius tertentu di sekitar Anda dapat “mencegat” sinyal tersebut.

Dengan kata lain, bahkan jika jaringan Anda berhenti menyiarkan SSID, hacker dan pengguna yang paham masih dapat menemukannya dengan mencegat transmisi Anda ke router dan transmisi router ke Anda.

Cara yang Benar Mengamankan Jaringan Wi-Fi

Sekarang Anda tahu bahwa menyembunyikan jaringan Wi-Fi tidak serta merta membuatnya menjadi aman. Keterbatasan yang sudah saya jelaskan di atas setidaknya mampu memberi gambaran tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Jika Anda ingin benar-benar mengamankan jaringan Anda, cukup perhatikan 3 tips berikut:

  1. Ubah kredensial admin default: Setiap router atau modem baru memiliki kredensial admin default dan bukan hal yang sulit mencari kredensial admin default untuk jenis router tertentu di internet. Setelah membeli router baru, Anda perlu segera mengubah rincian kredensial admin meliputi username dan password.
  2. Mengenkripsi jaringan menggunakan WPA2 dan AES: Ingat, router Anda akan selalu menyiarkan jaringan ke segala arah. Namun, Anda dapat membuat sinyal-sinyal tersebut menjadi uninterceptable dengan cara mengenkripsinya sehingga setiap sinyal yang disiarkan hanya diutujukan bagi komputer Anda dan hanya dapat dibaca oleh komputer Anda.
    Pengamanan pada Jaringan Wi-Fi

    Keamanan Wi-Fi: Pilih WPA2-AES, WPA2-TKIP atau Keduanya?

    Setiap router biasanya menyediakan beragam jenis enkripsi untuk mengamankan jaringan. Mulai dari WEP, WPA-PSK, WPA2-PSK (TKIP), WPA2-PSK (AES), sampai WPA2-PSK ...
    1 comment
  3. Nonaktifkan fitur WPS dan UPnP: Di banyak router atau modem modern, hampir selalu disertai dengan WPS dan UPnP. Keduanya merupakan fitur untuk menunjang kenyamanan pengguna. Di sisi lain, fitur ini justru membuka celah keamanan yang cukup besar jadi saran saya sebaiknya Anda tidak mengaktifkan kedua fitur tersebut.

Langkah-Langkah untuk Menyembunyikan Jaringan Wi-Fi

Sekarang kita masuk ke inti pembahasan tapi sebelum itu saya harap Anda sudah membaca tuntas semua pembahasan saya di atas, termasuk mengenai keterbatasan metode ini.

Baik, kita mulai saja. Bagi Anda pengguna router rumahan, untuk menyembunyikan jaringan Wi-Fi, Anda hanya perlu masuk ke admin panel router kemudian login seperti biasa.

Cara Sembunyikan Jaringan Wi Fi Lewat Pengaturan Router A

Berikutnya, di panel sebelah kiri pilih Wireless » Wireless Settings. Intinya di sini Anda perlu masuk ke menu Pengaturan Wi-Fi, mungkin berbeda router akan berbeda pula penamaan dan letak dari menu tersebut.

Cara Sembunyikan Jaringan Wi Fi Lewat Pengaturan Router B

Hapus centang dari kotak Enable SSID Broadcast. Lagi-lagi ini tergantung pada model router Anda. Pada router yang lain, opsi ini bisa saja berlabel Visibility Status, Enable Hidden Wireless, atau hanya SSID Broadcast.

Itu saja. Simpan pengaturan dan biasanya Anda tidak perlu me-restart router setelah melakukan perubahan ini karena efeknya akan langsung, router Anda akan menjadi “tidak terdeteksi”.

Sumber gambar: makeuseof.com

Shares

1
Komentar

Please Login, Register or comment as Guest.
avatar
1500
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Subscribers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
  Subscribe  
Terbaru Terlama
Pilihan:
Wawan
Guest
Wawan

Setelah router disetting hidden SSID kok enggak bisa koneksi lgi kewifi ya. Sudah cba tambahkan manual tpi tetap enggak bisa. Mohon bantuannya. Trimksih